Pengamat Nilai Sosok Sri Mulyani Pantas Dipertahankan Jokowi

Metrobatam, Jakarta – Sri Mulyani Indrawati dinilai memiliki segudang prestasi selama menjabat sebagai Menteri Keuangan di periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Keandalannya mengatur APBN membawa Sri Mulyani sebagai menteri terbaik (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan itu diberikan oleh lembaga independen Ernst & Young pada 11 Februari 2018.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan menilai sosok Sri Mulyani pantas untuk dipertahankan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Keuangan di periode 2019-2024.

Jika Presiden Jokowi memutuskan untuk menggantinya, Fajar mengimbau agar pemerintah mencari pengganti yang setara dengan sosok Sri Mulyani.

“Dipertahankan atau diganti dengan sosok yang minimal sama dengan sosok Menteri Keuangan saat ini,” kata Fajar saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, peneliti dari INDEF Eko Listyanyo mengatakan posisi Sri Mulyani bisa dipertahankan atau tidak bisa dinilai langsung oleh Presiden Jokowi melalui perkembangan ekonomi Indonesia sampai saat ini.

Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi hingga semester I-2019 tercatat di level 5,06%. Realisasi itu dikarenakan pada kuartal I-2019 sebesar 5,07% dan kuartal II-2019 sebesar 5,05%.

“Kalau Presiden menilai menteri petahana sekarang dapat menjawab tantangan ekonomi lima tahun ke depan maka ya perlu dipertahankan,” ujar Eko. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *