Liga Champions: Guendogan Dua Gol, City Libas Basel 4-0

1429

Basel – Manchester City meraih kemenangan telak di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. The Citizens melibas tuan rumah Basel dengan skor meyakinkan 4-0.

Bertandang ke St. Jakob Park, Rabu (14/2) dinihari WIB, City kembali diperkuat oleh Fabian Delph, yang sempat absen akibat cedera lutut. Leroy Sane dan David Silva juga merumput lagi setelah pulih dari cedera masing-masing.

Laga ini berjalan relatif mudah untuk City. Di babak pertama, tim tamu sudah unggul 3-0 melalui gol Ilkay Guendogan di menit ke-14, Bernardo Silva di menit ke-18, dan Sergio Aguero di menit ke-23.

City mencetak satu gol tambahan di babak kedua lewat kaki Guendogan pada menit ke-53. Guendogan sebenarnya bisa saja mengukir hat-trick andai tak menyia-nyiakan sebuah peluang emas.

Kemenangan telak ini menempatkan satu kaki City di babak perempatfinal. Tim besutan Pep Guardiola itu akan gantian jadi tuan rumah di leg kedua pada 7 Maret mendatang. Sebaliknya, Basel butuh keajaiban untuk membalikkan keadaan.

Jalannya Pertandingan

City langsung mengontrol permainan begitu laga dimulai. Tim tamu punya kans pada menit ketiga, tapi sundulan Guendogan meneruskan umpan silang Bernardo Silva ditepis oleh kiper Basel, Tomas Vaclik.

Kubu tuan rumah meminta penalti ketika Dimitri Oberlin dijatuhkan oleh Nicolas Otamendi ketika mencoba melewati bek City itu. Tapi, wasit tak menganggapnya sebagai sebuah pelanggaran.

City membuka skor pada menit ke-14. Guendogan menggetarkan gawang Basel setelah sundulannya meneruskan tendangan sudut Kevin De Bruyne tak bisa diantisipasi oleh Vaclik.

Hanya berselang empat menit, City memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol Bernardo Silva. Gol ini berawal dari kegagalan barisan belakang Basel untuk mengamankan umpan silang Raheem Sterling dari sisi kiri.

Bola jatuh di kaki Silva, yang berdiri cukup bebas di kotak penalti sehingga masih punya waktu untuk mengontrol bola dan melepaskan tembakan voli. Tembakan Silva terlalu sulit untuk dihentikan oleh Vaclik dan berbuah gol kedua City.

City mencetak gol ketiganya ketika pertandingan memasuki menit ke-23. Aguero yang menguasai bola di luar kotak penalti melepaskan tembakan keras yang membuat Vaclik terperangah. City memimpin 3-0 dalam waktu relatif singkat.

Sterling punya kans untuk mencetak gol di menit ke-34. Dia tinggal berhadapan dengan Vaclik, tapi gagal melewati adangan kiper Basel itu.

Tiga menit kemudian, giliran De Bruyne yang mendapatkan kesempatan. Namun, tembakan first time-nya masih sedikit melambung di atas gawang Basel.

Tak ada gol lainnya di sisa babak pertama. City unggul 3-0 ketika half time.

De Bruyne menjajal peruntungannya lewat tembakan jarak jauh di menit-menit awal babak kedua. Tapi, tembakan keras gelandang asal Belgia itu mengarah tepat ke tangkapan Vaclik.

Basel merespons melalui aksi Mohamed Elyounoussi. Tembakan keras Elyounoussi memaksa Ederson Moraes terbang untuk menepis bola keluar lapangan.

Sterling lagi-lagi membuang kesempatan meski sudah berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik. Dia tak segera menembak sehingga peluang terbuang percuma.

Guendogan membawa City unggul 4-0 lewat golnya pada menit ke-53. Usai menerima operan dari Aguero, dia mengecoh satu pemain lawan sebelum melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola tembakannya menembus gawang Basel tanpa bisa dijangkau oleh Vaclik.

Basel sebenarnya punya kans bagus untuk menipiskan ketertinggalannya. Tapi, Oberlin gagal memaksimalkannya setelah tembakannya melenceng dari gawang City.

Oberlin kembali menyia-nyiakan peluang di menit ke-67. Dia berdiri bebas ketika menyambut umpan silang Valentin Stocker, tapi sundulan jarak dekatnya meleset.

