Ini Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

208

Baterai smartphone kerap kali cepat habis saat dipakai dalam penggunaan keseharian. Berikut tips agar bateraismartphone Anda tidak cepat terkuras.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Pengguna bisa memeriksa aplikasi mana saja yang paling menguras konsumsi baterai. Memeriksa battery screen melalui menu pengaturan dapat Anda lakukan untuk melihat persentase aplikasi mana saja yang memakan daya baterai. Hapus aplikasi tersebut bila diperlukan untuk menghemat baterai.

Matikan Konektivitas

Pada saat Anda tidak menggunakan layanan data dan mendiamkan ponsel dalam waktu lama, ada baiknya pengguna mematikan mobile data dan mematikan WiFi. Disarankan pula mengaktifkan airplane mode untuk menghentikan konektivitas data yang dapat menguras baterai.

Atur Kecerahan Layar

Tidak dipungkiri bahwa tingkatan kecerahan layar berperan dalam menguras daya baterai ponsel. Bila ponsel Anda diatur dalam tingkatan kecerahan layar yang tinggi, Anda kini dapat menurunkannya untuk mencegah borosnya daya baterai.

Aktifkan Night Mode

Menggunakan Night Mode membuat ponsel tampak ‘gelap’ pada skema warna, sehingga bisa menurunkan konsumsi baterai. Google N memiliki modus malam ini dan aplikasi seperti Twitter juga menawarkan fitur tersebut.

Matikan Sinkronisasi

Beberapa aplikasi seperti Twitter, Facebook, email clients, dan lain-lain dapat melakukan ‘syncing data‘ secara reguler. Ini akan memakan daya baterai. Pengguna bisa melakukan sinkronisasi data secara manual, agar terkontrol dan tidak menguras baterai terlalu besar.

Mb/Okezone

BAGIKAN