Indonesia Mengutuk, Menhan AS: Perang dengan Korut Bisa Jadi Bencana Besar

3234

Metrobatam, Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Jim Mattis, memperingatkan bahwa perang dengan Korea Utara dapat menjadi bencana sehingga upaya diplomasi harus terus digalakkan.

“Upaya Amerika dilakukan secara diplomatis, untuk mendapatkan hasil diplomatis, dan saya ingin terus seperti itu sekarang ini. Tragedi perang sudah diketahui dan tak perlu digambarkan lagi selain dengan kata bencana besar,” ujar Mattis, sebagaimana dilansir Reuters.

Mattis tak menjabarkan lebih lanjut maksud dari jalur diplomasi tersebut. Namun pada akhir pekan lalu, AS dan anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa lainnya sepakat menjatuhkan sanksi baru untuk menekan Korut agar menghentikan program rudal dan nuklirnya.

Melalui resolusi itu, PBB akan memangkas nilai ekspor Korut hingga US$1 miliar atau setara Rp13,3 triliun.

PBB juga melarang seluruh ekspor batu bara, besi dan bijih besi, timah dan bijih timah, serta ikan dan makanan laut dari Korut. Secara keseluruhan, sanksi PBB akan memangkas sepertiga nilai ekspor tahunan Korut.

Sanksi ini memicu amarah Korut yang kemudian mengancam akan menembakkan rudal ke Guam, wilayah AS di Pasifik. Korut bahkan sudah mulai membeberkan rencana detail penyerangan tersebut.

“Rudal Hwasong-12 akan diluncurkan oleh KPA [Tentara Rakyat Korea] dan akan melintasi langit Shimane, Hiroshima, dan Koichi di Jepang. Rudal itu akan melesat sejauh 3.356,7 kilometer selama 1.065 detik dan menghantam perairan sejauh 30 sampai 30 kilometer dari Guam,” tulis kantor berita pemerintah Korut, KCNA.

Ini Kata Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali memperingatkan Korea Utara (Korut) di tengah memanasnya ketegangan. Trump menyebut Korut seharusnya sangat, sangat cemas jika memang jadi menyerang AS.

Berbicara di klub golfnya di Bedminster, New Jersey, Kamis (10/8) waktu setempat, Trump menyebut pernyataan sebelumnya soal Korut tidaklah terlalu keras. Meskipun Trump sebelumnya mengancam akan menyerang Korut.

“Seperti yang saya katakan, mereka akan disambut dengan api dan kemarahan dan sejujurnya, kekuatan,” cetus Trump, beberapa waktu.

Dalam pernyataan terbarunya, seperti dilansir BBC, Jumat (11/8), Trump menyebut pemerintahan AS sebelumnya terlalu lemah pada Korut. Trump juga menegur China, sekutu dekat Korut, yang disebutnya tidak berbuat banyak.

“Saya akan memberi tahu Anda ini, jika Korea Utara melakukan apa pun, bahkan berpikir untuk menyerang siapa saja, yang kita cintai atau kita wakili atau sekutu kita atau kita sendiri, mereka seharusnya sangat, sangat cemas,” ucap Trump.

“Saya akan memberitahu Anda kenapa… karena akan terjadi kepada mereka hal-hal yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya,” imbuhnya.

Namun Trump juga menambahkan, AS masih selalu mempertimbangkan perundingan untuk setiap konflik.

“Saya ingin memberi tahu Anda ini, Korea Utara sebaiknya memperbaiki perilaku mereka atau mereka akan dilanda masalah seperti sejumlah kecil negara lainnya,” ucapnya, tanpa menjelaskan negara-negara yang dimaksud.

Pernyataan Trump ini disampaikan setelah Korut mengungkapkan rencana serangan rudal ke Guam secara rinci. Korut mengklaim akan menembakkan empat rudal balistik jarak menengah jenis Hwasong-12 ke Guam. Korut mengklaim rudal-rudalnya akan mengudara sejauh 3.365 kilometer dalam waktu 1.065 detik atau 17 menit 45 detik saja.

Menghadapi ancaman itu, AS dan otoritas Guam cenderung tenang. Mereka yakin sistem pertahanan rudal yang ada di berbagai wilayah AS akan mampu menangkal serangan Korut.

Indonesia Mengutuk

Indonesia mengutuk keras rencana Korea Utara menyerang Guam, wilayah Amerika Serikat di Pasifik, dengan rudal. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan Indonesia sejak dulu mengutuk percobaan nuklir Korut.

“Indonesia sudah sejak lama mengutuk dengan keras percobaan nuklir Korea Utara karena Indonesia selalu mengutamakan perdamaian, perdamaian, dan perdamaian,” kata Wiranto saat berceramah kepada 185 peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) di kantor Lembaga Ketahanan Nasional, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (11/8).

Wiranto menyebut uji coba nuklir Korea Utara menjadi salah satu pokok bahasan penting isu keamanan di kawasan ASEAN. Hal ini menjadi perhatian khusus pertemuan sejumlah menteri luar negeri dalam KTT ASEAN di Manila. Presiden Filipina Rodrigo Duterte memandang uji coba nuklir Korut dapat memicu perang nuklir yang membahayakan seluruh negara.

“Pidato Presiden Duterte menarik dalam menghadapi ini. Saya ingat kata-kata itu, ini menyangkut nasib kita, saya bicara ini karena mungkin tahun depan kita nggak bisa bicara lagi mengapa, karena percobaan nuklir Korea Utara, kalau dia picu perang nuklir, kita mati semua,” ujarnya.

Sejumlah anggota KTT ASEAN menekan Korut agar menghentikan program rudal dan nuklirnya serta mematuhi resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Wiranto menyebut Durterte mengajak seluruh negara di ASEAN ikut berperan mencegah uji coba nuklir Korut.

“Dia (Duterte) mengajak negara ASEAN kita sama-sama mencegah percobaan nuklir yang membahayakan kita semua. Dia (Korea Utara) serang Amerika Serikat nggak apa-apa, tapi kalau Amerika balas, kita semua mati di sini, joke-joke yang cukup menarik, cukup cerdas,” imbuhnya.(mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Pensiunan PNS Dapat THR Tahun Depan

Metrobatam.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, gaji pokok untuk pegawai negeri sipil ( PNS) tidak mengalami kenaikan pada tahun 2018. Namun demikian,...

Anak-anak Gaza Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

Metrobatam.com, Palestina - Genap 72 tahun Indonesia menikmati manisnya kemerdekaan. Genap 72 tahun yang lalu pula ucapan 'Selamat Kemerdekaan' datang dari Mufti Besar Palestina,...

Upacara Peringatan HUT RI ke 72 Polda Kepri

Metrobatam.com, Batam - Dirgahayu Republik Indonesia. Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 adalah hari  Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun. Seluruh...

Panguyuban Punggowo akan Gelar Silaturahmi Bersama Warga Jawa di Dataran Engku Putri

Metrobatam.com, Batam - Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) berencana akan menggelar Halal Bihalal bersama warga Jawa yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (27/8)...

Perusahaan Asal Singapura Investasi Rp50 Miliar di Batam

Metrobatam.com, Batam - PT Fagioli Indonesia Corp, perusahaan asal Singapura berinvestasi sebesar Rp50 miliar di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dengan memanfaatkan...

25 Orang Atlet Olahraga Air Lantamal IV Dilepas Danlantamal IV

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI R. Eko Suyatno melepas 25 orang Atlet kontingen Olahraga Air yang terdiri...

Pemkab Bintan Anugerahi Satyalancana Karya Satya Kepada ASN

Metrobatam.com, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan menganugrahi Satyalencana Karya Satya X tahun kepada 281 orang, Satyalencana Karya Satya XX tahun berjumlah 98 orang, dan...

Jokowi Tegaskan Dukung Penguatan KPK

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan, keputusan pemerintah untuk mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi tidak pernah berubah. Jokowi bahkan menegaskan, pemerintahannya akan terus mendukung...

Berhasil Ledakkan Bom Kimia di Istana Negara, Teroris Bandung akan ‘Jihad’ ke Marawi

Metrobatam, Bandung - Densus 88 Antiteror menangkap lima orang terduga teroris di Bandung, Jawa Barat, kemarin. Mereka diduga ingin berangkat ke Marawi, Filipina untuk...

Pejabat Kemendes Saweran Duit Suap ke Auditor BPK, Ini Rinciannya

Metrobatam, Jakarta - Duit suap yang diberikan Irjen Kementerian Desa PDTT Sugito ke auditor BPK Rochmadi Saptogiri disebut jaksa pada KPK berasal dari saweran...

Ayah Menangis Histeris Gendong Anaknya yang Tewas, Warga Malah Cuek Menonton

Metrobatam, Batam - Sangat mengherankan fenomena sosial yang terjadi di sebuah ruas jalan di Kota Batam ini. Belum lama ini beredar sebuah video yang...

Kocak! Takut Disuntik, Siswi SD Ini Kabur lalu Tendang Alat Vital Gurunya

Menghadapi jarum suntik memang menjadi momok menakutkan bagi setiap anak kecil. Tak terkecuali bagi siswi sekolah dasar ini. Sebuah video menunjukkan siswi SD sedang...