Dramatis! Barcelona Menang 6-1 atas PSG, Lolos ke Perempatfinal

    2018

    Barcelona – Malam dramatis tersaji di Camp Nou. Barcelona membalikkan ketertinggalan 0-4 dengan menang 6-1 atas Paris Saint-Germain untuk ke perempatfinal Liga Champions.

    Menjamu PSG di Camp Nou, Kamis (9/3) dinihari WIB, Barca dalam posisi tertinggal 0-4. Sepanjang sejarah, belum ada yang pernah membalikkan ketertinggalan sebesar ini.

    Blaugrana memulai dengan meyakinkan setelah Luis Suarez membawa mereka unggul di menit ketiga. Gol bunuh diri Layvin Kurzawa di menit ke-40 kian menghidupkan kans Barca. Eksekusi penalti Lionel Messi di menit ke-50 membuat Barca semakin percaya diri. Tapi kemudian gol balasan Edinson Cavani di menit ke-62 meredupkan peluang mereka.

    Momen dramatis itu lantas terjadi di menit-menit akhir. Neymar mencetak dua gol di menit ke-88 dan 90, membuat skor sama kuat 5-5. PSG masih unggul agregat gol tandang. Di menit terakhir injury time, Sergi Roberto membuat Camp Nou bergemuruh dengan golnya.

    Jalannya Pertandingan
    Tertinggal 0-4, Barca memulai dengan agresif dan langsung mengurung PSG. Di menit ketiga, mereka langsung memetik keunggulan.

    Umpan silang Rafinha dari sisi kanan mengarah ke kotak penalti dan bola gagal diamankan pertahanan PSG. Bola melambung liar di depan gawang, yang kemudian disambar Suarez dengan sundulan.

    Upaya Kevin Trapp menghalau bola sedikit terlambat, sementara usaha Thomas Meunier untuk menyapu bola juga tak mencegah terjadinya gol. Bola sudah melewati garis gawang.

    Di menit ke-10, Javier Mascherano melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti menyusul situasi sepak pojok. Berakhir melebar ke kanan gawang.

    Tak lama berselang, PSG mengklaim penalti. Julian Draxler mencoba melepaskan umpan silang dan membentur Mascherano sebelum akhirnya bola bergulir ke luar lapangan. PSG meminta penalti, tapi wasit tak menganggap terjadi hand ball.

    Di menit ke-15, Barca mendapatkan peluang dari bola mati tak jauh dari kotak penalti PSG. Eksekusi Lionel Messi cuma melambung tipis di atas gawang.

    Tekanan dari tuan rumah berlanjut. Neymar yang menerima umpan dari Rafinha di sisi kiri, merangsek ke tengah dan mengarahkan tembakan ke tiang jauh. Tipis saja di sisi kanan gawang.

    PSG terus mendapatkan tekanan. Di menit ke-28, sepakan keras Andres Iniesta dari depan kotak penalti melesat sedikit di atas gawang.

    Tim tamu pada prosesnya berhasil mencatatkan peluang pertamanya di menit ke-31. Lucas Moura menuntaskan serangan cepat PSG dengan sepakan keras dari jarak jauh, namun tepat ke arah Marc-Andre ter Stegen.

    Kesalahan fatal hampir dibuat PSG di menit ke-35. Umpan ceroboh di daerah pertahanan sendiri diserobot Iniesta. Bola kemudian dioper ke Messi yang meneruskannya ke Suarez di sisi kanan. Hanya saja Suarez gagal mengontrol dengan baik, sehingga sepakannya tak sempurna dan mudah diamankan kiper.

    Lima menit kemudian, Barca mendapatkan gol kedua. Suarez dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan lambung ke Iniesta yang merangsek ke sisi kiri di dalam kotak penalti.

    Di bawah penjagaan ketat, Iniesta sempat mencoba mengoper dengan tumitnya. Bola gagal dihalau Kevin Trapp, sementara upaya Layvin Kurzawa menendang bola malah membuatnya masuk ke gawang sendiri.

    Tiga menit babak kedua berjalan, Barca mendapatkan penalti. Iniesta jeli melihat celah dan memberikan umpan terobosan ke Neymar. Meunier yang tak siap mencoba mengejar Neymar, tapi malah terjatuh dan kemudian menabrak penyerang Barca itu hingga terjatuh juga.

    Mulanya wasit tak meniup peluit, tapi usai berkonsultasi dengan ofisial keempat memutuskan memberikan penalti. Messi dengan sempurna menceploskan bola ke pojok kiri gawang dengan keras.

    PSG nyaris memperkecil ketertinggalan di menit ke-52. Umpan silang Meunier dari kanan dicocor Cavani, tapi bola cuma menghantam tiang gawang.

    Sepuluh menit berselang, PSG memperkecil selisih. Dari bola mati di daerah sendiri, bola lambung disundul Kurzawa dan disambar Cavani dengan sepakan voli di tengah kotak penalti.

    Berjarak dua menit, PSG hampir mencetak gol keduanya. Dalam situasi serangan balik, Draxler menyodorkan umpan terobosan dan Cavani lolos dari jebakan offside. Hanya saja sepakannya saat menghadapi Ter Stegen terhalau.

    PSG kembali merapatkan pertahanan selepas mencetak gol, membuat Barca cukup kesulitan menembus. Sebuah sepakan Neymar dari luar kotak penalti di menit ke-71 masih mudah diamankan Trapp.

    Tiga menit berselang, giliran Messi melakukan percobaan. Tapi tendangannya tak sempurna dan hanya melebar ke kanan gawang.

    PSG membuang peluang bagus untuk menambah gol di menit ke-85. Di Maria berlari bebas menghadapi kiper usai menerima umpan dari Verratti dalam situasi serangan balik. Sepakannya melebar ke kiri.

    Di menit ke-88, Barca memperlebar kembali keunggulan. Tendangan bebas Neymar dari sisi kiri melesat ke pojok kiri atas gawang.

    Memasuki masa injury time, penalti diberikan wasit untuk Barca setelah Marquinhos menjatuhkan Suarez. Neymar mengecoh Trapp dengan mengarahkan bola ke kanan dan membawa Barca unggul 5-1.

    Di menit terakhir masa injury time, Barca mencetak gol! Umpan lambung Neymar dicocor Sergi Roberto yang lolos dari perangkap offside dan menaklukkan Trapp. Laga berakhir tak lama kemudian.

    Susunan pemain:
    Barcelona: Ter Stegen; Pique, Mascherano, Umtiti; Rakitic (Gomes 84′), Busquets, Iniesta (Turan 65′), Rafinha (Roberto 76′); Messi, Suarez, Neymar

    Paris Saint-Germain: Trapp; Meunier (Krychowiak 93′), Marquinhos, Silva, Kurzawa; Rabiot, Verratti, Matuidi; Lucas (Di Maria 55′), Cavani, Draxler (Aurier 75′).(mb/detik)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Belum Ditemukan Dugaan Sabu di Kapal Win Long BH2998

    Metrobatam.com, Karimun - Petugas gabungan TNI, Polri dan Bea dan Cukai hingga Sabtu petang belum menemukan narkotika jenis sabu-sabu yang diduga dibawa kapal asing,...

    Ketua Korcab IV DJAB Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Hang Tuah Tanjungpinang

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ny. Irmelda R. Eko Suyatno selaku Anggota Pengawas Yayasan Hang Tuah...

    Pelaku Penggelapan Ditangkap Polsek Batam Kota

    Metrobatam.com, Batam - Jajaran Polsek Batam Kota berhasil mengamankan 1 (Satu) Orang Tersangka pelaku Tindak Pidana Penggelapan, Batam (24/02/2018) Tersangka merupakan karyawan toko King Of...

    Hanya Tunjukan KTP, Bayi David Alfian dapat Fasilitas Berobat Gratis

    Metrobatam.com, Bintan - David Alfian (5 bulan) Warga Kampung Bangun Rejo, Km.18 , Kecamatan Bintan Timur, Kijang. saat pertama kali datang ke RSUD Kabupaten...

    Tim Gabungan Polri- Bea Cukai Kembali Tangkap Kapal Diduga Angkut 3 Ton Sabu di...

    Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan tim gabungan Polri dan Bea-Cukai kembali menangkap kapal laut di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Kapal itu...

    Kapolri dan Menkeu Ekspos Tangkapan Sabu 1,6 Ton di Batam

    Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengecek lokasi dan barang bukti 1,6 ton sabu di Pelabuhan Sekupang, Batam,...

    Terciduk, Pengemis Ini Bawa Uang Rp 43 Juta

    Metrobatam, Tasikmalaya - Aparat Satpol PP Kota Tasikmalaya kaget saat menciduk Epon (49). Pengemis tersebut yang kedapatan membawa gepokan uang dan sejumlah perhiasan emas...

    Longsor Brebes, Tim SAR Temukan Potongan Jasad Korban

    Metrobatam, Jakarta - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan Polri, TNI dan Basarnas menemukan tiga potongan tubuh yang diduga merupakan korban longsor Bukit Lio,...

    Terdakwa Bom Thamrin Aman Abdurrahman Tolak Baca Eksepsi

    Metrobatam, Jakarta - Oman Rochman alias Aman Abdurrahman, terdakwa kasus teror bom Thamrin tahun 2016 menolak membacakan nota keberatan atau eksepsi di depan majelis...

    Wiranto dan Tito Sepakat Batalkan Jenderal Jadi Pj Gubernur

    Metrobatam, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto membatalkan usulan jenderal polisi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur setelah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal...

    Duet Susi-Sri Mulyani Selamatkan Bayi Lobster Rp 14,4 M

    Metrobatam, Tangerang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan terkait penggagalan penyelundupan benih lobster yang rencananya...

    PPP Duga Ada Orang Kuat di Balik Penyerangan Tokoh Agama, Partai Rame-rame Membantah

    Metrobatam, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy menduga ada orang kuat yang mendesain penyerangan terhadap ulama dan tokoh agama yang...
    BAGIKAN