Posisi Ketua Harian Dimunculkan demi Mulusnya Regenerasi PDIP

Metrobatam, Jakarta – PDIP mewacanakan posisi ketua harian yang punya otoritas mirip ketua umum. Posisi ketua harian diadakan demi regenerasi kepemimpinan PDIP.

“PDIP ingin regenerasi yang mulus, seperti transisi,” kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Jumat (2/8/2019).

Read More

Wacana ini menguat menjelang Kongres PDIP ke-5 di Bali, pekan depan. Posisi ketua umum tak lagi dipersoalkan karena hampir pasti semuanya setuju Megawati Soekarnoputri menempati jabatan tertinggi itu. Namun, untuk posisi ketua harian, santer terdengar nama putra Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yakni Prananda Prabowo menjadi calon terkuat.

Transisi kepemimpinan PDIP yang dikehendaki Megawati bukanlah transisi yang serta-merta. Transisi yang dikehendaki Megawati adalah transisi yang tetap dibimbing oleh kepemimpinannya.

“Transisi yang tidak dilepas sama sekali, namun juga tidak digenggam sepenuhnya. Ini seperti ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani (di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberi dorongan semangat),” kata Eva mengutip ajaran Ki Hadjar Dewantara.

Selain Prananda, nama Puan Maharani turut hangat dibicarakan menjadi kandidat ketua harian PDIP. Entah Prananda, Puan, atau nama lain, itu sangat bergantung pada keputusan Megawati selaku ketum.

Posisi ketua harian akan menangani persoalan sehari-hari partai. Namun hal-hal yang tergolong sangat penting tetap akan ditangani oleh Ketum Megawati. Namun posisi ketua harian tidak bisa dianggap enteng, karena posisi itu punya kewenangan yang mirip dengan Ketum.

“Ketua harian akan incharge sehari-hari membantu ketua umum secara langsung, dan memiliki otoritas yang mirip ketum, kecuali untuk hal-hal yang penting sekali,” kata Eva.

Posisi ketua harian kini diperbincangkan menjelang gelaran kongres karena posisi ketua umum sudah jelas bakal kembali dijabat oleh Megawati Soekarnoputri. (mb/detik)

Loading...

Related posts