Gol Tunggal Rakitic Menangkan Barca di Kandang Bilbao

Metrobatam, Bilbao – Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 di kandang Athletic Bilbao. Los Cules patut berterima kasih kepada Ivan Rakitic yang mencetak gol tunggal kemenangan.

Pada laga pekan kedua La Liga yang dihelat di San Mames, Senin (29/8/2016) dinihari WIB, Barca memang menguasai jalannya pertandingan dengan 60 persen ball possesion.

Tapi Sportradar mencatat Bilbao juga mampu memberi perlawanan dengan total 8 attempts, empat di antaranya mengarah ke sasaran. Sementara itu Barca malah hanya tiga yang tepat sasaran dari total 10 attempts.

Satu dari tiga attempts on target itu berbuah gol kemenangan yang dibuat Rakitic di menit ke-21. Tambahan tiga poin ini membuat Barca kokoh di posisi kedua klasemen dengan enam poin, sama dengan Las Palmas di puncak dan Real Madrid di posisi ketiga.Sementara Bilbao ada di urutan ke-18 dengan dua kekalahan beruntunnya.

Jalannya Pertandingan
Barca langsung tancap gas sejak menit awal dengan menekan pertahanan Bilbao. Tapi ketatnya barisan belakang tuan rumah membuat Barca sulit menciptakan peluang.

Pada menit ke-12 Bilbao jusru mampu bikin peluang pertama di laga ini ketika Marc-Andre Ter Stegen membuat kesalahan saat mengoper bola tanggung yang dipotong oleh Benat Extebarria. Untungnya Ter Stegen mampu menghentikan bola sepakan Benat.

Di menit ke-20 Barca nyaris bikin gol juga ketika Lionel Messi mendapat bola terobosan di kotak penalti Bilbao. Tapi Gorka Iraizoz dengan cepat keluar dari sarang dan memotong laju bola.

Tapi, semenit kemudian Iraizoz harus melihat gawangnya kebobolan oleh gol Rakitic. Diawali serangan balik cepat Barca dari lini tengah, Denis Suarez yang merebut bola mengoper kepada Luis Suarez dan diteruskannya ke sisi kiri.

Di sana ada Arda Turan yang sejenak menahan bola dan begitu melihat Rakitic datang dari belakang, bola diangkat ke tengah kotak penalti dan disundul sempurna oleh Rakitic.

Bilbao lantas coba menekan Barca meski beberapa kali harus kandas di kaki Samuel Umtiti atau Gerard Pique yang cakap mengawal lini pertahanan timnya.

Barca bikin peluang di menit ke-37 lewat tandukan Messi meneruskan umpan Suarez. Tapi Iraizoz mampu menepisnya dengan sigap.

Tiga menit setelahnya giliran Ter Stegen yang diuji oleh Aritz Aduriz tapi sepakannya bisa dihadang.

Di menit akhir babak ini, umpan terobosan Messi kepada Turan yang tinggal berhadapan dengan Iraizoz. Tapi tendangannya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Masuk di babak kedua, Bilbao coba mencari gol penyama kedudukan. Di menit ke-48 Americ Laporte meneruskan bola sepak pojok Bernat lewat kepalanya. Sayang bola masih melayang di atas mistar.

Messi melakukan aksi individu di menit ke-54 melewati 2-3 pemain tapi sepakan akhirnya menyamping sedikit di sisi kanan.

Di menit ke-58 Barca melakukan proses serangan yang apik dari sisi kanan. Sergi Roberto melakukan akselerasi yang diakhiri crossing ke kotak penalti dan sepakan voli Suarez menunggu si kulit bundar tapi arahnya masih melenceng.

Raul Garcia yang masuk sebagai pemain pengganti mengalahkan Jordi Alba dalam duel satu lawan satu di menit ke-68. Namun, bola hasil tendangan Garcia masih bisa ditepis Ter Stegen.

Tiga menit kemudian kerjasama Turan, Suarez, dan Messi membongkar pertahanan Bilbao. Sayangnya, Messi yang jadi penyelesai gagal menjaga akurasi tembakan.

