Speed Bea Cukai Diserang ABK Kapal Penyeludup Saat Melakukan Pemeriksaan HSC

Metrobatam.com, Batam – Satuan Tugas Patroli Laut Kanwil Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau dan KPU Bea Cukai Batam mendapat informasi akan adanya kegiatan penyelundupan BKC/MMEA modus ship to ship dengan high speed Craft (HSC) di perairan selat Singapore. Minggu (1/12/2019).

Berdasarkan informasi tersebut di putuskan untuk mengerahkan satuan tugas speedboat untuk menjaga sekitar perairan Nongsa dan Karang Galang. Pukul 19.30. WIB, berdasarkan informasi lebih dari 4 buah HSC memasuki perairan Selat Singapore,

Hanya berselang 10 menit, sekitar pukul 20.10. WIB, 2 buah HSC terpantau mengikuti speed Bea Cukai dan kemudian HSC yang berada di depan memotong haluan, namun dapat dihindari, lalu hanya berselang beberapa detik ketika speed Bea Cukai mengamankan posisi, datang lagi satu buah HSC lain dari arah belakang menutup haluan speed Bea Cukai dan menyebabkan body contact yang tidak dapat dielakkan.

Tidak lama berselang HSC pertama tadi melakukan manuver yang sangat-sangat membahayakan dengan berusaha menabrakkan diri ke speed Bea Cukai. Speed Bea Cukai mendekati HSC untuk melakukan pemeriksaan. Namun mendapat perlawanan menggunakan senjata tajam dari ABK kapal penyelundup.

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi tersebut dan untuk alasan keamanan, speed Bea Cukai memutuskan untuk segera meninggalkan lokasi dan segera melaporkan kejadian kepada pimpinan.

Diketahui bahwa satu orang anggota speed Bea Cukai mengalami luka robek dan patah gigi di bagian mulut dan memerlukan tindakan medis.

Di lokasi lain di sekitar perairan Karang Galang bagian Timur, speed Bea Cukai lainnya di serang juga oleh HSC 6 mesin mercury dengan membawakan banyak massa dan melontarkan ancaman ke speed Bea Cukai. Dikarenakan kondisi yang tidak kondusif dan kalah jumlah, speed Bea Cukai menghindar dan mundur kelokasi aman.

Dikarenakan adanya anggota speed Bea Cukai yang memerlukan tindakan medis segera dan bagian haluan speed Bea Cukai mengalami kerusakan, diputuskan untuk kembali ke Pangkalan Kanwil Bea Cukai Khusus Kanwil Kep Riau untuk dilakukan perawatan kepada anggota speed Bea Cukai yang terluka dan pengamanan speed Bea Cukai agar tidak terjadi kebocoran pada speed.

(Hmsbckepri/Ramadhan)

Pos terkait