Suku Terpencil Mause Ane Sejak 17 Agustus 1945 Baru Pertama Kali Ikut Upacara

Metrobatam, Ambon – Masih ingat dengan warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Mause Ane, Seram Utara Timur Kobi, Maluku Tengah, Maluku? Sejumlah orang dari suku tersebut meninggal dunia akibat kelaparan pada Juni 2018. Satu tahun berlalu, kini warga Suku Mause Ane untuk pertama kalinya mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI.

Ratusan orang Suku Mause Ane telah berkumpul dengan pakaian apa adanya di depan permukiman mereka sejak Sabtu (17/8//2019). Permukiman itu dibangun TNI sejak bencana kelaparan melanda Suku Mause Ane.

Upacara HUT ke-74 RI ini merupakan yang pertama bagi warga suku Mause Ane. Mereka merasakan suasana pengibaran bendera merah putih.

Saat terjadi bencana kelaparan, mereka awalnya tidak dapat menggunakan Bahasa Indonesia dan hanya menggunakan bahasa adat. Kini mereka telah berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Kami dari Koramil 1505 Kodim Masohi sengaja kami membuat upacara 17 Agustus di Suku Mause ane ini karena selama ini mereka belum tahu bahwa kegiatan upacara bendera seperti apa jadi mereka baru rasakan ternyata kegiatan seperti ini,” kata Danramil Seram Utara, Kapten La Ode Ma’ruf, Minggu (18/8/2019).

TNI juga melibatkan Polri dan mengajak beberapa dusun untuk memeriahkan hari kemerdekaan tersebut. Suasana tampak akrab dan nyaman.

“Upacara ini kita libatkan kita beberapa dusun, pemerintah daerah, guru dan juga melibatkan Kepolisian juga untuk lebih akrab dan lebih nyaman,” ujarnya.

Usai mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, Suku Mause Ane saling berkomunikasi dengan warga lainnya dengan gembira dan penuh tawa. Mereka juga mengikuti lomba seperti balap karung dan lainnya. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *