Fit and Proper Test, Capim KPK Akan Bikin Makalah soal SP3-Dewan Pengawas

Metrobatam, Jakarta – Sepuluh calon pimpinan (capim) KPK hari ini memulai proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR. Agenda uji hari ini adalah pembuatan makalah dengan topik-topik yang telah ditentukan Komisi III DPR.

“Topik ada 14. Tinggal calon-calon ini, pertama, mengambil dua kartu. Satu (untuk) makalah. Dari situ mereka akan buat makalah. Nomor dalam rangka pada saat proper selanjutnya nomor yang akan mereka ambil itu,” kata Wakil Ketua Komisi III F-Gerindra, Desmond J Mahesa, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Read More

Dia menjelaskan, 14 topik itu telah disarikan dari sejumlah persoalan yang dihadapi KPK selama ini. Desmond mengatakan makalah para capim menjadi dasar penilaian Komisi III DPR tentang pemahaman para capim terhadap persoalan KPK.

“Tentunya bagi anggota yang akan menyeleksi, 14 pertanyaan ini kan hasil diskusi persoalan-persoalan yang hari ini jadi catatan-catatan bagaimana baik buruk KPK ke depan. (Topik) 14 ini jadi patokan kami,” ujarnya.

Desmond pun membeberkan sejumlah topik yang akan diberikan kepada para capim. Di antaranya topik soal penerbitan SP3 hingga pembentukan Dewan Pengawas.

“Ya misal persoalan penyidikan yang hari ini dibicarakan, SP3, bicara soal Dewan Pengawas, tentang review ulang sejak KPK berdiri sampai sekarang ada output-nya nggak? Ada kemajuan nggak? Ada perubahan nggak masyarakat dengan ada lembaga ini. Lalu apakah calon-calon ini memahami sekian banyak problem,” kata Desmond.

Berdasarkan agenda resmi, proses uji kepatutan dan kelayakan dimulai pukul 14.00 WIB. Saat ini, Komisi III DPR masih menggelar rapat bersama Pansel Capim KPK. (mb/detik)

Loading...

Related posts