Metrobatam, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok bebas murni hari ini setelah menjalani masa hukuman di Mako Brimob. Bebasnya Ahok menjadi sorotan dunia.

Media ternama Amerika Serikat, The New York Times misalnya, memberitakan bebasnya Ahok dalam artikel berjudul “Governor Convicted of Blasphemy Freed From Indonesian Prison”.

“Seorang politisi Kristen polarisasi yang komentar-komentar kampanyenya menyulut aksi-aksi protes yang terbesar di Indonesia yang mayoritas Muslim dalam beberapa tahun, bebas Kamis ini setelah menjalani hampir dua tahun penjara karena penistaan agama,” demikian ditulis New York Times mengawali artikelnya, Kamis (24/1).

Media terkemuka Australia, ABC News juga mengangkat berita ini dalam artikel berjudul “Is the release of former Jakarta governor Ahok a political liability or an asset for Joko Widodo? ”

Dalam artikelnya, media tersebut mengutip pernyataan Tim Lindsey, direktur Pusat Hukum Indonesia, Islam dan Masyarakat di University of Melbourne, Australia, yang menyatakan bahwa pembebasan Ahok terjadi di saat masa sensitif dalam politik Indonesia — hanya tiga bulan menjelang pemilihan presiden.

“Apa pun yang terjadi pada saat ini yang terhubung dengan politik agama atau Jokowi [Joko Widodo] akan berdampak,” ujarnya kepada ABC, Kamis (24/1/2019).

Lindsey menambahkan bahwa “tidak ada keraguan bahwa upaya akan dilakukan untuk mengubahnya menjadi masalah besar oleh lawan-lawan Jokowi”.

Media South China Morning Post juga menulis bebasnya Ahok dengan judul menarik “Ex-Jakarta governor Ahok: out of jail … and into arms of ex-wife’s bodyguard”. Dalam artikelnya, media tersebut juga menyisipkan mengenai rencana Ahok untuk menikahi perempuan bernama Puput Nastiti Devi, yang dulunya merupakan pengawal mantan istrinya, Veronica.

Media ternama Australia, Sydney Morning Herald mengangkat berita ini dengan judul “Ahok release a reminder of ‘weaponised’ blasphemy law in Indonesia”. Media ini mengutip komentar Harsono, seorang periset di Human Rights Watch Indonesia yang menyebut bahwa Ahok tak akan mundur dari politik, namun kembalinya Ahok ke politik tak akan terjadi dalam waktu dekat.

“Dia selalu memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah publik dan dia merupakan politisi alami,” ujarnya seperti dikutip Sydney Morning Herald.

Pembebasan Ahok juga diberitakan oleh media terkemuka AS lainnya, Washington Post, media Singapura, Straits Times, media ngetop Inggris, The Guardian dan media-media asing lainnya.

Putra Sulung Ahok: He’s Back!

Ahok resmi bebas dan keluar dari Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (24/1). Pria yang kini ingin dipanggil BTP itu dijemput putra sulungnya, Nicholas Sean.

Tak dapat menutup kebahagiaannya, Sean pun langsung mengunggah kebersamaan dengan sang ayah.

“He’s back. My dad’s a free man. Thankyou everyone for the support,” tulis Nicholas di akun Instragramnya, @nachoseann, Kamis (24/1).

Tak banyak pihak yang tahu detik-detik Ahok keluar dari Mako. Namun dari akun Instagram resminya, Ahok berbagi proses administrasi dirinya bebas dari tahanan. Setidaknya ada tiga foto yang Ahok bagi di akun resminya itu.

“Proses administrasi Ahok sebelum bebas di Mako brimob tadi pagi. Merdeka!” seperti yang dikutip dari akun Instragram @basukibtp, Kamis.

Ahok terlihat mengenakan kemeja biru lengan panjang dan celana jin biru. Pada foto pertama ia terlihat menandatangani sejumlah surat.

Foto kedua terlihat Ahok menunjukkan surat pembebasan itu ke kamera. Dan foto ketiga Ahok melihat menunjukkan enam jari yang dicap. Jari-jari itu pun menunjukkan bahwa Ahok bebas.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Andika Prasetya memastikan bahwa bekas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu dibebaskan dari Rumah Tahanan Mako Brimob, Depok, pada pukul 07.00 WIB pagi tadi.

“Pada hari ini tanggal 24 Januari 2019 tepatnya tadi pukul 07.00 sudah dilaksanakan pembebasan narapidana atas nama Basuki Tjahaja Purnama berlokasi di rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua,” kata Andika kepada wartawan di LP Cipinang, Jakarta.

Dari Mako Brimob, kata Andika, Ahok tak harus menuju ke LP Cipinang untuk mengurus administrasi pembebasan. Ia menyatakan Ahok telah menyelesaikan secara langsung urusan administrasi pembebasannya secara lengkap di Rutan Mako Brimob.

Andika menerangkan Ahok bebas murni setelah menjalani hidup di balik jeruji selama dua tahun–dipotong total remisi 3 bulan 15 hari–dalam kasus penistaan agama. (mb/cnn indonesia/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Bareskrim Sita 30 Kg Sabu, Polda Sumut Amankan 55 Kg

Metrobatam, Jakarta - Bareskrim Polri mengungkap penyelundupan sabu seberat 30 kilogram dari Malaysia dengan modus pengiriman paket lampu downlight. Sementara, Polda Sumatera Utara menyita...

Jokowi soal Jalan 191.000 Km: Tak Percaya, Ukur Sendiri

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan pembangunan jalan desa telah mencapai 191 ribu kilometer (km) terhitung hingga akhir tahun 2018. Pembangunan...

Pensiunan TNI AL Dibunuh saat Menagih Utang

Metrobatam, Tanjungpinang - Isak tangis mewarnai penyerahan jasad Arnold Tambunan (60), pensiunan TNI Angkatan Laut (AL) yang dibunuh saat menagih utang. Polres Tanjungpinang menyerahkan...

Fokus ke Ibu Ani, SBY Disebut Tak Tanggapi Debat Capres

Metrobatam, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan bahwa Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bicara banyak mengenai debat...

Kawanan Gajah Masuki Pemukiman Warga Pekanbaru, Petugas Bunyikan Petasan

Metrobatam, Pekanbaru - Kawanan Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) kembali memasuki pemukiman di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau. Gajah-gajah tersebut memakan hasil pertanian milik warga. Kepala...

Terungkap! Sejarah Prabowo Kuasai Lahan 120 Ribu Hektare di Aceh

Metrobatam, Aceh - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Syahrial, mengatakan PT Tusam Hutani Lestari diambil alih Prabowo Subianto pada saat Indonesia dalam...

PSSI Akan Gelar KLB, Ini 5 Kandidat Ketum yang Ramai Dibicarakan

Metrobatam, Jakarta - PSSI akan mengadakan Kongres Luar Biasa yang nantinya berujung pada pemilihan ketua umum yang baru. Lalu, siapa saja calon PSSI-1 yang...

Diduga Cinta Segitiga, Siti Aniaya Tetangga hingga Babak Belur

Metrobatam, Kotawaringin - Nahas dialami Nila Wati (43), warga Jalan Trans Kotawaringin Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Nila...

Kritik JK Soal MRT Jakarta: Kita Terlambat Bangun

Metrobatam, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) terlambat. Mestinya, kata dia, moda transportasi itu dibangun pada dekade 1990-an. Hal...

4 Pembangkit PLN Pakai 100% Minyak Sawit Tahun Ini

Metrobatam, Jakarta - PT PLN (Persero) akan mengganti sumber energi untuk empat pembangkit listriknya dengan 100% minyak sawit (crude palm oil/CPO). Keempat pembangkit listrik...

10 Hoax Kesehatan yang Sering Beredar di Whatsapp dan Facebook

Metrobatam, Jakarta - Whatsapp dan Facebook sering jadi aplikasi yang digunakan orang-orang untuk bertukar informasi. Di dalamnya sering juga muncul hoax-hoax kesehatan. Bagaimana cara supaya...

Jokowi Tanggapi Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Metrobatam, Jakarta - Indonesia resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, surat pengajuan tersebut sudah dikirimkan kepada Presiden...