Hasil City Vs Shakhtar: Gabriel Jesus Hat-trick, The Citizens Menang 6-0

oleh

Manchester – Manchester City membukukan kemenangan besar saat menjamu Shakhtar Donetsk. City menang 6-0 untuk membuka jalan menuju babak 16 besar Liga Champions.

Dalam pertandingan matchday 4 Liga Champions di Etihad Stadium, Kamis (8/11) dini hari WIB, Gabriel Jesus jadi bintang kemenangan City. Ia memborong tiga gol dalam kemenangan ini.

City sudah unggul dua gol di babak pertama lewat gol David Silva dan penalti Jesus. Di paruh kedua, City menambah empat gol. Jesus mencetak dua gol ditambah gol dari Raheem Sterling dan Riyad Mahrez.

Dengan kemenangan ini, City memuncaki klasemen Grup F dengan sembilan poin dari empat pertandingan. City butuh kemenangan atas Lyon di laga berikutnya pada 27 November untuk lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, Shakhtar ada di dasar klasemen Grup F dengan dua poin.

Jalannya Pertandingan

City seperti biasa langsung mengambil inisiatif menyerang. City menguasai permainan sejak menit-menit awal.

Meski demikian, Shakhtar yang lebih dulu menciptakan peluang. Moraes melepaskan tembakan usai menerima bola dari Mayvenko. Namun tembakannya dihentikan oleh Ederson.

City lantas membuka keunggulan di menit ke-13. Riyad Mahrez bergerak dari sisi kanan dan mencoba mengecoh barisan pertahanan Shakhtar. Mahrez kemudian melepaskan umpan ke depan gawang yang dituntaskan dengan sempurna oleh David Silva.

Upaya Shahktar untuk mencetak gol balasan menemui kesulitan. Tak banyak menguasai bola, Shakhtar pun kesulitan membangun serangan.

Pada menit ke-24, City mendapat penalti. Wasit menilai ada pelanggaran terhadap Raheem Sterling oleh Matviyenko. Namun jika melihat tayangan ulang, Sterling tersandung saat menggiring bola di kotak penalti.

Gabriel Jesus maju sebagai eksekutor. Ia dengan sempurna menjalankan tugasnya untuk menggandakan keunggulan City.

Jesus mendapat peluang bagus untuk menambah gol City. Namun ia terlalu lama memegang bola dan ditekel oleh Sergey Krivtsov.

Bernardo Silva nyaris bikin gol untuk City. Gelandang asal Portugal itu melakukan penetrasi dan kemudian melepaskan tembakan. Bola membentur dan melambung di atas mistar gawang.

Memasuki babak kedua, City tak butuh waktu lama untuk menambah gol. Di menit ke-48, giliran Sterling yang menjebol gawang Shakhtar.

Usai menerima bola dari Zinchenko, Sterling dengan cepat menggiring bola hingga ke kotak penalti. Ia kemudian melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh.

Usai City unggul tiga gol, tempo permainan sedikit menurun. Meski demikian, Shahktar masih kesulitan menciptakan peluang.

City kembali mendapat penalti di menit ke-71. Wasit menunjuk titik putih setelah David Silva dijatuhkan oleh Taras Stepanenko. Jesus sekali lagi menaklukkan Pyatov untuk membawa City unggul 4-0.

Mahrez mencoba menambah gol City. Namun sepakannya dari sisi kanan kotak penalti masih melebar dari gawang Shakhtar.

Mahrez akhirnya benar-benar menjebol gawang Shakhtar di menit ke-84. City menyerang balik dengan cepat dan Ilkay Guendogan yang ada di sisi kiri kemudian mengoper bola kepada Mahrez yang ada di sisi kanan kotak penalti. Berdiri bebas, Mahrez kemudian melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang Shakhtar.

Di masa injury time, City menambah gol lagi. Gabriel Jesus mencetak hat-trick untuk menggenapkan kemenangan City menjadi 6-0.

Gol ini berawal dari Mahrez yang mencuri bola dari Alan Patrick dan kemudian mengoper kepada Jesus. Pyatov keluar dari sarangnya dan Jesus memutuskan untuk mengangkat bola melewati kiper Shakhtar itu. Bola meluncur mulus ke gawang yang sudah kosong.

Susunan Pemain

Man City: Ederson, Walker (Danilo 61′), Stones, Laporte, Zinchenko, Bernardo Silva, Fernandinho (Delph 76′), Silva (Guendogan 73′), Mahrez, Gabriel Jesus, Sterling

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Matviyenko, Kryvtsov, Rakitskiy, Ismaily, Stepanenko, Maycon (Alan Patrick 77′), Taison (Washington Nem 77′), Kovalenko, Bolbat, Junior Moraes (Kayode 63′). (mb/detik)