Jenderal Gatot: KSAD dan KSAL Siap Dipimpin Hadi Tjahjanto

1523

Metrobatam, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut siap dipimpin Marsekal Hadi Tjahjanto yang dicalonkan menjadi panglima TNI.

Hadi yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) telah tiba di Gedung DPR, Jakarta, untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I.

Selain diantar Gatot, Hadi juga didampingi KSAD Jenderal Mulyono dan KSAL Laksamana Ade Supandi. Proses pendampingan ini, menurut Gatot, sebagai simbol bahwa TNI siap dipimpin dari kesatuan Angkatan Udara.

“Menunjukan dengan mengantar ini KASAD dengan KASAL siap dipimpin Pak Hadi,” kata Gatot di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot menyatakan, dirinya siap menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Hadi begitu mengetahui kabar suksesi jabatan panglima TNI. “Saya sebagai panglima sebuah kehormatan sebagai pertanda bahwa begitu disetujui, tongkat estafet saya berikan kepada Pak Hadi dan siap mendampingi,” ujarnya.

Hadi tak banyak berkomentar saat ditanya kesiapannya. Dia hanya meminta doa dan kelancaran selama proses uji kelayakan dan kepatutan yang akan dijalani hari ini. “Mohon doanya dan doakan supaya lancar,” kata Hadi seraya tersenyum.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan nantinya, Komisi I akan lebih dahulu melakukan pemeriksaan administrasi terhadap Hadi selama 45 menit. Setelah itu anggota Komisi Pertahanan tersebut akan mengajukan pertanyaan kepada Hadi.

Hadi akan diminta menyampaikan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan seluruh anggota fraksi. Komisi I juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan rapat tetutup jika ada hal yang berisifat rahasia.

Ketika proses uji kelayakan dan kepatutan selesai digelar, Komisi I akan menggelar rapat tertutup untuk menentukan sikap terhadap pencalonan Hadi.

Gatot Mutasi 85 Pati

Terkait mutasi perwira tinggi, Gatot menyebut keputusannya memutasi 85 perwira tinggi TNI dilakukan sebelum Presiden Jokowi memberitahunya soal pengajuan nama Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.

“Pada saat rapat kami belum tahu (pergantian Panglima). Ya belum tahu karena ditanyakan tadi bahwa saya tidak diberitahu oleh Presiden,” dalihnya, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot menjelaskan, mutasi 85 pati itu sudah melalui proses yang sesuai prosedur. Itu dimulai dari rapat pada 30 November yang dihadiri petinggi tiga matra, serta rapat yang dipimpinnya pada Senin (4/12). Begitu rapat yang juga dihadiri Hadi Tjahjanto itu selesai, dirinya baru mendapat kabar dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno soal pergantian pimpinan TNI.

“(Pratikno) menyampaikan, ‘Pak Panglima, saya sudah menyerahkan surat Presiden kepada DPR (yang isinya) mencalonkan Pak Hadi (sebagai Panglima TNI)’,” kata dia, menirukan percakapan dengan Pratikno.

Setelah itu, Gatot langsung menghadap Jokowi keesokan harinya, Selasa (5/12). Di hadapan Jokowi, dia pun menyatakan kesiapannya untuk tidak mengeluarkan kebijakan.

“Jadi kalau tanggal 5 (Desember) atau hari ini (6/12) walaupun secara legalitas boleh (mengeluarkan kebijakan strategis), tapi etika tidak. Clear ya?” ucapnya.

Saat dikonfirmasi lebih jauh soal ketidaktahuannya tentang informasi pergantian Panglima TNI ini, Gatot kembali mengaku sama sekali tidak mendapat pemberitahuan. “Saya sama sekali tidak tahu. Saya tahunya setelah ditelepon Mensesneg setelah beliau menyerahkan surat kepada DPR,” cetusnya.

Mutasi 85 pati tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf. Bedali Harefa mengatakan, ada 85 perwira tinggi TNI yang terkena mutasi.

“Mutasi Jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi TNI, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Bedali dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.com, Selasa (5/12).

Kata dia, TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi TNI.

Dia merinci, 85 Pati TNI yang dirotasi terdiri dari 46 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 28 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 11 Pati jajaran TNI Angkatan Udara. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Masjid Asy Syuhadaa Tering Raya Batam Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Metrobatam.com, Batam - Sebagai ummatnya sudah seharusnya kita senantiasa mencontoh dan mengikuti baginda Rasulullah SAW. Terlebih sebagai insan pilihan, pada Rasulluah memang ada contoh...

Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Sumsel Bertambah Jadi 5 Orang

Metrobatam, Palembang – Selain menangkap dua terduga teroris di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, yaitu Abdul Qodir alias Yaziz dan M Suriadi, Detasemen Khusus...

Istri Mantan Sekretaris MA Jadi Staf Ahli MenPAN-RB, KPK Tak Dilibatkan

Metrobatam, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tak diminta tanggapannya soal pengangkatan Tin Zuraida sebagai Staf Ahli MenPAN-RB. Padahal, KPK biasanya dilibatkan untuk...

Ditemukan Jutaan Pil Zenith di Sampit, Mabes Polri Turun Tangan

Metrobatam, Sampit - Markas Besar (Mabes) Polri turun tangan membantu pengembangan penyelidikan temuan 3,7 juta butir carnophen atau zenith di Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin...

IKLA Batam Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Rumah Gadang

Metrobatam.com, Batam - Warga Luak Agam Kota Batam diajak untuk terus meneladani Nabi Muhammad SAW dalam bersikap di kehidupan sehari-hari. Itu karena sikap Rasulullah...

Beroperasi Juni 2018, 5 Stasiun LRT Palembang Siap Digunakan

Metrobatam, Palembang - Progres pembangunan Light Rain Transit (LRT) Palembang telah memcapai 76 persen dan siap beroperasi pada Juni 2018 mendatang. Namun, hanya akan...

Densus 88 Tangkap Seorang Warga di Kalbar, Ini Alasannya

Metrobatam, Pontianak - Akibat sering melakukan postingan tentang jihad selama kurang lebih 3 tahun, KT (45) warga Kabupaten Landak, Kalbar yang ditangkap Tim Densus...

Presiden Prancis Minta Israel Hentikan Pembangunan di Yerusalem

Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Paris. Dalam pertemuan tersebut Macron meminta Israel menghentikan pembangunan di...

Barcelona Kalahkan Sepuluh Pemain Villarreal 2-0

Metrobatam, Jakarta - Barcelona sukses mengalahkan Villarreal 2-0 di jornada ke-15 La Liga Spanyol. Blaugrana menang usai The Yellow Submarine bermain dengan sepuluh orang...

Kapolda Sumsel Benarkan 2 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88

Metrobatam, Pelembang - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), Inspektur Jenderal (Irjen) Zulkarnain Adinegara membenarkan adanya penangkapan dua orang warga Ogan Ilir diduga terlibat kasus terorisme. "Ya...

Guardiola Heran Mourinho Selalu Mengeluhkan Wasit

Manchester - Musim lalu protes Jose Mourinho soal wasit mengiring kekalahan Manchester United di laga derby. Hal yang sama baru saja terulang dan di...

Banjir Bandang Terjang Solok, 1 Orang Hilang Tertimbun Longsor

Metrobatam, Solok - Dua kecamatan wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat dilanda banjir bandang dan tanah longsor Sabtu 9 Desember 2017 malam. Akibat bencana tersebut...
BAGIKAN