Kemenkominfo Masih Blokir Akses Internet di 6 Wilayah Papua

Metrobatam, Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara bertahap membuka akses internet di Provinsi Papua dan Papua Barat. Terkini, pemblokiran akses internet menyisakan enam wilayah yang disebut masih belum kondusif.

Keenam wilayah ini adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Jayawijaya di Provinsi Papua. Ditambah dua kota di Provinsi Papua Barat, yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong.

“(Keenam kota ini) masih belum sepenuhnya kondusif, akan terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan,” ujar Ferdinandus dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (9/9).

Ferdinadus juga mengatakan sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua terus menurun sejak 31 Agustus 2019.

Bacaan Lainnya

“Puncak sebaran hoaks dan hasutan terkait isu Papua terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan jumlah url mencapai 72.500. Distribusi hoaks terus menurun, 42 ribu url di tanggal 31 Agustus 2019, 19 ribu url di 1 September 2019, lalu menurun menjadi 6.060 url hoaks dan hasutan di enam September 2019,” ujar Ferdinandus.

Ferdinandus mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia tidka menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi.

“Agar proses pemulihan kembali seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung,” ujarnya.

Nando mengatakan dari 29 kabupaten atau kota di wilayah Papua Barat, sebanyak 25 kabupaten yang sudah dibuka kembali blokir atas layanan data internet yakni. 25 kabupaten ini adalah Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, dan Nabire.

Sementara dari 13 kabupaten kota di wilayah Provinsi Papua Barat, terdapat 11 kabupaten yang sudah dibuka akses layanan data internet yakni, Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong. (mb/cnn indonesia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *