Arab Saudi Mau Bikin Kota, Pembantunya Robot Bukan TKW

Metrobatam, Jakarta – Banyak buruh migran Indonesia kerja di Arab Saudi. Tapi di masa depan, Saudi mau punya kota yang pembantunya robot.

Selamat datang di Neom, kota masa depan Arab Saudi super canggih yang akan segera diwujudkan jadi nyata. Kepanjangannya adalah Neo Mustaqbal atau New Future. Ini adalah mega proyek ambisius Saudi untuk beralih dari negara minyak, ke negara penuh teknologi di masa depan.

Muat Lebih

Di bawah komando Pangeran Mahkota Mohammad Bin Salman, proyek ini nilainya USD 500 miliar (Rp 6.999,9 triliun). Gila banget sih ini jumlahnya. Neom mulai digembar-gemborkan sesuai visi baru negara Arab Saudi 2030. Neom ditargetkan selesai tahun 2025, namun tahap satunya akan selesai 2020.

Arab Saudi Mau Bikin Kota, Pembantunya Robot Bukan TKWLokasi untuk Kota Neom di tepi Laut Merah, Arab Saudi (dok NEOM)

Dari situs resmi Neom yang dilihat detikInet, Rabu (6/11/2019) NEOM akan dibangun di Barat Laut Arab Saudi berbatasan dengan Mesir dan Yordania. Kota pinggir laut ini luasnya 26.500 km 2 atau 35 kali ukuran Singapura.

Yang digembar-gemborkan adalah, ini akan jadi kota paling canggih di dunia. Kecanggihannya meliputi energi terbarukan, teknologi air paling canggih di padang pasir, bioteknologi, manufaktur, media, teknologi digital, makanan, wisata, olahraga, pendidikan, kesehatan, hiburan dan budaya, serta jasa.

Beberapa bocoran yang diperoleh media internasional memang cukup mengejutkan dan ambisius. World Street Journal mencatat beberapa di antaranya:

1. Robot

Pembantu robot akan melakukan tugas membersihkan rumah sehari-hari. Selamat tinggal pembantu manusia! Ada lagi tontonan pertarungan robot dan taman hiburan dinosaurus robot.

2. Taksi terbang

Pangeran Fahd Bin Sultan, Gubernur Tabuk mengatakan Neom akan memakai mobil terbang di tahun 2030.

3. Rekayasa genetik manusia

Raksasa teknologi Jepang, Softbank akan digandeng untuk mengatur rekayasa genetik kekuatan dan IQ manusia yang tinggal di Neom.

4. Pemantauan masa depan

Untuk menjaga keamanan, ada kamera, drone, pengenal wajah dimana-mana di NEOM.

5. Rekayasa cuaca

Untuk mengatur iklim di Neom akan ada pembibitan awan untuk mengatur hujan.

6. Bulan buatan

Kalau mau canggih, jangan tanggung-tanggung. Ada laporan yang masih sumir, yaitu rencana membuat Bulan buatan. Entah dengan drone atau gambar live-streaming.

7. Guru hologram

Dunia pendidikan juga akan dibikin canggih. Gurunya berupa hologram.

8. Energi terbarukan

Kota Neom akan menggunakan 100 persen energi terbarukan dari tenaga surya, tenaga angin, penyulingan air laut, pertanian padang pasir, dll.

“Neom adalah segala hal tentang masa depan dan visioner. Kita bicara soal teknologi paling canggih dan dalam beberapa hal masih berupa teori,” kata CEO Neom, Nadhmi Al Nasr kepada Wall Street Journal.

Gambaran sekilas Neom rupanya ditanggapi agak miring oleh banyak orang. Misalnya, kota canggih tapi semua diawasi ketat dan manusia rekayasa jadi penduduk kota.

Banyak media menulis ini bukan utopia, tapi kebalikannya yaitu dystopia. Ini seperti film fiksi ilmiah tentang dunia masa depan yang otoriter seperti Total Recall atau Blade Runner, bukan seru-seru lucu ala film kartun The Jetsons. (mb/detik)

Loading...

Pos terkait