Ini 10 Mitos Keliru Seputar Baterai Smartphone

556

Metrobatam.com, (Mb) – Baterai mungkin adalah salah satu komponen yang paling sering ditanyakan dari sebuah ponsel. “Bagaimana cara mengisi yang benar?” atau “Haruskah saya mengisi baterainya sepanjang malam?” adalah dua contoh pertanyaan yang sering diajukan.

Sayangnya, informasi soal baterai cenderung simpang siur dan tak jarang saling bertentangan sehingga menimbulkan mitos keliru. Pengguna pun bisa dibuat bingung.

Apa saja mitos keliru yang sering diutarakan soal baterai ponsel? Berikut ini daftar sepuluh di antaranya, sebagaimana dirangkum dari Tech Republic, Sabtu (9/7/2015).

1. Baterai punya “ingatan”

Anda mungkin pernah mendengar saran agar secara rutin mengosongkan seluruh kapasitas baterai kemudian mengisinya penuh-penuh agar “ingat” dengan kapasitas aslinya. Ada pula anjuran untuk tak mengisi baterai sebelum kosong.

Mitos ini sebenarnya salah karena siklus pengisian seperti itu tak mempengaruhi kinerja baterai. Sering-sering mengisi baterai sebelum benar-benar habis pun tak akan merusaknya. Efek ingatan alias “memory effect” memang pernah berlaku untuk baterai Ni-cad lama, tapi baterai Lithium Ion modern tak terdampak.

2. Baterai harus diisi dengan charger bawaan

Beberapa charger berkualitas buruk bisa berbahaya buat ponsel. Namun bukan berarti Anda harus selalu memakai charger bawaan ponsel untuk mengisi baterainya.

Charger USB manapun bisa dipakai untuk mengisi baterai ponsel, tapi kinerjanya akan berbeda-beda. Charger yang mampu menyalurkan arus 2 ampere, misalnya, bakal mengisi baterai lebih cepat dibandingkan charger 1 ampere.

Ada juga beberapa kemampuan khusus seperti fast charging yang hanya bisa digunakan apabila ponsel diisi dengan charger bawaan.

3. Baterai ponsel akan rusak apabila diisi semalaman

Menancapkan ponsel ke charger sebelum tidur adalah kebiasaan yang lazim dilakukan banyak orang, mungkin juga termasuk kamu. Nah, apakah hal ini bisa mengakibatkan “overload” atau merusak baterai?

Jawabannya adalah tidak. Ponsel masa kini sudah cukup “pintar” untuk memutus arus listik secara otomatis ketika baterai sudah terisi penuh, walaupun ia masih tersambung ke charger.

4. Jangan pakai ponsel saat di-charge

Menggunakan ponsel saat sedang tersambung ke charger tidak akan berpengaruh buruk pada baterai. Entah digunakan atau tidak, baterai ponsel akan terisi seperti yang seharusnya.

Lagipula, ponsel kerapkali mengaktifkan dirinya sendiri ketika sedang di-charge, misalnya untuk mengunduh update software lewat Wi-Fi ataui sinkronisasi data. Jadi, jangan takut untuk memakai ponsel saat sedang diisi baterainya.

5. Mematikan ponsel bisa merusak baterai

Baterai di ponsel tidak akan rusak apabila perangkat dimatikan. Memang, kapasitas baterai sedikit demi sedikit akan berkurang ketika perangkat dimatikan dan disimpan dalam waktu lama, tapi hal ini normal terjadi dan tak perlu dicemaskan.

Anda pun bisa mematikan dan melepas baterai (apabila memungkinkan) tanpa perlu khawatir. Tak ada salahnya pula mematikan ponsel beberapa saat untuk “mengistirahatkan” perangkat. Proses reboot yang dilakukan setelahnya bahkan bisa menyelesaikan beberapa masalah terkait fungsi baterai.

6. Baterai ponsel harus diisi penuh sebelum digunakan

Banyak orang mengisi baterai ponsel hingga mencapai 100 persen sebelum mulai menggunakannya. Ini keliru karena tak ada keuntungan apapun yang bisa diperoleh dari hal tersebut.

Bahkan, baterai ponsel sebenarnya bekerja optimal ketika kapasitasnya berada di angka 40 persen hingga 80 persen.  Baterai kebanyakan ponsel juga diisi setengah penuh dari pabrik sehingga kamu bisa langsung menggunakannya begitu dikeluarkan dari kemasan.

7. Menaruh baterai di freezer/menjemur bisa memperpanjang umurnya

Mitos yang satu ini berasal dari masa lalu dan sama sekali tidak benar, apalagi bagi baterai Lithium-Ion modern yang justru bisa mengalami kerusakan akibat panas atau dingin berlebih.

8. Berselancar di internet adalah kegiatan paling menguras baterai

Kegiatan yang paling menyita kinerja adalah bermain game 3D yang rakus sumberdaya. Karena itu, bermain game juga merupakan kegiatan yang paling menguras baterai.

