Junius Ndraha, SE.MM Sukses Menjalankan PDAM Tirta Umbu dari Tahun ke Tahun di Kabupaten Nias

Metrobatam.com, Nias – Pemerintah Kabupaten Nias laksanakan penandatanganan berita acara dalam memfasilitasi peningkatan kinerja PDAM Tirta Umbu Kabupaten Nias, bertempat di ruang aula Oval Kantor Bupati Nias Lantai III, Jalan Pelud Binaka Km. 09 Ononamolo I Lot Gunungsitoli Selatan, Kamis, (29/08/2019).

Dalam kesempatan itu, Direktur PDAM Tirta Umbu kabupaten Nias, Junius Ndraha, SE, MM mengajak semua untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha kuasa, atas berkat dan limpahan kasih-nya, sehingga dapat berkumpul dan terlaksananya “Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Tirta Umbu  Kabupaten Nias” yang diselenggarakan oleh PDAM Tirta Umbu Kabupaten Nias dan BPPSPAM Kementerian PUPR RI.

Read More

“Kegiatan ini didasari oleh, Surat Ketua BPPSPAM Kementerian PUPR RI Nomor: HM.05.01-6a/2017 tanggal 2 Agustus 2019 Perihal Surat Permohonan Fasilitasi Pelaksanaan Kegiatan Workshop Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM dan Surat Undangan Bapak Bupati Nias Nomor: 690/1665/Adm.Ek tanggal 16 Agustus 2019 Perihal  Undangan Pelaksanaan Wokshop,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam arahannya menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada badan peningkatan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum (BPPSPAM) serta menyambut baik dan mendukung sepenuhnya atas pelaksanaan Workshop ini, dengan tujuan memberikan bantuan manejemen dan menjalin kerjasama dalam rangka penyelenggaraan pengelolaan PDAM Tirta Umbu.

Beliau berharap setelah Workshop ini, PDAM Tirta Umbu, pengelolaannya dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Kegiatan workshop ini bertujuan dalam rangka Fasilitasi Peningkatan Kinerja PDAM Tirta Umbu Kabupaten Nias dengan kesepakatan yakni:

1). Untuk menyehatkan PDAM masih diperlukan:

a. Progam Prioritas 1 yang dilaksanakan di tahun 2019 berupa peningkatan pendapatan & penerimaan dan efesiensi beban, penggantian meter air pelanggan, penambahan jumlah pelanggan dan cakupan pelayanan, program penurunan kehilangan air, peningkatan kualitas air pelanggan, pengukuran tekanan sambungan pelanggan, peningkatan kompetensi dan kinerja pegawai serta optimalisasi SPAM eksisting dengan pembiayaan bersumber dari dana APBN dan PDAM tahun anggaran 2019 yang direalisasikan sampai dengan bulan Desember 2019. Untuk rincian program dan kebutuhan dana terlampir.

b. Program Prioritas 2 yang dilaksanakan pada tahun 2020 s/d 2023 berupa kegiatan optimalisasi, rehabilitasi dan pengembangan serta peningkatan kinerja, pengukuran kualitas air, peningkatan konsumsi air, penurunan kehilangan air, penggantian meter air pelanggan, penambahan jumlah pelanggan dan cakupan pelayanan, dan pengukuran tekanan sambungan pelanggan serta peningkatan kompetensi pegawai (realisasi program dan kegiatan pada prioritas I secara kontinu) dengan rincian program dan kebutuhan dana terlampir.

2). Pemerintah Daerah Kabupaten Nias diharapkan agar tetap menyiapkan penyertaan modal dalam  upaya pengembangan sistem penyediaan air minum untuk tahun 2019 s/d 2023 dengan berpedoman pada mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Pada pelaksanaan Workshop  tersebut ditanda tangani  oleh Direktur PDAM Tirta Umbu Kabupaten Nias, Junius Ndraha, SE, MM;  Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum, Ir. H. M. Limbong, MM, Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Nias, Drs. F. Yanus Larosa, M.AP; Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Roy Panagom Pardede, ST., M. Tech; balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sumatera Utara Syafriel Tansier, ST., MT dan mengetahui Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM.

Penulis : DZ./DT

Loading...

Related posts