Di Depan Mahasiswa STAN, Sri Mulyani Sebut Akuntan Bisa Diganti Robot

Metrobatam, Jakarta – Di depan wisudawan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperingatkan tantangan global. Tantangan itu adalah kemajuan teknologi yang membawa dampak otomatisasi. Contohnya, pekerjaan yang bisa diganti dengan robot.

Dia mengatakan 25 tahun ke depan perubahan itu terjadi dengan cepat. Menurutnya, teknologi digital bukan cuma memudahkan informasi, tapi memberikan dampak buruk juga.

“25 tahun ke depan ini banyak yang akan terjadi, perubahan pasti terjadi. Hari ini kita hadapi teknologi yang cepat, perubahan ditandai dengan teknologi digital yang membuat informasi lebih mudah didapat dan semuanya sudah mengarah ke era otomatisasi,” ucap Sri Mulyani di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (19/9/2019).

Sri Mulyani mencontohkan bidang yang berpotensi diotomatisasi, yaitu bidang akuntansi. Katanya, para akuntan nantinya akan bersaing dengan artificial intelligence hingga para robot.

Bacaan Lainnya

“Misalnya anda yang akuntansi, pekerjaan akuntansi sangat mungkin bisa digantikan Artificial Intelegence dan robot, artinya anda semua harus merasa anda lebih baik dari robot apapun untuk ciptakan ganti pekerjaan anda,” ucap Sri Mulyani.

Maka itu, dia berpesan kepada wisudawan agar terus mengasah kemampuan dan kreativitasnya. Dengan begitu para lulusan STAN tidak akan digantikan dengan mesin.

“Manusia lebih baik dari robot, tapi bukan kepastian yang mutlak. Kalau kita tidak asah kemampuan dan kreativitas, maka anda akan mudah digantikan mesin,” kata Sri Mulyani. (mb/detik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *