Liga Champions: Dramatis! Penalti Ronaldo di Injury Time Loloskan Madrid ke Semifinal

Madrid – Real Madrid lolos secara dramatis ke semifinal Liga Champions. Los Blancos menyingkirkan Juventus meski kalah 1-3 di leg kedua perempatfinal. Kelolosan mereka dipastikan oleh penalti Cristiano Ronaldo di injury time.

Pada pertandingan di Santiago Bernabeu, Kamis (12/4) dinihari WIB, Juventus unggul 2-0 hingga turun minum. Dua gol tim tamu diborong oleh Mario Mandzukic, masing-masing pada menit kedua dan ke-37.

Memasuki babak kedua, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 3-0 lewat gol Blaise Matuidi pada menit ke-61. Skor agregat pun berubah menjadi sama kuat 3-3. Hingga waktu normal berakhir, Juve masih unggul tiga gol.

Namun, Madrid kemudian mendapatkan hadiah penalti di injury time. Penalti tersebut dikonversi oleh Ronaldo menjadi gol. Dengan hasil ini, Madrid lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 4-3.

Jalannya Pertandingan

Juventus langsung mencetak gol lewat serangan pertamanya. Pada menit kedua, Douglas Costa memulai serangan dari lini tengah, kemudian memberikan bola kepada Sami Khedira yang berada di sisi kanan. Khedira lantas mengirimkan umpan lambung yang begitu memanjakan Mandzukic. Mandzukic menuntaskannya dengan sundulan yang merobek gawang Madrid.

Juventus nyaris memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 di menit kedelapan. Sial buat mereka, tembakan jarak dekat Gonzalo Higuain masih bisa dimentahkan oleh kiper Madrid, Keylor Navas.

Madrid baru bisa mengancam gawang Juventus tiga menit kemudian. Gareth Bale yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tembakan, tapi ditepis oleh Gianluigi Buffon. Bale kemudian mencoba menceploskan bola muntah ke dalam gawang dengan tumitnya, tapi meleset.

Peluang Madrid berikutnya datang pada menit ke-14. Kali ini tembakan Cristiano Ronaldo dimentahkan oleh Buffon. Isco menyambar bola rebound untuk menjebol gawang Juventus, tapi dia lebih dulu terjebak offside.

Percobaan Khedira di menit ke-25 tak mengubah keadaan. Tembakan jarak jauhnya masih melambung di atas gawang Madrid.

Isco mendapatkan peluang emas di menit ke-35 untuk menyamakan kedudukan. Lolos dari jebakan offside, Isco langsung berhadapan dengan Buffon, tapi tembakannya masih bisa dibendung oleh kiper veteran itu.

Juventus menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-37 melalui gol kedua Mandzukic. Lagi-lagi gol tim tamu diawali serangan dari sisi kanan. Mandzukic mengalahkan Dani Carvajal dalam duel udara untuk menanduk umpan silang dari Stephan Lichtsteiner.

Di injury time babak pertama, Madrid nyaris menipiskan ketertinggalannya. Namun, sundulan Raphael Varane meneruskan tendangan bebas Toni Kroos cuma menghantam mistar gawang.

Keunggulan Juventus tersebut tak berubah hingga turun minum. Akan tetapi, Madrid masih unggul agregat 3-2.

Pada awal babak kedua, Madrid menarik keluar Casemiro dan Bale. Sebagai gantinya, tim tuan rumah memainkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio.

Ronaldo punya kans untuk memangkas ketertinggalan Madrid pada menit ke-58. Ronaldo menyambar umpan Vazquez dari sisi kanan, tapi Buffon dengan sigap mengamankannya.

Berselang dua menit, gantian Juventus yang mengancam lewat sepakan Higuain dari depan kotak penalti. Namun, Navas masih bisa menyelamatkan gawang Madrid.

Juventus membungkam Santiago Bernabeu saat laga memasuki menit ke-61. Tim tamu mencetak gol ketiga melalui Matuidi untuk unggul 3-0. Skor agregat pun sekarang sama kuat 3-3.

Gol ketiga Juve tersebut diawali kesalahan fatal yang dilakukan oleh Navas. Navas bermaksud menangkap bola umpan silang dari Douglas Costa, tapi tangkapannya tak lengket sehingga bola jatuh ke tanah. Hal ini tak disia-siakan Matuidi, yang tinggal mendorong si kulit bundar ke gawang kosong.

Peluang Madrid lewat sebuah tendangan bebas pada menit ke-69 tak bisa dimaksimalkan oleh Asensio. Tembakannya masih melambung.

Buffon melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-78. Dia masih mampu menepis tembakan Isco kendati bola sudah berubah arah setelah mengenai kaki Medhi Benatia.

