Jenderal Gatot: KSAD dan KSAL Siap Dipimpin Hadi Tjahjanto

Metrobatam, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut siap dipimpin Marsekal Hadi Tjahjanto yang dicalonkan menjadi panglima TNI.

Hadi yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) telah tiba di Gedung DPR, Jakarta, untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I.

Selain diantar Gatot, Hadi juga didampingi KSAD Jenderal Mulyono dan KSAL Laksamana Ade Supandi. Proses pendampingan ini, menurut Gatot, sebagai simbol bahwa TNI siap dipimpin dari kesatuan Angkatan Udara.

“Menunjukan dengan mengantar ini KASAD dengan KASAL siap dipimpin Pak Hadi,” kata Gatot di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot menyatakan, dirinya siap menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada Hadi begitu mengetahui kabar suksesi jabatan panglima TNI. “Saya sebagai panglima sebuah kehormatan sebagai pertanda bahwa begitu disetujui, tongkat estafet saya berikan kepada Pak Hadi dan siap mendampingi,” ujarnya.

Hadi tak banyak berkomentar saat ditanya kesiapannya. Dia hanya meminta doa dan kelancaran selama proses uji kelayakan dan kepatutan yang akan dijalani hari ini. “Mohon doanya dan doakan supaya lancar,” kata Hadi seraya tersenyum.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan nantinya, Komisi I akan lebih dahulu melakukan pemeriksaan administrasi terhadap Hadi selama 45 menit. Setelah itu anggota Komisi Pertahanan tersebut akan mengajukan pertanyaan kepada Hadi.

Hadi akan diminta menyampaikan visi dan misinya sebagai calon panglima TNI sebelum menjawab pertanyaan yang diajukan seluruh anggota fraksi. Komisi I juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan rapat tetutup jika ada hal yang berisifat rahasia.

Ketika proses uji kelayakan dan kepatutan selesai digelar, Komisi I akan menggelar rapat tertutup untuk menentukan sikap terhadap pencalonan Hadi.

Gatot Mutasi 85 Pati

Terkait mutasi perwira tinggi, Gatot menyebut keputusannya memutasi 85 perwira tinggi TNI dilakukan sebelum Presiden Jokowi memberitahunya soal pengajuan nama Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.

“Pada saat rapat kami belum tahu (pergantian Panglima). Ya belum tahu karena ditanyakan tadi bahwa saya tidak diberitahu oleh Presiden,” dalihnya, saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (6/12).

Gatot menjelaskan, mutasi 85 pati itu sudah melalui proses yang sesuai prosedur. Itu dimulai dari rapat pada 30 November yang dihadiri petinggi tiga matra, serta rapat yang dipimpinnya pada Senin (4/12). Begitu rapat yang juga dihadiri Hadi Tjahjanto itu selesai, dirinya baru mendapat kabar dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno soal pergantian pimpinan TNI.

“(Pratikno) menyampaikan, ‘Pak Panglima, saya sudah menyerahkan surat Presiden kepada DPR (yang isinya) mencalonkan Pak Hadi (sebagai Panglima TNI)’,” kata dia, menirukan percakapan dengan Pratikno.

Setelah itu, Gatot langsung menghadap Jokowi keesokan harinya, Selasa (5/12). Di hadapan Jokowi, dia pun menyatakan kesiapannya untuk tidak mengeluarkan kebijakan.

“Jadi kalau tanggal 5 (Desember) atau hari ini (6/12) walaupun secara legalitas boleh (mengeluarkan kebijakan strategis), tapi etika tidak. Clear ya?” ucapnya.

Saat dikonfirmasi lebih jauh soal ketidaktahuannya tentang informasi pergantian Panglima TNI ini, Gatot kembali mengaku sama sekali tidak mendapat pemberitahuan. “Saya sama sekali tidak tahu. Saya tahunya setelah ditelepon Mensesneg setelah beliau menyerahkan surat kepada DPR,” cetusnya.

Mutasi 85 pati tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982/XII/2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf. Bedali Harefa mengatakan, ada 85 perwira tinggi TNI yang terkena mutasi.

“Mutasi Jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi TNI, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Bedali dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.com, Selasa (5/12).

Kata dia, TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi TNI.

Dia merinci, 85 Pati TNI yang dirotasi terdiri dari 46 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 28 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 11 Pati jajaran TNI Angkatan Udara. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Jangan Terkecoh Hoax Penetapan Formasi Tenaga Honorer

Metrobatam.com, Jakarta - Kabar bohong atau hoax penetapan formasi tenaga honorer untuk pengangkatan CPNS kembali beredar. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)...

Belum Ada Penetapan Formasi CPNS

Metrobatam.com, Jakarta - Saat ini tengah banyak beredar kabar mengenai pendaftaran CPNS tahun 2018, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan bahwa...

Lantamal IV Kerahkan 2 Patkamla SAR Kepada Kapal Tenggelam di Parairan Tanjung Kelit

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melalui Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dabo Singkep mengerahkan dua Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Cempa...

Dikabarkan Satu Kapal Kargo Tenggelam di Perairan Tanjung Dato Lingga

Metrobatam.com, Lingga - Satu Unit Kapal Kargo dikabarkan tenggelam di perairan Tanjung Dato Kabupaten Lingga, Minggu, (24/6). Keterangan yang di himpun dari pihak Basarnas Tanjungpinang,...

Jual Gas 3 Kg Diatas HET, Disdagperin Tanjungpinang Lakukan Pembinaan Kepada Pemilik Pangkalan di...

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Kepada pemilik pangkalan penjual gas 3 kilogram di Pulau Penyengat yang melakukan penjualan diatas harga eceran tertinggi (HET) pihak Dinas Perdagangan...

Pejabat Wako Tanjungpinang Imbau Warga Ramai-ramai Datang ke TPS

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Reformasi Birokrasi, Teknologi Informasi, dan Kependudukan menjadi tema terkahir pada Debat Publik putara ketiga Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota...

Jerman Kalahkan Swedia 2-1

Metrobatam.com, Rusia - Jerman secara dramatis mengalahkan Swedia di laga kedua Grup F Piala Dunia 2018. Gol Toni Kroos di masa injury time memastikan Tim Panser menang 2-1. Bertanding...

Inflasi Mei 2018 Kepri Masih di Bawah Nasional

Metrobatam.com, Batam - Indeks Harga Konsumen Kepulauan Riau alami inflasi sebesar 0,16 persen (mtm) pada Mei 2018. Angka IHK ini lebih tinggi dibanding bulan...

Danlantamal IV Tekankan Netralitas Prajurit Jelang Pilkada Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., memimpin apel pagi setelah melaksanakan libur...

Alumni SMP 7 Tanjungpinang Gelar Reunian

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dalam rangka memeriahkan Reunian Akbar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Tanjungpinang, Alumni SMP 7 dari angkatan 1987 sampai dengan 2017....

Polda Kepri Serahkan 6 Jenazah Korban Kebakaran ke Pihak Keluarga

Metrobatam.com, Batam - Kabid Dokkes Polda Kepri Kombes Pol Djarot W mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik (Labfor), Kamis (21/6/2018) terhadap enam jenazah korban kebakaran di Komplek...

Jelang Pilwako 2018, Disduk Capil Tanjungpinang layani Perekaman KTP Elektronik di Hari Libur

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Mendekati hari pemungutan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Kota Tanjungpinang Tahun 2018. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil...
BAGIKAN