Liga Champions: Kalahkan City 2-1, Liverpool Melangkah Mantap ke Semifinal

2153

Manchester – Memulai dari posisi tertinggal oleh gol cepat, Liverpool menang 2-1 atas Manchester City. Mereka pun lolos ke semifinal Liga Champions dengan agregat 5-1.

Bertandang ke Etihad Stadium, Rabu (11/4) dinihari WIB, Liverpool sejatinya memulai dengan buruk. City sudah unggul di menit kedua lewat gol Gabriel Jesus, yang bermula dari sebuah kesalahan pertahanan Liverpool.

City lantas mendominasi dan nyaman menciptakan peluang-peluang. City bahkan sempat mencetak gol kedua lewat Leroy Sane, tapi dianulir karena offside. Padahal bola yang diterimanya berasal dari James Milner, bukan operan rekan setim.

Liverpool baru menyengat di babak kedua. Gol Mohamed Salah di menit ke-56 menyamakan kedudukan untuk Liverpool, sekaligus memberikan pukulan mental untuk City.

Gol Roberto Firmino di menit ke-77 memberikan sinyal game over untuk City. Liverpool pun lolos ke semifinal dengan agregat telak 5-1.

Jalannya Pertandingan

Baru dua menit berjalan, City mencetak gol. Virgil van Dijk melakukan kesalahan saat hendak membuang bola, sehingga dikuasai City di tengah.

Fernandinho mengoper ke Sterling yang berlari bebas di sisi kanan. Dia lantas mengoper ke Gabriel Jesus di tengah, yang menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Kevin De Bruyne mencoba peruntungan dari jarak jauh di menit ke-8. Masih melambung. City mendapatkan tendangan bebas di sisi kiri pada menit ke-16. Umpan mendatar diarahkan ke Leroy Sane di depan kotak penalti. Sane melepaskan tembakan, tapi diblok Dejan Lovren.

Liverpool terus ditekan oleh tuan rumah. Sebuah tusukan Sane di kiri diakhiri dengan umpan silang ke mulut gawang, yang gagal ditepis dengan sempurna oleh Loris Karius. Beruntung bagi Karius, tak ada pemain City yang menunggu di tiang jauh.

Percobaan lain dari City di menit ke-27. Umpan tarik Bernardo Silva disambar De Bruyne dari luar kotak penalti. Masih terlalu mudah untuk Karius, sehingga bola ditangkap saja.

Bernardo mendapatkan bola liar di sisi kanan di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola membentur tangan Jordan Henderson, namun wasit tak meniup peluit. Bernardo protes dan diacungi kartu kuning saat laga memasuki menit ke-30 tersebut.

Sebuah serangan balik yang rapi dari Liverpool mengantarkan mereka ke peluang bersih pertama di menit ke-41. Sepakan Alex-Oxlade Chamberlain masih bisa diantisipasi oleh Ederson Moraes.

Tapi tak lama berselang, City merespons dengan nyaris mencetak gol. Tembakan keras Bernardo dari sisi kanan menghantam tiang gawang dan kembali arena permainan.

Semenit kemudian, Sane mencetak gol dalam sebuah situasi kemelut. Tapi wasit menganulirnya, dengan hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Tayangan ulang menunjukkan Sane dalam posisi sejajar dengan pemain Liverpool.

Di menit terakhir babak pertama, Liverpool menciptakan ancaman. Chamberlain melakukan kerja sama satu-dua dengan Salah, diakhiri dengan sebuah tendangan dari sudut sempit setelah melewati Ederson. Tapi upaya Chamberlain cuma melambung. Babak pertama berakhir dengan keunggulan City 1-0 atas Liverpool.

Di menit ke-57, Liverpool menyamakan kedudukan dari sebuah serangan cepat. Umpan terobosan Wijnaldum diteruskan Salah ke Mane di sisi kanan. Mane merangsek melewati dua pemain, tapi bola dipotong Ederson.

Saat itulah Salah datang dari belakang dan menguasai bola, lalu mencungkilnya melewati Nicolas Otamendi yang berusaha memblok. Skor kini 1-1.

City terus berupaya mengurung Liverpool. Percobaan dalam jarak berdekatan dari De Bruyne dan Aymeric Laporte belum menemui sasaran setelah diblok pertahanan Liverpool.

Sane mengirim umpan silang ke tiang jauh di menit ke-75, namun bola terlalu sulit untuk Sergio Aguero. Upayanya menyundul berakhir di samping gawang.

Alih-alih mencetak gol, City malah kembali kebobolan dua menit berselang. Otamendi melakukan kesalahan, kehilangan bola di pertahanan sendiri. Bola direbut Firmino yang lantas menaklukkan Ederson dengan tenang.

City kembali punya gol dianulir di menit ke-82. Sane menerima umpan lalu meneruskannya ke Guendogan di tengah yang menuntaskan peluang ke dalam gawang. Tapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera, menandai Sane dalam posisi offside.

Sampai laga berakhir tak ada lagi gol tercipta. Liverpool mengunci kemenangan dan tiket semifinal.

Susunan pemain:

City: Ederson, Walker, Otamendi, Laporte, Fernandinho, De Bruyne, Silva (Aguero 66′), Sane, Sterling, Bernardo (Guendogan 74′), Jesus

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold (Clyne 82′), Lovren, Van Dijk, Robertson, Wijnaldum, Milner, Oxlade-Chamberlain, Salah (Ings 91′), Firmino (Klavan 81′) , Mane. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Wali Kota Tegal Divonis 5 Tahun Penjara

Metrobatam, Jakarta - Majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menjatuhkan vonis lima tahun penjara, kepada Wali Kota nonaktif Tegal, Siti Masitha. Dia...

Dikawal 4 Pesawat Tempur, Panglima TNI ke Natuna Tinjau Pangkalan Militer

Metrobatam, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Saat terbang ke sana, Hadi mendapat pengawalan ekstra ketat. Empat...

PKS Luruskan Hoax Kader Komentar ‘Kartini Pemuas Seks Belanda’

Metrobatam, Jakarta - Komentar seseorang bernama Ahmada Al Fatih yang menghina Kartini dikait-kaitkan dengan PKS. Foto seseorang berjas PKS digabungkan dengan komentar itu. Bagaimana...

Menkumham Setuju Hukuman Cambuk Dilakukan di Area Lapas

Metrobatam, Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly setuju eksekusi hukuman cambuk bagi pelanggar syariat di Aceh dila‎ksanakan di...

Dokter RS Premier Ngaku Tak Pernah Beri Rekam Medis Setnov ke Fredrich Yunadi

Metrobatam, Jakarta - Dokter RS Premier Glen S Dunda mengaku, tidak pernah memberi rekam medis terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) kepada pengacara...

Bos First Travel Akui Gaji Rp 1 M dan Beli Restoran di London

Metrobatam, Depok - Hakim menanyai bos First Travel, Andika Surachman soal nilai gajinya yang mencapai Rp 1 miliar tiap bulan. Menurut Andika, gaji sebesar...

Jenazah Wakapolres Labuhanbatu Dimakamkan secara Militer di Kampung Halamannya

Metrobatam, Medan – Wakapolres Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kompol Andi Chandra, yang tewas setelah kapal yang ditumpanginya bersama 6 pejabat utama Polres Labuhanbatu tenggelam di...

Ketua DPRD Kepri Minta KPID Tangkal Penyebaran Hoax Melalui Siaran

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua DPRD Provinsi provinsi Kepri Jumaga Nadeak, meminta agar Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) setempat berperan aktif menangkal penyebaran hoax melalui...

Ditpolairud Polda Kepri MoU dengan DPC INSA Batam Serta Luncurkan Aplikasi Sipopeye Kepri

Metrobatam.com, Batam - Dirpolairud Polda Kepri meluncurkan aplikasi SIPOPEYE KEPRI dan lakukan Penandatanganan (Memorandum of Understanding) MoU bersama DPC INSA Batam, Jumat (20/4/2018) pagi di...

Tiga Penari Erotis di Batam Hanya Pekerja Lepas

Metrobatam, Batam - Tiga penari erotis di Dataran Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Sabtu, 14 April 2018 lalu diketahui hanya...

‘Sentilan’ SBY dan Polemik Kasus Century

Metrobatam, Jakarta - Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, membuat pernyataan mengejutkan melalui akun media sosial Twitter pribadinya, @SBYudhoyono, pada Selasa (17/4). SBY menyampaikan...

Asyik Pesta Narkoba, 5 Pelajar Ditangkap di Rumah Kosong

Metrobatam, Pekanbaru - Bukannya mengisi waktu dengan hal positif, sekelompok remaja ini malah melakukan perbuatan tercela dan melanggar hukum. Para remaja yang semua masih...
BAGIKAN