8 Polda Fokus Tangani Karhutla, Polisi Lalai Langsung Dicopot

Booking.com

Metrobatam, Jakarta – Pejabat kepolisian yang tidak serius menangani persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo dipastikan akan dicopot.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan delapan Kepolisian Daerah (Polda) akan fokus pada penanganan karhutla. Pihaknya akan mencopot pejabat di delapan Polda dan jajaran di bawahnya itu jika kedapatan tidak serius tangani karhutla.

Muat Lebih

“Yang jelas komitmen Polri melaksanakan perintah presiden, ada delapan Polda yang menjadi fokus karhutla. Apabila delapan Polda tersebut polresnya tidak melaksanakan mitigasi maksimal, maka Kapolda akan mengambil tindakan tegas kasatwil (kepala satuan wilayah) yang terbukti melakukan pembiaran dan tidak memitigasi secara maksimal,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8).

Sementara itu Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Ilham Salahudin hari ini akan langsung turun meninjau lokasi karhutla. Ilham sendiri baru saja melakukan serah terima jabatan di Mabes Polri.

Serah terima jabatan yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dilakukan antara Dankor Brimob dan Kapolda Kalteng berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2023/VIII/KEP./2019. Ilham yang awalnya adalah Dankor Brimob pun telah resmi menjadi Kapolda Kalteng.

Sementara, Irjen Anang Revandoko yang awalnya sebagai Kapolda Kalteng pun kini resmi menjabat jadi Dankor Brimob.

“Siang ini (ke lokasi),” ujar Ilham.

Soal program kerja, dirinya mengaku hanya tinggal meneruskan sistem kerja yang sudah dibangun di Polda Kalteng. “Semua sudah ada sistemnya, saya tinggal jalani saja,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya telah menginstruksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menindak tegas anggotanya yang tidak becus menangani kebakaran hutan dan lahan.

Jokowi mengaku malu hendak bertamu ke Malaysia dan Singapura karena pemberitaan di negara tetangga menampilkan headline tentang karhutla di Indonesia. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Pos terkait

Booking.com