Manchester – Memulai dari posisi tertinggal oleh gol cepat, Liverpool menang 2-1 atas Manchester City. Mereka pun lolos ke semifinal Liga Champions dengan agregat 5-1.

Bertandang ke Etihad Stadium, Rabu (11/4) dinihari WIB, Liverpool sejatinya memulai dengan buruk. City sudah unggul di menit kedua lewat gol Gabriel Jesus, yang bermula dari sebuah kesalahan pertahanan Liverpool.

City lantas mendominasi dan nyaman menciptakan peluang-peluang. City bahkan sempat mencetak gol kedua lewat Leroy Sane, tapi dianulir karena offside. Padahal bola yang diterimanya berasal dari James Milner, bukan operan rekan setim.

Liverpool baru menyengat di babak kedua. Gol Mohamed Salah di menit ke-56 menyamakan kedudukan untuk Liverpool, sekaligus memberikan pukulan mental untuk City.

Gol Roberto Firmino di menit ke-77 memberikan sinyal game over untuk City. Liverpool pun lolos ke semifinal dengan agregat telak 5-1.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, City mencetak gol. Virgil van Dijk melakukan kesalahan saat hendak membuang bola, sehingga dikuasai City di tengah.

Fernandinho mengoper ke Sterling yang berlari bebas di sisi kanan. Dia lantas mengoper ke Gabriel Jesus di tengah, yang menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Kevin De Bruyne mencoba peruntungan dari jarak jauh di menit ke-8. Masih melambung. City mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pada menit ke-16. Umpan mendatar diarahkan ke Leroy Sane di depan kotak penalti. Sane melepaskan tembakan, tapi diblok Dejan Lovren.

Liverpool terus ditekan oleh tuan rumah. Sebuah tusukan Sane di kiri diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang, yang gagal ditepis dengan sempurna oleh Loris Karius. Beruntung bagi Karius, tak ada pemain City yang menunggu di tiang jauh.

Percobaan lain dari City di menit ke-27. Umpan tarik Bernardo Silva disambar De Bruyne dari luar kotak penalti. Masih terlalu mudah untuk Karius, sehingga bola ditangkap saja.

Bernardo mendapatkan bola liar di sisi kanan di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola membentur tangan Jordan Henderson, namun wasit tak meniup peluit. Bernardo protes dan diacungi kartu kuning saat laga memasuki menit ke-30 tersebut.

Sebuah serangan balik yang rapi dari Liverpool mengantarkan mereka ke peluang bersih pertama di menit ke-41. Sepakan Alex-Oxlade Chamberlain masih bisa diantisipasi oleh Ederson Moraes.

Tapi tak lama berselang, City merespons dengan nyaris mencetak gol. Tembakan keras Bernardo dari sisi kanan menghantam tiang gawang dan kembali arena permainan.

Semenit kemudian, Sane mencetak gol dalam sebuah situasi kemelut. Tapi wasit menganulirnya, dengan hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Tayangan ulang menunjukkan Sane dalam posisi sejajar dengan pemain Liverpool.

Di menit terakhir babak pertama, Liverpool menciptakan ancaman. Chamberlain melakukan kerja sama satu-dua dengan Salah, diakhiri dengan sebuah tendangan dari sudut sempit setelah melewati Ederson. Tapi upaya Chamberlain cuma melambung. Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 1-0 atas Liverpool.

Di menit ke-57, Liverpool menyamakan kedudukan dari sebuah serangan cepat. Umpan terobosan Wijnaldum diteruskan Salah ke Mane di sisi kanan. Mane merangsek melewati dua pemain, tapi bola dipotong Ederson.

Saat itulah Salah datang dari belakang dan menguasai bola, lalu mencungkilnya melewati Nicolas Otamendi yang berusaha memblok. Skor kini 1-1.

City terus berupaya mengurung Liverpool. Percobaan dalam jarak berdekatan dari De Bruyne dan Aymeric Laporte belum menemui sasaran setelah diblok pertahanan Liverpool.

Sane mengirim umpan silang ke tiang jauh di menit ke-75, namun bola terlalu sulit untuk Sergio Aguero. Upayanya menyundul berakhir di samping gawang.