Berselancar di internet pun bisa cukup berdampak pada kapasitas baterai, tergantung jenis konten yang diakses. Online gaming dan video YouTube, misalnya, akan lebih cepat mengurangi daya tahan baterai ketimbang browsing konten berbasis teks.

9. Mematikan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS akan memperpanjang umur baterai

Ketiga fungsi ini hanya akan memakai listrik ketika dijalankan, misalnya GPS yang akan aktif ketika pengguna menjalankan aplikasi pemetaan. Menyalakan Bluetooh, GPS, dan Wi-Fi pun tak akan terlalu berpengaruh pada kapasitas baterai secara keseluruhan.

Masih ingin menghemat baterai? Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar karena komponen ini adalah yang paling menguras daya baterai pada ponsel.

10. Task manager membantu baterai bertahan lebih lama

Aplikasi task manager pihak ketiga sebenarnya tak membantu memperpanjang masa hidup baterai lebih lama dibanding task manager bawaan, meskipun menawarkan kemampuan untuk memasukkan proses tertentu ke dalam whitelist atau blacklist.

Task manager bisa berguna untuk mengendalikan aplikasi yang berjalan, tapi jangan berasumsi bahwa ia akan turut memperpanjang umur baterai.

 

(Mb/Kompastekno)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Ada 2,7 Juta TKI di Malaysia, Menkumham: Ini Jumlah Terbesar dari Seluruh Dunia

Metrobatam, Pontianak - Tenaga kerja Indonesia (TKI) di seluruh Malaysia mencapai 2,7 juta orang. Angka ini menunjukkan bahwa Malaysia merupakan negara yang menerima TKI...

Istana ‘Serang Balik’ Fahri Hamzah Soal Jokowi dan Setnov

Metrobatam, Bogor - Pihak Istana Kepresidenan 'menyerang balik' Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah soal pernyataannyya terkait hubungan Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR...

Tidur Saat Diperiksa, KPK Sarankan Novanto untuk Terbuka

Metrobatam, Jakarta - Ketua Umum Golkar Setya Novanto disebut masih belum dapat berkonsentrasi dan terus tertidur. Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, mengatakan kliennya pun sempat...

Kisah 2 Bocah Kakak Beradik Asal Aceh yang Mengidap Penyakit Langka Sejak Lahir

Metrobatam, Banda Aceh - Dua bocah asal Desa Geulanggang Meunje, Kutablang, Kabupaten Bireuen, Aceh mengalami penyakit langka dari sejak lahir. Keduanya kini dirawat di...

Praperadilan Jonru Ditolak, Kuasa Hukum Hargai Putusan Hakim

Metrobatam, Jakarta - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan praperadilan yang diajukan aktivis media sosial Jon Riah Ukur Ginting atau Jonru Ginting yang telah...

DPP Golkar: Fix, Idrus Marham Jadi Plt Ketua Umum

Metrobatam, Jakarta - DPP Partai Golkar tengah melangsungkan rapat pleno guna membahas nasib Ketua Umum Setya Novanto yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan...

Liga Champions: Pesta Setengah Lusin Gol, Madrid Lolos

Nicosia - Real Madrid melangkah ke babak 16 besar Liga Champions. Los Merengues mendapatkan kepastian tersebut setelah menggunduli APOEL Nicosia dengan skor 6-0. Madrid sudah...

‘Raja Begal’ Gondol Mobil dan 1 Kg Emas Pengusaha di Garut

Metrobatam, Garut - Perampok menyatroni rumah tiga lantai milik Ade Juhana (55), pengusaha jual-beli mobil di Garut, Selasa (21/11). Empat orang pelaku menyekap enam...

Tragedi Poligami di Konawe, Istri Pertama Bakar Rumah Istri Kedua Akibat Cemburu

Metrobatam, Konawe - Lantaran dibakar api cemburu, seorang wanita berinisial H warga Desa Wawontoaho, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) nekat membakar...

Gunung Agung Meletus, Masyarakat Diminta Tenang

Metrobtam, Jakarta - Setelah lama tidak terdengar, Gunung Agung kembali beraktivitas. Kali ini tidak tanggung-tanggung, Gunung Agung meletus. Demikian disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana...

Belasan Buaya Masuk Perkampungan, Warga Minta BKSDA Segera Turun Tangan

Metrobatam, Palembang - Warga di perbatasan Kelurahan Alang Lebar, Palembang dan Kelurahan Tanah Mas, Kabupaten Banyuasin, tengah was-was. Sejak dua minggu lalu, belasan buaya...

Liga Champions: Sempat Tertinggal, Spurs Taklukkan Dortmund 2-1

Dortmund - Tottenham Hotspur berhasil memetik kemenangan saat menyambangi markas Borussia Dortmund di lanjutan Liga Champions. The Lilywhites menang dengan skor akhir 2-1. Dalam pertandingan...
BAGIKAN