Cinta Nenek – Kakek Bersemi di Panti Sosial, Kini Hidup Bersama

818

Metrobatam.com, Banyuwangi – Ada banyak cerita di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial di Banyuwangi, Jawa Timur. Salah satunya kisah cinta nenek Ismawati dan kakek Sudjoko. Cinta keduanya bersemi dan berlanjut ke jenjang pernikahan.

Ismawati menjadi penghuni di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Lanjut Usia Banyuwangi pada Agustus 2015. Sedangkan kakek Sudjoko sudah lebih dulu tinggal di panti. Ismawati bercerita awal mulanya dia takut untuk tinggal di panti wredha.

“Saya ini janda tanpa anak, waktu itu pak camat ngajak saya ke panti. Katanya daripada saya kenapa-kenapa sendirian nanti nggak ada yang merawat. Akhirnya saya dibawa ke sini,” cerita Ismawati saat dijumpai di UPT Pelayanan Sosial Lansia Banyuwangi di Jl Jember, Krikilan, Banyuwangi, awal pekan ini.

Saat pertama kali tinggal di panti, Ismawati mengaku lega karena banyak bertemu dengan rekan-rekan sebaya dengannya. Saat bertemu dengan Sudjoko, dia tak langsung jatuh hati.

“Dulu saya dan suami saya pernah berjanji kalau ditinggal meninggal nantinya salah satu tidak ada yang menikah. Ini saya kenal pak Djoko kok nggak sopan belum kenal suka mencubit,” ujar Ismawati kesal.

Ketika Djoko datang dan duduk di sebelahnya, Ismawati menceritakan perjalanan kisahnya. Rupanya hatinya luluh karena Djoko yang bertugas mengantar makanan ketika dirinya sakit sangat perhatian dan telaten merawatnya ketika sakit.

“Waktu sakit saya dibangunkan dan disuapi, lama-lama mikir orang ini serius. Saya diberitahu teman-teman orangnya baik, nggak main perempuan karena dia malah ditinggal sama isterinya. Orangnya juga saleh,” kisah wanita yang berdomisili di Kedung Sumur, Muncar ini tersipu malu.

Janda yang kehilangan suaminya ketika sedang naik haji di Mekkah ini pun mulai jatuh hati dengan Sudjoko. Mendapat respons baik Djoko pun segera untuk meminang Ismawati.

“Waktu itu dia bilang Awakmu gak duwe bojo, aku yo dudo (kamu tak punya suami, aku juga duda). Aku seneng mbek awakmu (Aku cinta padamu). Yowes dek (menikah). Ya itu akhirnya menikah sudah dua bulan ini,” ujarnya.

Keduanya akhirnya menikah pada Maret 2016, keduanya tak ingat kapan tanggal pernikahan mereka. Mereka ingat saat itu dipestakan oleh pihak panti dengan tumpengan dan difoto-foto. Wanita yang penglihatannya sudah menurun ini lebih semangat ketika menceritakan hal yang membuatnya kagum pada suaminya.

“Ayah ini orangnya tekun salatnya, rajin kalau dimintai tolong langsung bantu. Apalagi kalau diminta suruh tandur (menanam) cepet wes, nggak perlu tanya apa langsung dikerjakan,” puji Ismawati.

Saat duduk berdua itulah tatapan mesra Djoko selalu lekat mendengarkan isterinya bercerita. Apalagi ketika diminta untuk berpose agar lebih mesra, Ismawati malu-malu dan menolak ketika suaminya merangkul pundaknya.

Petugas panti, Irwan Suandi, punya cerita lucu tentang pasangan yang dimabuk cinta ini. Irwan menuturkan bila keduanya sudah merusakkan dua dipan milik panti.

“Itu sehabis manten baru, habis dua dipan kayu. Pertama kali saya yang betulkan, terus kejadian lagi akhirnya saya ganti dengan dipan besi sekarang,” ujarnya menggoda kedua pasangan itu.

Ismawati membantah merusakkan 2 dipan milik panti. Menurutnya memang kondisi dipannya yang sudah rusak. “Enggak kalau saya merusakkan, memang kondisinya yang sudah jelek. Kasurnya juga banyak tingginya (kutu),” tukas Ismawati.

Djoko juga mengelak merusakkan dipan itu. Ketika ditanya mengenai usianya, dia tidak tahu. “Kayaknya saya itu kalau nggak salah kelahiran 1986. Saya lupa tapi kayaknya tahun itu wes,” ujar Djoko yakin.

Irwan berseloroh jarak usia mereka tak terpaut jauh. “Kalau gitu saya cuma selisih satu tahun ya dibanding sampeyan (anda). Tapi kalau dilihat lagi wajahnya tua sampeyan dibanding saya,” gurau Irwan yang disambut tawa keduanya.

Sudjoko dikenal telaten merawat isterinya saat sakit bak kisah Habibie dan Ainun. Mengetahui isterinya sudah tak terlalu lincah, dia kerap mengalah membersihkan dan mengepel lantai kamarnya.

“Bapaknya itu rajin mbak, karena isterinya sudah nggak terlalu melihat. Apa-apa yang yang disuruh suaminya tapi ya orangnya memang rajin. Di sini kan memang kalau masih produktif untuk kamar diminta membersihkan sendiri seperti nyapu dan ngepel,” puji Irwan.

Mungkin ini yang disebut Habibie sebagai, “Tak perlu seseorang yang sempurna, cukup temukan orang yang selalu membuatmu bahagia dan membuatmu berarti lebih dari siapapun”. Kisah keduanya membuktikan usia tak jadi kendala untuk menemukan pasangan. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

DPR RI Gelontorkan Anggaran Rp34 Miliar untuk Pemeliharaan Jembatan 1 Barelang Batam

Metrobatam.com, Batam - Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengelontorkan anggaran Rp34 miliar untuk pemeliharaan jembatan Raja Haji Fisabillah guna mengantisipasi hal-hal yang...

Isdianto Terkejut, 3 Partai Pengusung Pilih Mantan Ketua BP Batam Mustofa Widjaja sebagai Cawagub...

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Langkah Isdianto untuk dapat menduduki kursi Kepri 2 nampaknya cukup berat. Setelah tiga partai pengusung, yakni PPP, PKB dan Partai Demokrat...

Iskandarsyah Siap Maju Meskipun Tanpa Ayah Syahrul

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Ing Iskandarsyah menegaskan akan maju baik sebagai Calon Walikota maupun Wakil Walikota Tanjungpinang...

Pelatihan BUMDes se Kabupaten Bintan, Datangkan Narasumber Kades Prestasi Nasional

Metrobatam.com, Bintan - Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan menggelar Pelatihan Management BUMDes se Kabupaten Bintan di Aula Kantor...

Media Metrobatam.com dan Media Lainnya Dilarang Liputan Kegiatan PU Pusat di Hotel Harmoni One...

Metrobatam.com, Batam - Awak Media Metrobatam.com dan Media lokal lainya pada awalnya lakukan konfimasi dengan pihak panitia Pekerjaan Umum (PU) Pusat di Hotel Harmoni One...

Desember Beroperasi, 117 Perizinan Bisa Diurus di MPP Batam

Metrobatam.com, Batam - Harapan pemerintah membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di Batam segera terwujud. Pembangunan mal pelayanan seluruh perizinan tersebut sudah berjalan 75%. Ditargetkan,...

Daun Kelor yang Melegenda, Ini Fakta dan Mitos Mistisnya

Metrobatam.com, (MB) - Dunia tak selebar daun kelor, peribahasa ini sering diungkapkan seseorang untuk menyatakan bahwa dunia ini luas. Meski kenyataannya, beberapa yang mengungkapkan...

Mayoritas Fraksi DPRD Kepri Tolak Nota Keuangan Gubernur Kepri

Metrobatam.com, Batam - Tugas berat dihadapi jajaran Pemerintah Provinsi Kepri dalam menyusun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 nanti. Nota keuangan yang dibacakan Gubernur...

Polsek Batu Aji Batam Tangkap 4 Pelaku Komplotan Jambret, Satu Didor

Metrobatam.com, Batam - Unit reserse Polsek Batuaji menangkap 4 orang pelaku spesialis penjahat jalanan seperti jambret, pada Jumat (17/11) sekira pukul 20.30 WIB lalu....

Pemusnahaan BB Bahan Pembuat Obat Terlarang, dengan Tersangka BN dan Kawan-kawan

Metrobatam.com, Batam - Sebanyak 12 Ton atau 12.000 Gram Bahan Obat Terlarang dimusnahkan oleh Ditresnarkoba Polda Kepri di PT. Desa Air Kargo Kabil Batam, Selasa...

Ada 2,7 Juta TKI di Malaysia, Menkumham: Ini Jumlah Terbesar dari Seluruh Dunia

Metrobatam, Pontianak - Tenaga kerja Indonesia (TKI) di seluruh Malaysia mencapai 2,7 juta orang. Angka ini menunjukkan bahwa Malaysia merupakan negara yang menerima TKI...

Istana ‘Serang Balik’ Fahri Hamzah Soal Jokowi dan Setnov

Metrobatam, Bogor - Pihak Istana Kepresidenan 'menyerang balik' Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah soal pernyataannyya terkait hubungan Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR...
BAGIKAN