Raih Suara Terbanyak Pemilu, Puan Percaya Diri Jadi Ketua DPR

Metrobatam, Bali – Ketua DPP PDIP Puan Maharani merasa percaya diri layak menjadi Ketua DPR RI pada periode 2019-2024.

Hal utama yang membuat cucu proklamator RI, Sukarno, itu percaya diri adalah PDIP yang meraih suara terbanyak. Selain itu, ia pun mengklaim secara pribadi berhasil meraih suara terbanyak caleg DPR tingkat nasional.

“Kalau ditanya kriteria berpengalaman di DPR, saya sudah punya pengalaman di DPR. Punya pengalaman suara terbanyak nasional, saya sudah punya suara terbanyak nasional,” kata Puan saat ditemui di lokasi Kongres V PDIP, Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8).

Puan juga mengingatkan Undang-Undang 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (UU MD3) mengatur jatah kursi Ketua DPR RI milik partai pemenang pemilu.

Bacaan Lainnya

PDIP menang di Pemilu 2019 dengan perolehan 27.053.961 atau 19,33 persen dari total suara sah.

Sementara itu, Puan yang bertarung di Dapil Jawa Tengah V (Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Kota Surakarta) berhasil meraih 404.304 suara. Puan terlalu perkasa di Jawa Tengah yang dikenal sebagai ‘Kandang Banteng’. Putri dari Megawati Soekarnoputri itu menjadi caleg dengan suara tertinggi di Pemilu 2019.

Meski begitu, Puan tak mau buru-buru. Ia akan menunggu proses pemilihan Ketua DPR RI usai pergantian periode pada September 2019.

“Tapi bagaimana keputusannya, tunggu lagi bulan September,” ujar perempuan yang kini menjabat sebagai Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) tersebut.

Dalam Kongres V PDIP saat ini, kader partai berlambang banteng moncong putih itu secara aklamasi memilih kembali Megawati sebagai Ketua Umum. Putri dari Bung Karno itu pun dikukuhkan sebagai Ketum periode 2019-2024 dalam Kongres PDIP di Bali Kamis malam. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *