Cinta Nenek – Kakek Bersemi di Panti Sosial, Kini Hidup Bersama

804

Metrobatam.com, Banyuwangi – Ada banyak cerita di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial di Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satunya kisah cinta nenek Ismawati dan kakek Sudjoko. Cinta keduanya bersemi dan berlanjut ke jenjang pernikahan.

Ismawati menjadi penghuni di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Lanjut Usia Banyuwangi pada Agustus 2015. Sedangkan kakek Sudjoko sudah lebih dulu tinggal di panti. Ismawati bercerita awal mulanya dia takut untuk tinggal di panti wredha.

“Saya ini janda tanpa anak, waktu itu pak camat ngajak saya ke panti. Katanya daripada saya kenapa-kenapa sendirian nanti nggak ada yang merawat. Akhirnya saya dibawa ke sini,” cerita Ismawati saat dijumpai di UPT Pelayanan Sosial Lansia Banyuwangi di Jl Jember, Krikilan, Banyuwangi, awal pekan ini.

Saat pertama kali tinggal di panti, Ismawati mengaku lega karena banyak bertemu dengan rekan-rekan sebaya dengannya. Saat bertemu dengan Sudjoko, dia tak langsung jatuh hati.

“Dulu saya dan suami saya pernah berjanji kalau ditinggal meninggal nantinya salah satu tidak ada yang menikah. Ini saya kenal pak Djoko kok nggak sopan belum kenal suka mencubit,” ujar Ismawati kesal.

Ketika Djoko datang dan duduk di sebelahnya, Ismawati menceritakan perjalanan kisahnya. Rupanya hatinya luluh karena Djoko yang bertugas mengantar makanan ketika dirinya sakit sangat perhatian dan telaten merawatnya ketika sakit.

“Waktu sakit saya dibangunkan dan disuapi, lama-lama mikir orang ini serius. Saya diberitahu teman-teman orangnya baik, nggak main perempuan karena dia malah ditinggal sama isterinya. Orangnya juga saleh,” kisah wanita yang berdomisili di Kedung Sumur, Muncar ini tersipu malu.

Janda yang kehilangan suaminya ketika sedang naik haji di Mekkah ini pun mulai jatuh hati dengan Sudjoko. Mendapat respons baik Djoko pun segera untuk meminang Ismawati.

“Waktu itu dia bilang Awakmu gak duwe bojo, aku yo dudo (kamu tak punya suami, aku juga duda). Aku seneng mbek awakmu (Aku cinta padamu). Yowes dek (menikah). Ya itu akhirnya menikah sudah dua bulan ini,” ujarnya.

Keduanya akhirnya menikah pada Maret 2016, keduanya tak ingat kapan tanggal pernikahan mereka. Mereka ingat saat itu dipestakan oleh pihak panti dengan tumpengan dan difoto-foto. Wanita yang penglihatannya sudah menurun ini lebih semangat ketika menceritakan hal yang membuatnya kagum pada suaminya.

“Ayah ini orangnya tekun salatnya, rajin kalau dimintai tolong langsung bantu. Apalagi kalau diminta suruh tandur (menanam) cepet wes, nggak perlu tanya apa langsung dikerjakan,” puji Ismawati.

Saat duduk berdua itulah tatapan mesra Djoko selalu lekat mendengarkan isterinya bercerita. Apalagi ketika diminta untuk berpose agar lebih mesra, Ismawati malu-malu dan menolak ketika suaminya merangkul pundaknya.

Petugas panti, Irwan Suandi, punya cerita lucu tentang pasangan yang dimabuk cinta ini. Irwan menuturkan bila keduanya sudah merusakkan dua dipan milik panti.

“Itu sehabis manten baru, habis dua dipan kayu. Pertama kali saya yang betulkan, terus kejadian lagi akhirnya saya ganti dengan dipan besi sekarang,” ujarnya menggoda kedua pasangan itu.

Ismawati membantah merusakkan 2 dipan milik panti. Menurutnya memang kondisi dipannya yang sudah rusak. “Enggak kalau saya merusakkan, memang kondisinya yang sudah jelek. Kasurnya juga banyak tingginya (kutu),” tukas Ismawati.

Djoko juga mengelak merusakkan dipan itu. Ketika ditanya mengenai usianya, dia tidak tahu. “Kayaknya saya itu kalau nggak salah kelahiran 1986. Saya lupa tapi kayaknya tahun itu wes,” ujar Djoko yakin.

Irwan berseloroh jarak usia mereka tak terpaut jauh. “Kalau gitu saya cuma selisih satu tahun ya dibanding sampeyan (anda). Tapi kalau dilihat lagi wajahnya tua sampeyan dibanding saya,” gurau Irwan yang disambut tawa keduanya.

Sudjoko dikenal telaten merawat isterinya saat sakit bak kisah Habibie dan Ainun. Mengetahui isterinya sudah tak terlalu lincah, dia kerap mengalah membersihkan dan mengepel lantai kamarnya.

“Bapaknya itu rajin mbak, karena isterinya sudah nggak terlalu melihat. Apa-apa yang yang disuruh suaminya tapi ya orangnya memang rajin. Di sini kan memang kalau masih produktif untuk kamar diminta membersihkan sendiri seperti nyapu dan ngepel,” puji Irwan.

Mungkin ini yang disebut Habibie sebagai, “Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun”. Kisah keduanya membuktikan usia tak jadi kendala untuk menemukan pasangan. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Timnas Indonesia U-22 Libas Filipina 3-0

Metrobatam.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-22 baru saja melibas Filipina 3-0 di pertandingan kedua Grup B SEA Games 2017, Kamis (17/8/2017) di Stadion Shah...

Polisi Tetapkan Adik Bos First Travel Jadi Tersangka

Metrobatam.com, Jakarta - Polisi telah menetapkan Kiki Hasibuan atau Siti Nuraidah Hasibuan, adik bos First Travel Anniesa Desvitasari Hasibuan sebagai tersangka. Siti menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan...

Band Batak Legendaris Amigos, Tampil Malam ini di La Bella Vita Best Western Batam

Metrobatam.com, Batam - Band Batak Legendaris yang sudah berkecimpung kurang lebih 33 tahun di dunia seni hiburan tanah air serta internasional akan tampil malam...

Wow,,Hampir 100 Gunung Berapi Ditemukan Dibawah Lapisan Es di Antartika

Metrobatam.com, UK - Kutub Selatan memang merupakan daerah bersuhu dingin yang diselimuti es dan salju. Namun hal itu tidak lantas berarti tak ada gunung...

Upacara Penurunan Bendera, Meski Hujan Deras dan Petir di Langit Batam

Metrobatam.com, Batam - Tepuk tangan masyarakat Kota Batam mengiringi derap langkah Paskibra saat upacara penurunan bendera di Dataran Engku Putri dimulai, Kamis (17/8) sore....

Kodim 0316/Batam Peringati HUT RI ke-72, Dandim: Indonesia Lebih Kasih Sayang

Metrobatam.com, Batam - Kodim 0316/Batam mengadakan Dirgahayu kemerdekaan RI ke 72, berdoa untuk bangsa Indonesia lebih kasih sayang. Pada tanggal 17 Agustus 2017 di...

Desa Toapaya Selatan dan Kelurahan Toapaya Asri Raih Juara III Terbaik Tingkat Nasional

Metrobatam.com, Bintan - Desa Toapaya Selatan dan Kelurahan Toapaya Asri Kabupaten Bintan berhasil meraih Juara III Lomba Desa Tingkat Nasional Regional Wilayah 1 Sumatera...

Pensiunan PNS Dapat THR Tahun Depan

Metrobatam.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, gaji pokok untuk pegawai negeri sipil ( PNS) tidak mengalami kenaikan pada tahun 2018. Namun demikian,...

Anak-anak Gaza Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

Metrobatam.com, Palestina - Genap 72 tahun Indonesia menikmati manisnya kemerdekaan. Genap 72 tahun yang lalu pula ucapan 'Selamat Kemerdekaan' datang dari Mufti Besar Palestina,...

Upacara Peringatan HUT RI ke 72 Polda Kepri

Metrobatam.com, Batam - Dirgahayu Republik Indonesia. Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 adalah hari  Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun. Seluruh...

Panguyuban Punggowo akan Gelar Silaturahmi Bersama Warga Jawa di Dataran Engku Putri

Metrobatam.com, Batam - Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) berencana akan menggelar Halal Bihalal bersama warga Jawa yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (27/8)...

Perusahaan Asal Singapura Investasi Rp50 Miliar di Batam

Metrobatam.com, Batam - PT Fagioli Indonesia Corp, perusahaan asal Singapura berinvestasi sebesar Rp50 miliar di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dengan memanfaatkan...