Sri Mulyani Pasang ‘Lampu Kuning’, Ekonomi Global Bergejolak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Metrobatam, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan tantangan ekonomi yang berasal global yang kini tengah di hadapi Indonesia. Tantangan tersebut berupa pelemahan ekonomi global.

“Tantangan eksternal, apa yang kita perhatikan dalam ekonomi dunia, apakah itu proyeksi ekonomi dunia melemah bahkan beberapa kata disebut resesi,” kata Sri Mulyani dalam Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020 di Kompleks MPR-DPR Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

“Resesi itu merefleksikan bahwa perekonomian akan mengalami kontraksi dua kuartal berturut-turut dan beberapa negara yang cukup penting di dunia sudah memasuki kontraksi,” sambungnya.

Dia memaparkan, beberapa negara tengah mengalami kontraksi ekonominya seperti Jerman dan Singapura. Sementara, beberapa negara di Amerika Latin sudah jatuh krisis.

Bacaan Lainnya

“Jerman barat, Singapura negara tetangga kita. Kita bicara di Latin Amerika yang besar-besar, Argentina yang sedang masa krisis, Meksiko dan Brasil yang baru saja memilih presidennya sekarang mereka dalam situasi cukup sulit,” ujarnya.

Dia mengatakan, pelemahan ekonomi global itu mesti diantisipasi. Terutama, pelemahan dari beberapa negara di wilayah Amerika Latin, Eropa, dan di Asia sendiri, termasuk Indonesia.

“Oleh karena itu, tantangan eksternal pelemahan ekonomi dunia terutama digarisbawahi oleh beberapa zona tadi seperti Amerika Latin, Eropa yang mengalami berbagai macam cobaan termasuk brexit,” ungkapnya.

“Hubungan Amerika-China dan bahkan kawasan Asia sendiri termasuk India yang selama ini jadi motor penggerak ekonomi di antara emerging country juga alami pelemahan. Itu adalah tantangan eksternal yang jadi pusat kewaspadaan kita,” jelas Sri Mulyani. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *