Liga Champions: Kalahkan City 2-1, Liverpool Melangkah Mantap ke Semifinal

Manchester – Memulai dari posisi tertinggal oleh gol cepat, Liverpool menang 2-1 atas Manchester City. Mereka pun lolos ke semifinal Liga Champions dengan agregat 5-1.

Bertandang ke Etihad Stadium, Rabu (11/4) dinihari WIB, Liverpool sejatinya memulai dengan buruk. City sudah unggul di menit kedua lewat gol Gabriel Jesus, yang bermula dari sebuah kesalahan pertahanan Liverpool.

City lantas mendominasi dan nyaman menciptakan peluang-peluang. City bahkan sempat mencetak gol kedua lewat Leroy Sane, tapi dianulir karena offside. Padahal bola yang diterimanya berasal dari James Milner, bukan operan rekan setim.

Liverpool baru menyengat di babak kedua. Gol Mohamed Salah di menit ke-56 menyamakan kedudukan untuk Liverpool, sekaligus memberikan pukulan mental untuk City.

Gol Roberto Firmino di menit ke-77 memberikan sinyal game over untuk City. Liverpool pun lolos ke semifinal dengan agregat telak 5-1.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, City mencetak gol. Virgil van Dijk melakukan kesalahan saat hendak membuang bola, sehingga dikuasai City di tengah.

Fernandinho mengoper ke Sterling yang berlari bebas di sisi kanan. Dia lantas mengoper ke Gabriel Jesus di tengah, yang menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Kevin De Bruyne mencoba peruntungan dari jarak jauh di menit ke-8. Masih melambung. City mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pada menit ke-16. Umpan mendatar diarahkan ke Leroy Sane di depan kotak penalti. Sane melepaskan tembakan, tapi diblok Dejan Lovren.

Liverpool terus ditekan oleh tuan rumah. Sebuah tusukan Sane di kiri diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang, yang gagal ditepis dengan sempurna oleh Loris Karius. Beruntung bagi Karius, tak ada pemain City yang menunggu di tiang jauh.

Percobaan lain dari City di menit ke-27. Umpan tarik Bernardo Silva disambar De Bruyne dari luar kotak penalti. Masih terlalu mudah untuk Karius, sehingga bola ditangkap saja.

Bernardo mendapatkan bola liar di sisi kanan di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola membentur tangan Jordan Henderson, namun wasit tak meniup peluit. Bernardo protes dan diacungi kartu kuning saat laga memasuki menit ke-30 tersebut.

Sebuah serangan balik yang rapi dari Liverpool mengantarkan mereka ke peluang bersih pertama di menit ke-41. Sepakan Alex-Oxlade Chamberlain masih bisa diantisipasi oleh Ederson Moraes.

Tapi tak lama berselang, City merespons dengan nyaris mencetak gol. Tembakan keras Bernardo dari sisi kanan menghantam tiang gawang dan kembali arena permainan.

Semenit kemudian, Sane mencetak gol dalam sebuah situasi kemelut. Tapi wasit menganulirnya, dengan hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Tayangan ulang menunjukkan Sane dalam posisi sejajar dengan pemain Liverpool.

Di menit terakhir babak pertama, Liverpool menciptakan ancaman. Chamberlain melakukan kerja sama satu-dua dengan Salah, diakhiri dengan sebuah tendangan dari sudut sempit setelah melewati Ederson. Tapi upaya Chamberlain cuma melambung. Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 1-0 atas Liverpool.

Di menit ke-57, Liverpool menyamakan kedudukan dari sebuah serangan cepat. Umpan terobosan Wijnaldum diteruskan Salah ke Mane di sisi kanan. Mane merangsek melewati dua pemain, tapi bola dipotong Ederson.

Saat itulah Salah datang dari belakang dan menguasai bola, lalu mencungkilnya melewati Nicolas Otamendi yang berusaha memblok. Skor kini 1-1.

City terus berupaya mengurung Liverpool. Percobaan dalam jarak berdekatan dari De Bruyne dan Aymeric Laporte belum menemui sasaran setelah diblok pertahanan Liverpool.

Sane mengirim umpan silang ke tiang jauh di menit ke-75, namun bola terlalu sulit untuk Sergio Aguero. Upayanya menyundul berakhir di samping gawang.

Alih-alih mencetak gol, City malah kembali kebobolan dua menit berselang. Otamendi melakukan kesalahan, kehilangan bola di pertahanan sendiri. Bola direbut Firmino yang lantas menaklukkan Ederson dengan tenang.

City kembali punya gol dianulir di menit ke-82. Sane menerima umpan lalu meneruskannya ke Guendogan di tengah yang menuntaskan peluang ke dalam gawang. Tapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera, menandai Sane dalam posisi offside.

Sampai laga berakhir tak ada lagi gol tercipta. Liverpool mengunci kemenangan dan tiket semifinal.

Susunan pemain:

City: Ederson, Walker, Otamendi, Laporte, Fernandinho, De Bruyne, Silva (Aguero 66′), Sane, Sterling, Bernardo (Guendogan 74′), Jesus

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold (Clyne 82′), Lovren, Van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Milner, Oxlade-Chamberlain, Salah (Ings 91′), Firmino (Klavan 81′) , Mane. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Dukung Pemerintah, 2019 Golkar Target 6 Kursi di DPRD Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Tanjungpinang, Ade Angga menargetkan 6 kursi suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang. Menurut,...

Komisi III DPRD Kepri Tinjau Pembangunan Drainase

Metrobatam.com, Batam - Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan Dinas PUPR melakukan peninjauan lapangan pembangunan dan perbaikan saluran air di Kelurahan Baloi...

Ketua DPRD Provinsi Kepri Terima Kunjungan KPU Kepri

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak menerima kunjungan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau, Senin (16/7). Rombongan KPU...

Alfin Minta Kader PKS Tanjungpinang Rebut Pimpinan Dewan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tanjungpinang, Alfin memimpin pendaftaran Caleg Partainya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota...

Danlantamal IV Beri Pembekalan Peserta Ssda Ppra Vlii Lemhannas RI

Metrobatam.com - Tanjungpinang 17 Juli 2018,…. Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., memberikan pembekalan...

Danlantamal IV Sambut Kedatangan Wagub Lemhannas RI

Metrobatam.com - Tanjungpinang 16 Juli 2018, Komandan Pangakalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., menyambut kedatangan...

Satkat Koarmada I Laksanakan Sosialisasi Bela Negara di SMA Negeri 1 Bintan.

Satuan Kapal Cepat (Satkat) Komando Armada I (Koarmada I) melaksanakan sosialisasi Bela Negara kepada siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan tersebut berlangsung di...

KPU BC Batam Amankan Shabu berat bruto 511 gram

Metrobatam.com - Batam, Minggu (15/07/2018) penumpang moda transportasi : Lion Air JT 970 (BTH-SUB) membawa 4 bungkus plastik bening yang diduga Methamphetamine dengan berat...

Bea Cukai Batam Berhasil Amankan Penyelundupan Sabu Seberat Bruto 1.229Gram

Metrobatam.com - Batam, Bea Cukai Batam bersama petugas Avsec bandara Hangnadim kembali berhasil menggagalkan penyelundupan sabu dari Batam dihari yang berbeda pada hari minggu...

Ingat, Ini Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2019

Metrobatam, Jakarta - Batas akhir pendaftaran bagi bakal calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk Pemilu 2019 jatuh pada hari ini,...

Jokowi Akui Mahfud MD dan TGB Masuk Daftar Cawapres

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan nama sejumlah tokoh yang hadir dalam Kuliah Umum Akademi Bela Negara Partai Nasdem masuk dalam kantongnya sebagai...

Penyelundupan 5 Kg Sabu di Perairan Asahan Sumut Berhasil Digagalkan

Metrobatam, Jakarta - Tim First Fleet Quick Respons (FFQR) Pangakalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA), Sumatera Utara (Sumut) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba...
BAGIKAN