Sri Mulyani Mulai Pangkas Jabatan Eselon III dan IV

Booking.com

Metrobatam, Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini resmi memangkas pejabat eselon III dan IV di Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Dengan demikian Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi yang pertama melakukan perampingan eselon.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan bahwa Kemenkeu sebagai pengelola keuangan negara memang tak memerlukan banyak pejabat struktural, melainkan fungsional.

Muat Lebih

“Mayoritas jabatan struktural eselon III dan IV akan dihilangkan. Sebagai pengelola keuangan negara, kita memiliki ciri dari ASN dengan tugas fungsional yang kebetulan memang tidak memerlukan pejabat struktural eselon III dan IV,” kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

“Karenanya dalam rangka menghilangkan layer atau lapisan jabatan eselon III dan IV, Kemenkeu memulainya di unit yang memang sangat jelas merupakan unit yang lebih banyak diisi jabatan fungsional yaitu BKF,” lanjutnya.

Di BKF, Sri Mulyani memangkas layer jabatan eselon III sebanyak 19 dari 36 jabatan. Lalu di eselon IV dipangkas 74 dari 124 jabatan.

“BKF kita telah lakukan delayering. Ini sebagian besar jabatan administrasi. 19 jabatan eselon III dihilangkan dari sebelumnya 36 jabatan. Untuk eselon IV, 74 jabatan eselon IV dihapus dari sebelumnya 124 jabatan,” ujarnya.

Dengan demikian pejabat yang tadinya mengisi posisi struktural kini menjadi pejabat fungsional. “Karena kita institusi pertama, jadilah juara” tambah Sri Mulyani. (mb/detik)

Loading...

Pos terkait

Booking.com