Tak Berlaku untuk Motor, Ganjil-Genap di Jakarta Berlaku Hingga Pintu Tol

Metrobatam, Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI sempat mengkaji pemberlakuan aturan ganjil-genap untuk motor. Hasilnya, motor tetap bebas melintas tanpa kena ganjil-genap.

“Untuk sepeda motor tidak diberlakukan ganjil-genap,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Read More

Dishub DKI hari ini mengumumkan rute baru ganjil-genap di Jakarta. Berikut ini rute barunya di luar aturan ganjil-genap yang sudah berlaku saat ini.

  1. Jl Pintu Besar Selatan
  2. Jl Gajah Mada
  3. Jl Hayam Wuruk
  4. Jl Majapahit
  5. Jl Sisingamangaraja
  6. Jl Panglima Polim
  7. Jl Fatmawati (mulai simpang Jl Ketimun 1 sampai simpang Jl TB Simatupang)
  8. Jl Suryopranoto
  9. Jl Balikpapan
  10. Jl Kyai Caringin
  11. Jl Tomang Raya
  12. Jl Pramuka
  13. Jl Salemba Raya
  14. Jl Kramat Raya
  15. Jl Senen Raya
  16. Jl Gn Sahari, dan

Segmen persimpangan terdekat sampai pintu masuk jalan tol dan segmen pintu keluar jalan tol sampai persimpangan terdekat.

Ganjil Genap Hingga Pintu Tol

Dinas Perhubungan DKI telah memutuskan pemberlakuan perluasan sistem ganjil genap di sejumlah wilayah Jakarta untuk kendaraan roda empat. Kadishub DKI Syafrin Lupito menyampaikan ada beberapa hal baru pada penerapan sistem ganjil genap kali ini. Salah satunya berkaitan dengan penerapan hingga di pintu masuk dan keluar tol.

“Untuk pelaksanaan di jalan koridor ganjil genap itu di dalam on/off ramp tol, pengecualian tidak diberlakukan,” ujar Syafrin di Balai Kota DKI, Rabu (7/8).

“Jadi, pada saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap, demikian tetap dikenakan. Jika sebelumnya ada pengecualian, ini dihapuskan,” tambahnya.

Pada aturan sebelumnya diketahui kendaraan yang keluar dari pintu tol menuju area ganjil genap tidak akan dikenakan aturan tersebut.

Selain itu, hal baru lainnya adalah pengecualian bagi kendaraan listrik pada sistem ganjil genap. “Yang menarik kebijakan pak gubernur kita berikan pengecualian untuk kendaraan listrik,” ujarnya.

Di samping kendaraan listrik, sejumlah kendaraan lain juga masuk dalam pengecualian sistem ganjil genap. Yakni mobil pemadam kebakaran, angkutan umum bernomor polisi warna kuning, kendaraan barang khusus BBM dan BBG, sepeda motor, dan mobil yang membawa masyarakat disabilitas.

Kemudian, mobil pimpinan tinggi TNI serta Polri, pejabat pimpinan dan pejabat asing, serta kendaraan dinas operasional berplat dinas, TNI, dan Polri.

“Kita juga berikan pengecualian kendaraan kepentingan khusus dan konteks pengawalan dari Kepolisian,” ujar Syafrin.

Sebelumnya, Dishub DKI memutuskan perluasan koridor sistem ganjil genap dari sebelumnya sembilan koridor menjadi 25 koridor.

Sosialisasi perluasan sistem ganjil genap itu bakal dimulai pada 7 Agustus hingga 8 September. Sementara untuk penerapannya bakal mulai dilakukan pada 9 September mendatang.

Sistem ganjil genap diberlakukan pada Senin sampai Jumat, kecuali hari libur. Pemberlakuannya pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB. (mb/cnn indonesia)

Loading...

Related posts