Satgas Idul Adha Pertamina Siapkan Tambahan Elpiji di Kepri

Metrobatam.com, Kepri – Mempersiapkan Idul Adha 2019, Pertamina membentuk tim satgas untuk menjaga ketersediaan elpiji dan BBM di Kepri. Satgas menyiapkan tambahan pasokan untuk elpiji, yang kebutuhannya diprediksi meningkat. Sementara untuk BBM, satgas mengestimasi tidak terjadi peningkatan konsumsi di atas rata-rata normal.

“Untuk minggu pertama Agustus 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyiapkan hampir 360 ribu tabung elpiji 3 kg subsidi untuk Provinsi Kepri. Mengantisipasi peningkatan kebutuhan menjelang Idul Ahda, kami menyiapkan penambahan fakultatif sebanyak hampir 50 ribu tabung pada 10 Agustus 2019,” kata Roby Hervindo, Unit Manager Communication & CSR MOR I.

Read More

Rata-rata konsumsi normal harian elpiji 3 kg di wilayah Kepri sejumlah 52 ribu tabung per hari. Dengan penambahan sejumlah 104 persen, maka pada 10 Agustus siap digelontorkan 102 ribu tabung.

Adapun untuk elpiji non subsidi diperkirakan tidak terjadi peningkatan berarti. Sejak Januari hingga Juli 2019 untuk Bright Gas 5,5 kg dikonsumsi sebanyak lebih dari 200 ribu tabung. Sedangkan untuk Bright Gas 12 kg sebanyak lebih dari 92 ribu tabung.

“Masyarakat Kepri tidak perlu khawatir, karena sebanyak 22 Agen dan lebih dari 2.500 pangkalan elpiji siap melayani kebutuhan,” ujar Roby. Pihaknya menyiapkan stok elpiji di depot mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hingga lima hari ke depan.

Pertamina juga kembali menegaskan pada agen dan pangkalan untuk tidak menjual elpiji 3 kg pada pengecer. Maupun menjual dengan harga di atas HET. Sanksi tegas menanti agen dan pangkalan yang melanggar ketentuan tersebut.

Di sisi lain, meski memperkirakan tidak terjadi kenaikan konsumsi BBM, Pertamina tetap siaga mempersiapkan pasokan. TBBM memiliki stok yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Kepri hingga lebih dari 13 hari ke depan.

“Kami menghimbau masyarakat untuk membeli BBM di SPBU dan elpiji di pangkalan resmi Pertamina dengan harga standar,” ujar Roby.

Pertamina juga membuka layanan pengaduan dan informasi masyarakat, yang dapat diakses 24 jam melalui Call Center Pertamina 135. Atau melalui email pcc@pertamina.com. Masyarakat yang membutuhkan informasi seputar produk-produk Pertamina seperti BBM, LPG dan Pelumas atau ingin melaporkan kondisi BBM dan LPG di satu wilayah bisa menghubungi kontak tersebut.*(rls/toni)

Loading...

Related posts