Ibu Kota Pindah ke Kaltim, KemenPAN-RB Masih Kaji Pemindahan PNS

Metrobatam, Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyampaikan ibu kota baru diputuskan di Kalimantan Timur (Kaltim). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi masih melakukan kajian terhadap pindah tidaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke ibu kota baru.

“Ini masih dalam kajian, nanti juga perlu keputusan apakah semuanya, apakah hanya kementerian atau lembaga tertentu semua masih dalam kajian,” kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mudzakir, Kamis (22/8/2019).

Read More

“Kalau nanti misalnya diputuskan kementerian ini instansi pusat harus pindah, ya nanti PNS harus pindah, tapi kan belum ada keputusan,” imbuh Mudzakir.

Mudzakir mengatakan jika PNS pindah ke ibu kota baru juga dibahas mengenai keluarganya. Namun proses kajian ibu kota masih dilakukan Bappenas.

“Kita kan kajian leading Bappenas, kan sekarang proses kajian masih berlangsung. Kalau diputuskan kementerian ini pindah nanti PNS harus pindah, tapi kan itu harus dikaji secara mendalam supaya berlangsung dengan baik tentu tidak hanya PNS tetapi juga keluarganya seperti apa, apakah pemindahan akan memerlukan waktu lama atau singkat semua masih dalam kajian,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, keputusan menunjuk Kaltim sebagai ibu kota baru disampaikan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil. Dia menyebut pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 3.000 hektare untuk pembangunan tahap pertama, sedangkan luas keseluruhan 200-300 ribu ha.

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” kata Sofyan saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8). (mb/detik)

Loading...

Related posts