Alih-alih mencetak gol, City malah kembali kebobolan dua menit berselang. Otamendi melakukan kesalahan, kehilangan bola di pertahanan sendiri. Bola direbut Firmino yang lantas menaklukkan Ederson dengan tenang.

City kembali punya gol dianulir di menit ke-82. Sane menerima umpan lalu meneruskannya ke Guendogan di tengah yang menuntaskan peluang ke dalam gawang. Tapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera, menandai Sane dalam posisi offside.

Sampai laga berakhir tak ada lagi gol tercipta. Liverpool mengunci kemenangan dan tiket semifinal.

Susunan pemain:

City: Ederson, Walker, Otamendi, Laporte, Fernandinho, De Bruyne, Silva (Aguero 66′), Sane, Sterling, Bernardo (Guendogan 74′), Jesus

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold (Clyne 82′), Lovren, Van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Milner, Oxlade-Chamberlain, Salah (Ings 91′), Firmino (Klavan 81′) , Mane. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kapolda Kepri Tinjau Langsung Pengamanan Penghitungan Surat Suara di PPK

Metrobatam.com, Batam - Kapolda Kepri mengunjungi lokasi penghitungan suara di PPK Batam Kota, PPK Sagulung dan PPK Sekupang dalam rangka meninjau langsung pengamanan penghitungan...

40 WNA Asal Tiongkok dan Taiwan Sindikat Penipuan Ditangkap di Semarang

Metrobatam.com, Semarang - Sebanyak 40 warga negara asing asal Tiongkok dan Taiwan yang merupakan anggota sindikat penipuan internasional ditangkap petugas keimigrasian di sebuah rumah...

Babinsa Kelurahan Tanjungpinang Barat Ikut Antarkan Jenasah Wak Tole ke TPU

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dandim 0315/Bintan Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa melalui Babinsa Kelurahan Tanjungpinang Barat Serda Marsiin ikut mengantarkan Jenasah Musran. Pria...

Ini Daftar Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukan di Ruangan Pembeku di Kulkas

Metrobatam.com, (Mb) - Freezer membuat bahan makanan jadi awet lebih lama sehingga bisa dikonsumsi kapan pun Anda inginkan. Makanan yang dimasak bisa disimpan untuk...

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas di Rumahnya di Kelurahan Tanjungpinang Barat

Metrobtam.com, Tanjungpinang - Musran (64) Seorang pria paruh baya ditemukan tewas di Kediaman adik ipar di Jalan Usman Harun plantar Hasan Awang, RT 3...

Dapil Tanjungpinang Timur dari Partai Demokrat, Rina Febriani Raih Kursi DPRD Kota Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Rina Febriani, Calon Anggota Legislatif Caleg nomor urut 9 dari Partai Demokrat, dipastikan duduk sebagai Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Daerah Pemilhan...

Jusri Sabri Berpeluang dapat Kursi DPRD Kota Tanjungpinang

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kota Tanjungpinang, dari PDIP, Jusri Sabri, berpeluang mendapatkan kursi dewan kota. Hasil penghitungan suara sementara, pria penggiat...

Konsumsi BBM dan LPG Sumbagut Meningkat Selama Periode Pemilu

Metrobatam.com, Batam - Masih dalam rangka semangat pelaksanaan Pemilu 2019, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I melaksanakan pengamanan pasokan BBM dan LPG melalui Satuan...

Pemko Batam Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Selam

Metrobatam.com, Batam - Delapan warga Pulau Abang terlihat mendengarkan penjelasan instruktur selam dari Max’s Dive Centre (MDC) saat berlatih di kolam renang Hotel Vista,...

Bayar Klaim Faskes, Kesehatan Batam Gelontorkan Rp 91 Miliar

Metrobatam.com, Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam telah menyelesaikan pembayaran klaim yang jatuh tempo terhitung 8 April. Jumlah klaim yang...

KPU : 2.249 TPS akan Melaksanakan Pemungutan Suara Susulan

Metrobatam.com, Jakarta - KPU menyebutkan sebanyak 2.249 TPS di sejumlah daerah di Indonesia akan melaksanakan pemungutan suara susulan karena keterlambatan distribusi logistik dan terkendala...

Bupati dan FKPD Bintan Tinjau Pelaksanaan Pemilu 2019

Metrobatam.com, Bintan - Usai menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 60, Jalan Alumina, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan, Rabu (17/4) pagi, Bupati...