Tak berselang lama, Basel mengancam gawang City lagi. Namun, tembakan Elyounoussi terlalu mudah untuk dimentahkan oleh Ederson. Ederson juga berada di posisi yang tepat untuk membaca tendangan bebas Oberlin beberapa saat kemudian.

Guendogan nyaris mencetak gol ketiganya pada menit ke-74. Dia muncul dari belakang untuk menyambar umpan tarik dari Aguero. Tapi, usahanya secara luar biasa digagalkan oleh Vaclik.

Nyaris tak ada peluang bersih yang tercipta di sisa waktu. City menyudahi pertandingan dengan kemenangan telak 4-0.

Susunan Pemain

Basel: Vaclik; Riveros, Suchy, Lang, Lacroix; Frei, Elyounoussi (Bua 85′), Die, Xhaka; Stocker (Ajeti 71′), Oberlin

Manchester City: Ederson; Walker, Kompany, Otamendi, Delph; Fernandinho, Guendogan, De Bruyne (David Silva 63′); Sterling (Sane 57′), Bernardo Silva, Aguero (Danilo 86′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Belum Ditemukan Dugaan Sabu di Kapal Win Long BH2998

Metrobatam.com, Karimun - Petugas gabungan TNI, Polri dan Bea dan Cukai hingga Sabtu petang belum menemukan narkotika jenis sabu-sabu yang diduga dibawa kapal asing,...

Ketua Korcab IV DJAB Serahkan Bantuan Kepada Yayasan Hang Tuah Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua Kordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Ny. Irmelda R. Eko Suyatno selaku Anggota Pengawas Yayasan Hang Tuah...

Pelaku Penggelapan Ditangkap Polsek Batam Kota

Metrobatam.com, Batam - Jajaran Polsek Batam Kota berhasil mengamankan 1 (Satu) Orang Tersangka pelaku Tindak Pidana Penggelapan, Batam (24/02/2018) Tersangka merupakan karyawan toko King Of...

Hanya Tunjukan KTP, Bayi David Alfian dapat Fasilitas Berobat Gratis

Metrobatam.com, Bintan - David Alfian (5 bulan) Warga Kampung Bangun Rejo, Km.18 , Kecamatan Bintan Timur, Kijang. saat pertama kali datang ke RSUD Kabupaten...

Tim Gabungan Polri- Bea Cukai Kembali Tangkap Kapal Diduga Angkut 3 Ton Sabu di...

Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan tim gabungan Polri dan Bea-Cukai kembali menangkap kapal laut di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Kapal itu...

Kapolri dan Menkeu Ekspos Tangkapan Sabu 1,6 Ton di Batam

Metrobatam.com, Batam - Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengecek lokasi dan barang bukti 1,6 ton sabu di Pelabuhan Sekupang, Batam,...

Terciduk, Pengemis Ini Bawa Uang Rp 43 Juta

Metrobatam, Tasikmalaya - Aparat Satpol PP Kota Tasikmalaya kaget saat menciduk Epon (49). Pengemis tersebut yang kedapatan membawa gepokan uang dan sejumlah perhiasan emas...

Longsor Brebes, Tim SAR Temukan Potongan Jasad Korban

Metrobatam, Jakarta - Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) gabungan Polri, TNI dan Basarnas menemukan tiga potongan tubuh yang diduga merupakan korban longsor Bukit Lio,...

Terdakwa Bom Thamrin Aman Abdurrahman Tolak Baca Eksepsi

Metrobatam, Jakarta - Oman Rochman alias Aman Abdurrahman, terdakwa kasus teror bom Thamrin tahun 2016 menolak membacakan nota keberatan atau eksepsi di depan majelis...

Wiranto dan Tito Sepakat Batalkan Jenderal Jadi Pj Gubernur

Metrobatam, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto membatalkan usulan jenderal polisi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur setelah berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal...

Duet Susi-Sri Mulyani Selamatkan Bayi Lobster Rp 14,4 M

Metrobatam, Tangerang - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan terkait penggagalan penyelundupan benih lobster yang rencananya...

PPP Duga Ada Orang Kuat di Balik Penyerangan Tokoh Agama, Partai Rame-rame Membantah

Metrobatam, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy menduga ada orang kuat yang mendesain penyerangan terhadap ulama dan tokoh agama yang...
BAGIKAN