Menteri Jokowi 55% Profesional, Ini Kandidatnya?

Metrobatam, Jakarta – Presiden Jokowi mengungkap komposisi menteri di periode kedua kepemimpinannya 55-45. Artinya, akan ada 55 persen menteri dari kalangan profesional, inikah komposisinya?

Selain soal komposisi kabinet dari segi asal-usulnya itu, Jokowi berbicara soal calon menterinya yang akan diisi kalangan generasi muda. Menteri muda ini bahkan ada yang berusia di bawah 30 tahun.

Read More

Puluhan ribu Detikers yang terlibat dalam program ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’, yang digulirkan sejak 12 Agustus 2019, turut mengusulkan sejumlah nama menteri. Ratusan kandidat hasil survei Detikers kemudian ditelaah tim pakar dalam focus group discussion (FGD), lalu redaksi detikcom memfinalisasi enam nama calon menteri di setiap kementerian.

Kini, Detikers kembali dilibatkan lewat polling ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’. Polling berlangsung pada 10-30 September 2019. Tiga nama yang paling banyak direkomendasikan oleh Detikers ditambah menteri incumbent akan diserahkan kepada Jokowi sebagai hasil dari ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’

Ngomong-ngomong soal menteri dari profesional, ada sejumlah kursi menteri yang ‘diperebutkan’ oleh kalangan profesional dari survei detikcom. Di kursi Menteri BUMN, misalnya, selain incumbent, ada kandidat kuat seperti Wahyu Sakti Trenggono, Dwi Soetjipto, Budi Karya Sumadi, Rudiantara, Budi Gunadi Sadikin, dan Ahmad Baiquni.

Sementara itu, untuk Menkop UKM, ada nama Sandiaga Uno, Nadiem Makarim, Irnanda Laksanawan, Emil Dardak, Bahlil Lahadalia, sampai Angela Tanoesodibjo. Enam nama kandidat kuat selain incumbent untuk Menteri Pariwisata adalah Triawan Munaf, I Wayan Koster, Abdullah Azwar Anas, Rusdi Kirana, Wishnutama, sampai Addie MS. (mb/detik)

Loading...

Related posts