JK Tak Setuju PNS Kerja dari Rumah: Di Kantor Saja Kadang Nggak Disiplin

Metrobatam, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan wacana PNS tertentu bekerja dari rumah belum bisa diterapkan saat ini. JK menyoroti masih banyak PNS yang tidak disiplin meski bekerja di kantor.

“Kalau kita bicara sekarang ya belum lah, karena hadir di kantor saja kadang-kadang tidak disiplin apalagi tidak hadir. Nanti kosong kantor gimana tuh orang menghadap? kalau ada yang mau urusan, kalau tiba-tiba ‘ah saya di rumah saja’ semua begitu, termasuk wapres,” kata JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Menurut JK, kebijakan tersebut bisa saja diterapkan di masa depan. Tapi, lanjutnya, saat ini pekerja yang bisa melakukan pekerjaan dari rumah hanya pada sektor-sektor tertentu.

“Untuk kantor pemerintah, ya mungkin belum pada saat sekarang. Bukan mungkin belum, mungkin tidak pada saat sekarang,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

KemenPAN-RB sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup. Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menyebut PNS akan memiliki fleksibilitas kerja.

“Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” katanya dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8).

Wangsa memaparkan, berdasarkan data Global Talent Competitiveness Index di tahun 2018, Indonesia berada pada peringkat 77 dari 119 negara. Skor terkecil yang didapat yakni pada poin global knowledge skills, terutama penguasaan IT. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *