Gol Tunggal Rakitic Menangkan Barca di Kandang Bilbao

262

Metrobatam, Bilbao – Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 di kandang Athletic Bilbao. Los Cules patut berterima kasih kepada Ivan Rakitic yang mencetak gol tunggal kemenangan.

Pada laga pekan kedua La Liga yang dihelat di San Mames, Senin (29/8/2016) dinihari WIB, Barca memang menguasai jalannya pertandingan dengan 60 persen ball possesion.

Tapi Sportradar mencatat Bilbao juga mampu memberi perlawanan dengan total 8 attempts, empat di antaranya mengarah ke sasaran. Sementara itu Barca malah hanya tiga yang tepat sasaran dari total 10 attempts.

Satu dari tiga attempts on target itu berbuah gol kemenangan yang dibuat Rakitic di menit ke-21. Tambahan tiga poin ini membuat Barca kokoh di posisi kedua klasemen dengan enam poin, sama dengan Las Palmas di puncak dan Real Madrid di posisi ketiga.Sementara Bilbao ada di urutan ke-18 dengan dua kekalahan beruntunnya.

Jalannya Pertandingan
Barca langsung tancap gas sejak menit awal dengan menekan pertahanan Bilbao. Tapi ketatnya barisan belakang tuan rumah membuat Barca sulit menciptakan peluang.

Pada menit ke-12 Bilbao jusru mampu bikin peluang pertama di laga ini ketika Marc-Andre Ter Stegen membuat kesalahan saat mengoper bola tanggung yang dipotong oleh Benat Extebarria. Untungnya Ter Stegen mampu menghentikan bola sepakan Benat.

Di menit ke-20 Barca nyaris bikin gol juga ketika Lionel Messi mendapat bola terobosan di kotak penalti Bilbao. Tapi Gorka Iraizoz dengan cepat keluar dari sarang dan memotong laju bola.

Tapi, semenit kemudian Iraizoz harus melihat gawangnya kebobolan oleh gol Rakitic. Diawali serangan balik cepat Barca dari lini tengah, Denis Suarez yang merebut bola mengoper kepada Luis Suarez dan diteruskannya ke sisi kiri.

Di sana ada Arda Turan yang sejenak menahan bola dan begitu melihat Rakitic datang dari belakang, bola diangkat ke tengah kotak penalti dan disundul sempurna oleh Rakitic.

Bilbao lantas coba menekan Barca meski beberapa kali harus kandas di kaki Samuel Umtiti atau Gerard Pique yang cakap mengawal lini pertahanan timnya.

Barca bikin peluang di menit ke-37 lewat tandukan Messi meneruskan umpan Suarez. Tapi Iraizoz mampu menepisnya dengan sigap.

Tiga menit setelahnya giliran Ter Stegen yang diuji oleh Aritz Aduriz tapi sepakannya bisa dihadang.

Di menit akhir babak ini, umpan terobosan Messi kepada Turan yang tinggal berhadapan dengan Iraizoz. Tapi tendangannya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Masuk di babak kedua, Bilbao coba mencari gol penyama kedudukan. Di menit ke-48 Americ Laporte meneruskan bola sepak pojok Bernat lewat kepalanya. Sayang bola masih melayang di atas mistar.

Messi melakukan aksi individu di menit ke-54 melewati 2-3 pemain tapi sepakan akhirnya menyamping sedikit di sisi kanan.

Di menit ke-58 Barca melakukan proses serangan yang apik dari sisi kanan. Sergi Roberto melakukan akselerasi yang diakhiri crossing ke kotak penalti dan sepakan voli Suarez menunggu si kulit bundar tapi arahnya masih melenceng.

Raul Garcia yang masuk sebagai pemain pengganti mengalahkan Jordi Alba dalam duel satu lawan satu di menit ke-68. Namun, bola hasil tendangan Garcia masih bisa ditepis Ter Stegen.

Tiga menit kemudian kerjasama Turan, Suarez, dan Messi membongkar pertahanan Bilbao. Sayangnya, Messi yang jadi penyelesai gagal menjaga akurasi tembakan.

Usaha Bilbao hingga akhir pertandingan untuk menciptakan gol tidak tercapai. Malah mereka nyaris kebobolan ketika Suarez dalam posisi bebas bikin gol di masa injury time, tapi sepakannya bisa dihalau pemain Bilbao.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Boveda, Laporte, Balenziaga; Iturraspe (Arruti 62′), Benat; Williams, Eraso (Escudero 62′), Susaeta (75′); Aduriz.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti (Mascherano 72′), Alba; Rakitic, Busquets, D.Suarez (Andre Gomes 72′); Messi, L.Suarez, Turan (Rafinha 84′).(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Ibu Hj Deby Apri Sujadi : Manfaatkan Fasilitas Puskesmas dan Posyandu Terdekat

Metrobatam.com, Bintan - Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi mengatakan bahwa dirinya mengharapkan agar masyarakat terutama kaum ibu, benar-benar dapat...

Wow! Bright PLN Batam Promo Granada dan Pasang Baru Selama PLN Fair

Metrobatam.com, Batam - PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam akan memperlihatkan berbagai produk dan program teranyar pada  pameran kelistrikan (PLN Fair) yang digelar selama...

Bupati Bintan Instruksikan Kedes Gunakan Dana Desa dengan Benar dan Sesuai Aturan

Metrobatam.com, Bintan - Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kepolisian Republik Indonesia resmi telah melakukan Memorandum Of Understanding...

Komisi III DPRD Kepri Dan BALP Pemprov Kepri Studi Banding ke Bandung

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komisi III DPRD Provinsi Kepri bersama dengan BALP (Biro Administrasi Layanan Pengadaan) Pemerintah Provinsi Kepri, melaksanakan studi banding ke Pemerintah Kota...

HUT Partai Golkar Ke-53, Tetap Jaya dan Bersatu

Metrobatam.com, Batam - Ketua DPD II Partai Golkar Kota, Ruslan M Ali Wasyim memberikan apresiasi kepada seluruh pengurus, kader dan keluarga besar Partai Golkar....

90 Kapal Maling Ikan Antre Ditenggelamkan Susi

Metrobatam, Jakarta - Penenggelaman kapal merupakan salah satu kebijakan tegas yang dilakukan pemerintah guna melawan pencurian ikan atau illegal fishing di perairan Indonesia. Per Agustus...

BBM Satu Harga Tekan Harga Solar di Natuna

Metrobatam, Natuna - Program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menuai hasil. Beberapa wilayah di Indonesia timur...

Negara Lain Mulai Lirik Cara Susi Berantas Maling Ikan

Metrobatam, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, selama ini gencar memberantas maling ikan di. Mulai dari menyita hingga menenggelamkan kapal maling ikan...

Penyelundupan Pil Koplo Dalam Tahu Goreng Berhasil Digagalkan

Metrobatam, Blitar - Petugas Lapas Kls 2B Blitar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan pil koplo. Pil koplo ditemukan di dalam tahu goreng yang dikirim pembesuk. "Insting...

Memalukan! Belasan Oknum Polisi Keroyok Siswa SMA Gara-Gara Rebutan Cewek

Metrobatam.com, Serang - Aksi penganiayaan menimpa salah seorang siswa SMK di Kota Serang bernama AS (17). Penganiayaan diduga dilakukan oleh belasan oknum anggota Polda...

Curi Kulit Manis di Kebun Mendagri, Arief Dihajar dan Motornya Dibakar

Metrobatam, Merangin - Aksi pencurian yang dilakukan oleh tiga pemuda di perkebunan kulit manis milik Mendagri (39) warga Desa Nilo Dingin kecamatan Lembah Masurai,...

Jokowi Dinilai Berhasil, PDIP Kawal Hingga Habis Masa Jabatan

Metrobatam, Jakarta - Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) mengklaim Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla berhasil merombak perekonomian Indonesia menjadi lebih kompetitif. Pasangan itu...
BAGIKAN