Usaha Bilbao hingga akhir pertandingan untuk menciptakan gol tidak tercapai. Malah mereka nyaris kebobolan ketika Suarez dalam posisi bebas bikin gol di masa injury time, tapi sepakannya bisa dihalau pemain Bilbao.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Boveda, Laporte, Balenziaga; Iturraspe (Arruti 62′), Benat; Williams, Eraso (Escudero 62′), Susaeta (75′); Aduriz.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti (Mascherano 72′), Alba; Rakitic, Busquets, D.Suarez (Andre Gomes 72′); Messi, L.Suarez, Turan (Rafinha 84′).(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kampus Terpapar Radikalisme, PBNU Ingatkan Rektor Pantau Mahasiswa dan Dosen

Metrobatam, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebutkan hampir semua perguruan tinggi negeri sudah terpapar paham radikalisme. Fakta itu harus segera disikapi sebelum...

Beredar Luas Video Porno Mirip Anggota DPR Aryo Djojohadikusumo, Ini Kata MKD

Metrobatam, Jakarta - Sebuah video syur dengan pemeran pria disebut-sebut mirip Anggota DPR Fraksi Gerindra Aryo Djojohadikusumo beredar luas di dunia maya. Apa tanggapan...

Ketua Komisi II DPR Minta e-KTP Rusak di Bogor Segera Dimusnahkan

Metrobatam, Jakarta - Kemendagri memastikan satu dus dan seperempat karung e-KTP yang tercecer di Bogor merupakan e-KTP rusak. Komisi II DPR mendorong agar e-KTP...

KN Belut Laut Bakamla Tangkap Kapal Muatan Kabel Optik Ilegal di Perairan Bintan

Metrobatam, Bintan - KN Belut Laut 4806 Bakamla menangkap kapal bermuatan 5 ton kabel optik diduga hasil jarahan dari bawah laut, di perairan sebelah...

Suriah Deportasi Seorang Mahasiswi yang Diduga Terlibat ISIS

Metrobatam, Jakarta - Seorang mahasiswi IAIN Tulungagung, Jawa Timur, dilaporkan telah dideportasi dari negara Suriah menggunakan pesawat Turkish Airlines TK-056 karena diduga terlibat jaringan...

Soal Gaji Ketua Dewan Pengarah BPIP, PDIP: Megawati Tak Pernah Berpikir Gaji

Metrobatam, Jakarta - Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) digaji Rp 112 juta per bulan. PDIP menegaskan Mega tak...

Ini Nyanyian Juergen Klopp Usai Gagal di Final Liga Champions

Kiev - Juergen Klopp tak berlama-lama larut dalam kekecewaan usai Liverpool gagal di final Liga Champions 2018. Klopp asyik menyanyi sebelum kembali ke markas...

118 TKI Ilegal Dideportasi dari Malaysia Melalui PLBN Entikong

Metrobatam, Sanggau - Sebanyak 118 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diduga ilegal dideportasi dari Sarawak, Malaysia hari ini. Para TKI laki-laki dan perempuan ini dipulangkan...

JK Kritik Pembagian Takjil Berlabel #2019GantiPresiden

Metrobatam, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut pemberian bantuan atau sedekah selama bulan Ramadan seharusnya tak bermuatan politis. Pernyataan JK tersebut menanggapi pembagian...

Salah: Aku Seorang Petarung, Yakin Main di Piala Dunia 2018

Liverpool - Mohamed Salah menegaskan bahwa dirinya adalah seorang petarung. Salah pun yakin bisa pulih dari cedera dan tampil di Piala Dunia 2018. Salah mengalami...

Tantang Amerika Serikat, China Kirim Kapal Perang ke Laut Cina Selatan

BEIJING - Militer China mengumumkan mereka telah mengirim kapal perang untuk menantang dua kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang berlayar di perairan Laut...

Bercanda Ada Bom, Penumpang Lion Air Tujuan Kuala Lumpur Diserahkan ke Polisi

Metrobatam, Tangerang - Penerbangan pesawat Lion Air JT280 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL)...
BAGIKAN