Valencia – Manchester United mesti mengakui keunggulan tim tuan rumah Valencia dengan skor 1-2. Dengan kekalahan ini, MU menjadi runner-up Grup H Liga Champions.

Bertandang ke Stadion Mestalla, Kamis (13/12) dinihari WIB, MU tertinggal dari Valencia di babak pertama melalui gol Carlos Soler di menit ke-17. Gol bunuh diri Phil Jones di awal babak kedua memperbesar keunggulan Los Che.

Permainan MU membaik menjelang pertandingan selesai. MU akhirnya mampu menciptakan gol balasan berkat pemain pengganti Marcus Rashford.

Meski kalah, hasil ini tidak memengaruhi MU karena telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Dengan demikian, MU menyudahi babak 32 besar di posisi kedua klasemen grup usai mengantongi 10 poin. MU finis di bawah Juventus [12 poin] yang di laga lainnya juga menderita kekalahan 1-2 dari Young Boys.

Valencia di peringkat ketiga dengan delapan poin dan akan tampil di Liga Europa. Young Boys menutup kiprahnya di Liga Champions dengan manis meski finis di urutan terbawah dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Valencia mampu menjaga bola di menit-menit awal sehingga bisa melakukan serangan dengan lancar. Sebaliknya, MU justru kesulitan mempertahankan possession.

Valencia membuka keunggulan di menit ke-17. Diawali dari serangan di sisi kiri pertahanan MU, bola blocking Phil Jones jatuh di jalur Carlos Soler untuk diteruskan dengan sepakan keras terukur ke sudut bawah gawang MU. Valencia memimpin 1-0.

MU masih kesulitan untuk melakukan serangan berbahaya, alih-alih menciptakan peluang. Sedangkan serangan-serangan Valencia kerap membuat MU kerepotan.

Michy Batshuayi membuang peluang emas di menit ke-32. Menerima umpan silang dari sisi kanan, Batshuayi berada di posisi ideal untuk mencetak gol. Namun sundulannya di dalam kotak penalti melambung tipis di atas gawang MU.

Dua menit berselang, Dani Parejo mengirim umpan silang dari sisi kanan yang diteruskan Soler dengan sontekan di tiang dekat. Sergio Romero membuat penyelamatan gemilang untuk mencegah gawang MU kebobolan lagi.

Sebuah peluang emas yang gagal dimaksimalkan MU. Di menit ke-36, sontekan Paul Pogba dari jarak dekat hanya bersarang di sisi luar jala gawang Valencia setelah menyambut sundulan Marouane Fellaini.

Gelombang serangan Valencia kembali dilancarkan. Empat menit kemudian, Dani Parejo yang melewati Fellaini melepaskan sepakan. Namun, Fred sukses memblok percobaannya.

Valencia akhirnya mendapatkan gol keduanya secara cuma-cuma sesaat setelah kickoff babak kedua. Phil Jones mencetak gol bunuh diri sehingga Valencia kini mengungguli MU 2-0.

Sebuah umpan terobosan menusuk ke jantung pertahanan MU. Romero keluar dari sarangnya, Jones yang mengawal Batshuayi menyapu bola yang justru masuk ke gawangnya sendiri.

Soler menyerbu perahanan MU untuk melepaskan operan terobosan kepada Santi Mina. Romero keluar dari gawang untuk menyempitkan ruang tembak dan membuat penyelamatan bagus dari tendangan Mina.

MU menciptakan peluang di menit ke-75. Dari serangan balik cepat melalui Pogba, bola dialirkan kepada Andreas Pereira. Pemain yang disebut terakhir melepaskan tembakan jarak jauh yang memaksa Jaume Domenech melakukan penyelamatan.

Dua belas menit kemudian, MU akhirnya menciptakan gol balasan. Dari umpan silang Jesse Lingard kepada Ashley Young, Rashford menyambut bola dengan sundulan yang menaklukan Domenech. Skor kini 1-2.

