Pawai Takbir Kembali Meriahkan Malam Idul Adha di Batam

Pawai takbiran tahun2015 di Batam di depan Kantor Walikota Batam

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam kembali menggelar pawai takbir di malam Hari Raya Idul Adha 1440 H, Sabtu (10/8). Pawai dimulai dari depan Dataran Madani Batam Centre pukul 19.30 WIB atau bakda isya.

Total hadiah yang disiapkan bagi pemenang lomba kendaraan hias pawai takbir ini sebesar Rp 36 juta. Hadiah dibagikan untuk juara 1, 2, 3, dan 4.

Read More

“Pawai takbir ini akan diikuti peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, kelurahan, masjid, Ormas Islam, dan partisipan. Peserta pawai takbir akan dilepas oleh Walikota bersama FKPD,” sebut kata Kepala Bagian Kesra Setdako Batam, Riama Manurung di Batam Centre, Jumat (9/8).

Adapun rute yang akan dilalui pawai takbir ini start dari jalan depan Edukits Batam Centre, melewati fly over Laluan Madani, Simpang Indomobil, depan Polsek Lubukbaja belok kanan menuju simpang Apartemen Harmoni. Kemudian melintasi jalan Duyung, depan Polsek Batuampar, belok kiri Sei Panas, belok kiri Bundaran Madani, dan finish di Masjid Agung Batam Centre.

“Dari Masjid Agung diharapkan peserta pawai takbir dapat kembali ke tempat masing-masing untuk menghindari penumpukan yang dapat menyebabkan kemacetan. Pemenang lomba akan diumumkan pada saat pelaksanaan Salat Idul Adha,” sebutnya.

Spesifikasi kendaraan yang bisa ikut pawai takbir ini antara lain tinggi kendaraan 4 meter dari permukaan dengan lebar 1,8 meter. Syarat lainnya yaitu kendaraan dihias sesuai dengan tema yakni Idul Adha. Penilaian lainnya adalah lafaz takbir dikumandangkan secara live, tidak rekaman.

Pada Idul Adha 1440 H, terdapat 635 titik salat Id di Batam. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, 513 titik.

Walikota Batam, Muhammad Rudi akan melaksanakan Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri. Adapun petugas Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri kali ini adalah ustaz Abdul Rauf selaku imam, Bilal Ustaz Rasyid Ridho, dan Khatib Ustaz Hendar Royani.

“Jika cuaca hujan maka pelaksanaan salat Idul Adha akan kita alihkan ke Masjid Agung,” ujarnya.

Usai melaksanakan Salat Idul Adha, Walikota akan menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Batam Center. Adapun total hewan kurban se Kota Batam berjumlah 3.904 ekor yang tersebar di 12 kecamatan. Terdiri dari sapi 1.284 ekor dan kambing 2.620 ekor. Jumlah hewan kurban tahun ini pun meningkat jika dibandingkan tahun lalu 2.768 ekor.

(Mcbatam)

Loading...

Related posts