Tak berselang lama, Madrid kembali membahayakan gawang Juventus melalui Varane. Tapi, sepakan Varane masih melenceng tipis.

Drama terjadi di menit terakhir injury time. Madrid mendapatkan hadiah penalti setelah Benatia dianggap melanggar Vazquez di mulut gawang.

Keputusan wasit Michael Oliver untuk memberikan penalti ke Madrid diprotes ramai-ramai oleh kubu Juventus. Buffon yang melakukan protes keras diganjar kartu merah langsung. Diusirnya Buffon memaksa Juventus menarik Higuain dan memasukkan kiper pengganti Wojciech Szczesny.

Hadiah penalti tersebut tak disia-siakan oleh Ronaldo. Tembakan kerasnya tak kuasa dihentikan oleh Szczesny dan memastikan Madrid melangkah ke semifinal.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Vallejo, Marcelo; Casemiro (Vazquez 46′), Modric (Kovacic 75′), Kroos; Isco, Bale (Asensio 46′), Cristiano Ronaldo

Juventus: Buffon; De Sciglio (Lichtsteiner 17′), Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain (Szczesny 90+6′), Mandzukic. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa Apresiasi Halal Bi Halal Warga Punggowo

Metrobatam.com , Batam - Anggota DPR RI Fraksi Partai PDIP, Dwi Ria Latifa mengapresiasi atas pelaksanaan halal bi halal Keluarga besar Punggowo Kota Batam...

Ocarina Batam Fasilitas Segala Permainan dan Hiburan Nyaman Sambil Mengadakan Gebyar Undian Hadiah Pemenang

Metrobatam.com - Batam Agus supryanto general manager ocarina menerangkan "dengan adanya memumumkan gebyar mega wisata new ocarina sudah ada pemenang nya, pemenang hasil undian...

Lantamal IV Gagalkan Penyeludupan TKI Ilegal ke Malaysia

Metrobatam.com - Tanjungpinang, 14 Juli 2018,…. Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Pangkalan Utama Angakatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang kembali menangkap 12 Tenaga Kerja...

Penindakan Satwa Dan Tumbuhan Kpu Bea Dan Cukai Tipe B Batam

Metrobatam.com - Batam Batam, KPU BC Batam konferensi pers kepada awak media mengenai hasil tindakan satwa dan tumbuhan, Jumat (13/07). Susila Brata Kepala Kantor KPU BC...

Hanura: Yang Sering Komporin Masyarakat Amien Rais

Metrobatam, Jakarta - Presiden Jokowi menilai ada 'politikus kompor' yang memanas-manasi suasana politik jelang pemilu 2019. Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menyebutkan...

Geledah 5 Lokasi, KPK Sita Dokumen Keuangan Proyek PLTU Riau

Metrobatam, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total menggeledah lima tempat terkait kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 yang menjerat Wakil Ketua DPR Komisi...

Polisi Periksa Sejumlah Saksi Terkait Pembantaian Ratusan Buaya di Sorong

Metrobatam, Jakarta - Polisi akan memeriksa sejumlah saksi terkait pembantaian terhadap 292 ekor buaya di penangkaran milik CV. Mitra Lestari Abadi, Provinsi Papua Barat....

Bagikan Bahan Pakaian untuk Menangkan Cagub Riau, Timses Ini Dibui

Metrobatam, Pekanbaru - Pihak Sentra Gakkumdu (Penegagakan Hukum Terpadu) Provinsi Riau memutuskan untuk melakukan penahanan terhadap warga berinisial DS. Pria tersebut ditahan karena diduga...

Modric: Tak Ada Penyesalan, Kroasia Lebih Baik dari Prancis

Moskow - Luka Modric berpendapat bahwa Kroasia bisa bangga sekalipun dikalahkan Prancis di final Piala Dunia 2018. Kroasia bermain lebih baik sekalipun gagal juara. Kroasia...

Wakapolri Klaim Punya Alat Canggih Tangkal Terorisme

Metrobatam, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan saat ini Polri telah memiliki alat canggih guna menangkal aksi terorisme di Indonesia. Menurutnya, saat ini Polri...

Keluarga Lalu Zohri Tak Pernah Menolak Renovasi Rumah

Metrobatam, Jakarta - Kakak kandung Lalu Muhammad Zohri, Baiq Fazila, menyangkal jika keluarganya menolak bantuan renovasi rumah mereka di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pihaknya...

Pertimbangan PD Merapat ke Jokowi, Cawapres Harus Bersahabat

Metrobatam, Jakarta - Partai Demokrat (PD) menanti pengumuman dari Presiden Joko Widodo untuk menentukan siapa sosok cawapresnya di Pilpres 2019. Sosok cawapres Jokowi akan...
BAGIKAN