Sebuah peluang emas terlewat. Pogba dengan cerdik mencukil bola ke arah Juan Mata yang berdiri onside di depan gawang. Namun, sentuhan Mata tidak sempurna dan tendangan volinya pun melebar.

Susunan Pemain

VALENCIA: Jaume Domenech, Piccini, Ruben Vezo, Diakhaby, Toni Lato (Garay 51′), Dani Parejo, Cheryshev (Ferran torres 66′), Kondogbia, Carlos Soler, Batshuayi, Santi Mina (Rodrigo 68′)

MANCHESTER UNITED: Romero, Valencia, Rojo (Young 47′), Jones, Bailly, Fellaini, Mata, Pogba, Fred (Rashford 57′), Andreas Pereira, Lukaku (Lingard 69′). (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Bareskrim Sita 30 Kg Sabu, Polda Sumut Amankan 55 Kg

Metrobatam, Jakarta - Bareskrim Polri mengungkap penyelundupan sabu seberat 30 kilogram dari Malaysia dengan modus pengiriman paket lampu downlight. Sementara, Polda Sumatera Utara menyita...

Jokowi soal Jalan 191.000 Km: Tak Percaya, Ukur Sendiri

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan pembangunan jalan desa telah mencapai 191 ribu kilometer (km) terhitung hingga akhir tahun 2018. Pembangunan...

Pensiunan TNI AL Dibunuh saat Menagih Utang

Metrobatam, Tanjungpinang - Isak tangis mewarnai penyerahan jasad Arnold Tambunan (60), pensiunan TNI Angkatan Laut (AL) yang dibunuh saat menagih utang. Polres Tanjungpinang menyerahkan...

Fokus ke Ibu Ani, SBY Disebut Tak Tanggapi Debat Capres

Metrobatam, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan bahwa Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bicara banyak mengenai debat...

Kawanan Gajah Masuki Pemukiman Warga Pekanbaru, Petugas Bunyikan Petasan

Metrobatam, Pekanbaru - Kawanan Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) kembali memasuki pemukiman di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau. Gajah-gajah tersebut memakan hasil pertanian milik warga. Kepala...

Terungkap! Sejarah Prabowo Kuasai Lahan 120 Ribu Hektare di Aceh

Metrobatam, Aceh - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Syahrial, mengatakan PT Tusam Hutani Lestari diambil alih Prabowo Subianto pada saat Indonesia dalam...

PSSI Akan Gelar KLB, Ini 5 Kandidat Ketum yang Ramai Dibicarakan

Metrobatam, Jakarta - PSSI akan mengadakan Kongres Luar Biasa yang nantinya berujung pada pemilihan ketua umum yang baru. Lalu, siapa saja calon PSSI-1 yang...

Diduga Cinta Segitiga, Siti Aniaya Tetangga hingga Babak Belur

Metrobatam, Kotawaringin - Nahas dialami Nila Wati (43), warga Jalan Trans Kotawaringin Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Nila...

Kritik JK Soal MRT Jakarta: Kita Terlambat Bangun

Metrobatam, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) terlambat. Mestinya, kata dia, moda transportasi itu dibangun pada dekade 1990-an. Hal...

4 Pembangkit PLN Pakai 100% Minyak Sawit Tahun Ini

Metrobatam, Jakarta - PT PLN (Persero) akan mengganti sumber energi untuk empat pembangkit listriknya dengan 100% minyak sawit (crude palm oil/CPO). Keempat pembangkit listrik...

10 Hoax Kesehatan yang Sering Beredar di Whatsapp dan Facebook

Metrobatam, Jakarta - Whatsapp dan Facebook sering jadi aplikasi yang digunakan orang-orang untuk bertukar informasi. Di dalamnya sering juga muncul hoax-hoax kesehatan. Bagaimana cara supaya...

Jokowi Tanggapi Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Metrobatam, Jakarta - Indonesia resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, surat pengajuan tersebut sudah dikirimkan kepada Presiden...