Ini Dia 5 Pimpinan Baru KPK Pilihan DPR, Firli Bahuri Jadi Ketua

Metrobatam, Jakarta – Komisi III DPR telah menentukan 5 calon pimpinan (capim) KPK setelah uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Penentuan itu dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara atau voting.

Setelah voting dilakukan, para anggota Komisi III itu memasukkan kertas suara ke kotak yang sudah disediakan di tengah rapat. Lalu, proses penghitungan pun dimulai.

Berikut ini hasil voting di Komisi III DPR:

  1. Alexander Marwata 53 suara
  2. Firli Bahuri 56 suara
  3. Johanis Tanak 0 suara
  4. Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara
  5. Roby Arya Brata 0 suara
  6. Lili Pintauli Siregar 44 suara
  7. Nurul Ghufron 51 suara
  8. Sigit Danang Joyo 19 suara
  9. Nawawi Pomolango 50 suara
  10. I Nyoman Wara 0 suara

“Dengan ini, terjaring lima, Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri,” ujar Ketua Komisi III DPR yang memimpin rapat, Azis Syamsuddin, Jumat (13/9/2019).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Azis mengabsen ada 56 anggota Komisi III DPR yang hadir. Mereka memilih dengan cara melingkari 5 dari daftar 10 nama yang tertulis di kertas yang dibagikan pimpinan rapat.

Para capim KPK yang dipilih DPR ini nantinya akan dibawa ke paripurna DPR. Setelah itu, DPR akan menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melantik pimpinan KPK periode 2019-2023.

Proses seleksi capim KPK ini diwarnai kritik sejak Jokowi menentukan panitia seleksi (pansel) capim KPK pada Juli 2019. Setelah itu, pansel capim KPK memproses para kandidat melalui berbagai tes.

“Kepada seluruh masyarakat Indonesia, kami menaruh harapan kepada lima pimpinan komisioner KPK untuk dapat mengemban tugas dan jabatannya sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin di ruang Komisi III DPR, Jumat (13/9/2019).

Lebih lanjut, Azis mengingatkan lima pimpinan KPK terpilih soal komitmen yang dibuat selama proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Dengan catatan mengikuti hal-hal yang sudah jadi komitmen selama proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III,” ujar dia.

Sementara itu Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua KPK. Hal ini telah disepakati dalam musyawarah Komisi III.

“Seluruh perwakilan fraksi-fraksi menyepakati untuk menjabat pimpinan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai Ketua adalah Saudara Firli Bahuri,” kata pimpinan rapat Komisi III Azis Syamsudin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu, wakil ketua diisi empat pimpinan KPK lainnya. Yaitu Lili Pintauli, Nawawi, Nurul Ghufron, dan Alexander Marwata.

“Demikian keputusan ini,” ujar Azis. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *