Ada Desa ‘Hantu’ Penyedot Dana Desa, Seperti Ini Respons Jokowi?

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait dengan adanya desa tak berpenduduk yang diduga selama ini menikmati aliran uang program dana desa yang dilaksanakan sejak 2015.

Jokowi mengaku fenomena munculnya desa ‘hantu’ ini membuktikan bahwa mengelola di negara sebesar Indonesia itu sangat sulit.

Muat Lebih

“Iya, negara kita memang negara yang besar, negara yang besar, 514 kabupaten/kota ini gede, 74.800 desa ini juga banyak, manajemen mengelola desa sebanyak itu tidak mudah,” kata Jokowi usai membuka acara Konstruksi Indonesia dan Indonesia Infrastructure Week 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi pun akan mencari tahu kebenaran desa siluman tersebut apakah benar ada atau hanya cerita belaka.

“Tetapi kalau informasi benar ada desa siluman itu mungkin hanya desanya hanya pakai plang saja tapi desanya nggak (ada) bisa saja terjadi, karena sekali lagi dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote adalah sebuah pengelolaan yang tidak mudah,” tegas diam

Meski demikian, Jokowi akan mengejar serta menangkap desa yang memang terbukti fiktif dan sudah menikmati aliran dan desa.

“Tetap kita kejar agar yang namanya desa-desa tadi diperkirakan, diduga itu fiktif ketemu, ketangkep yah,” ungkapnya. (mb/detik)

Loading...

Pos terkait