Inter Vs Barcelona: Dua Gol di Menit-Menit Akhir, Laga Berakhir 1-1

oleh

Metrobatam, Jakarta – Dua gol tercipta di menit-menit akhir laga Inter Milan versus Barcelona. Blaugrana unggul duluan, Inter lantas memaksakan hasil imbang 1-1.

Bertandang ke Giuseppe Meazza, Rabu (7/11) dinihari WIB di matchday 4 Liga Champions, Barcelona tampil dominan. Tim tamu juga mencatatkan banyak peluang sejak di babak pertama.

Namun penyelesaian akhir yang kurang gereget membuat paruh pertama berakhir tanpa gol. Usaha Barcelona mencetak gol baru membuahkan hasil di menit ke-83 melalui kaki pemain pengganti, Malcom.

Tapi keunggulan Barcelona tak bertahan lama. Sebuah kesalahan di pertahanan berhasil dimaksimalkan Mauro Icardi untuk menyamakan kedudukan dan menghindarkan timnya dari kekalahan.

UEFA mencatat Inter cuma punya satu tembakan tepat target, yang mana berbuah gol. Sementara Barcelona punya delapan tembakan mengarah ke gawang, yang sebagian besar kandas di tangah Samir Handanovic.

Hasil ini tak mengubah posisi Barcelona dan Inter di Grup B. Luis Suarez dkk masih memimpin klasemen, dengan kini mengoleksi 10 poin dari empat laga. Inter menyusul dengan tujuh poin.

Tottenham Hotspur berada di posisi empat dengan empat poin. Sementara posisi terbawah dihuni PSV Eindhoven dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Inter memulai dengan agresif. Di menit pertama, Mauro Icardi mengoper ke Matias Vecino di tengah. Vecino melepaskan tembakan, tapi terlalu lemah untuk menaklukkan Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona merespons semenit berselang. Ousmane Dembele merangsek di sisi kanan lalu mengarahkan tendangan kaki kiri ke gawang. Bola ditahan oleh Samir Handanovic.

Sebuah kesalahan dari Samir Handanovic di menit ke-12 nyaris berbuah fatal untuk Inter. Tendangan gawangnya mengarah ke Ivan Rakitic di tengah dan bola diteruskan gelandang Barcelona itu ke Luis Suarez di kanan. Suarez mengecoh sati pemain lalu melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melesat tipis di atas gawang.

Inter balas mengancam di menit ke-19. Ivan Perisic menusuk di sisi kiri dan mengirim umpan silang mendatar yang disambar Kwadwo Asamoah. Tendangan Asamoah masih melambung.

Peluang bagus untuk Barcelona di menit ke-22. Jordi Alba memberikan umpan lambung yang dikontrol Suarez dengan dada. Dengan cerdik, Suarez melepaskan tembakan lambung untuk mengecoh Samir Handanovic yang bergerak maju. Tapi bola berakhir tipis di samping kanan gawang.

Kemelut tercipta di kotak penalti Inter pada menit ke-30. Umpan silang mendatar Ivan Rakitic disapu pemain Inter dan jatuh di kaki Dembele.

Dembele melakukan gerak tipu dan menembak, namun bola malah mengenai Suarez di depan gawang. Bola liar coba disambar Rakitic, kali ini upayanya dihalau Stefan de Vrij ke luar lapangan.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Barcelona punya peluang lain. Suarez mendapatkan bola sapuan dan tendangannya mengarah ke Gerard Pique. Pique mengembalikan bola kepada Suarez yang menusuk ke sisi kiri di dalam kotak penalti. Tembakan Suarez masih melebar ke sisi kanan.

Barcelona terus menekan. Sepakan Coutinho di menit ke-37 masih bisa digagalkan oleh Handanovic.

Giliran Suarez punya peluang di menit ke-42. Tembakan Coutinho dari depan kotak penalti membentur Milan Skriniar dan bola jatuh di kaki Suarez. Suarez langsung mencocornya dengan tendangan keras, tapi Handanovic sigap menepis bola.

Barcelona langsung mendapatkan kesempatan di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-52. Tembakan Coutinho memaksa Handanovic melakukan aksi penyelamatan.

Dalam sebuah serangan cepat usai Dembele merebut penguasaan di tengah, bola diarahkan ke Suarez. Suarez lantas meneruskannya ke Rakitic di kanan. Dalam posisi bebas, tembakan Rakitic diblok Handanovic.

Bola pantulan kembali ke arah Rakitic dan dioper ke tengah kotak penalti, yang lantas disambar Suarez ke dalam gawang. Tapi gol dianulir karena bola lebih dulu meninggalkan lapangan permainan sebelum disepak Rakitic.

Inter punya peluang di menit ke-65. Perisic menusuk di kiri dan mengirim umpan lambung yang ditanduk Matteo Politano. Hanya saja sundulan Politano melebar ke kanan gawang.

Dua menit berselang, Barcelona kembali mengancam. Dembele melepaskan tembakan keras yang masih bisa ditepis Handanovic. Bola muntah lantas coba disambar Suarez di sudut sempit, tapi cuma mengenai samping gawang.

Usaha Barcelona membuahkan hasil di menit ke-83. Usai aksi ciamin Coutinho melewati De Vrij, bola darinya dikuasai Malcom di sisi kanan. Di tengah tekanan dua pemain Inter, Malcom melepaskan tembakan mendatar yang menaklukkan Handanovic.

Tapi keunggulan Barcelona hanya bertahan empat menit. Sergio Busquets gagal membuang bola dengan sempurna sehingga bola malah jatuh ke kaki Vecino. Vecino mencoba menembak dari depan kotak penalti, tapi membentur Clement Lenglet.

Bola liar lantas bergulir ke Icardi di tengah kotak penalti dan dengan sontekan ringan membuat bola bergulir di antara kaki para bek Barcelona dan Ter Stegen. Skor kini 1-1.

Tak ada lagi gol tercipta sampai pertandingan selesai.

Susunan pemain:

Inter: Samir Handanovic; Sime Vrsaljko, Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Kwadwo Asamoah; Matias Vecino, Marcelo Brozovic; Matteo Politano (Candreva 81′), Radja Nainggolan (Borja Valero 63′), Ivan Perisic; Mauro Icardi

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur (Arturo Vidal 74′); Ousmane Dembele (Malcom 81′), Luis Suarez, Philippe Coutinho. (mb/detik)