Liga Champions, Kalahkan Dortmund 3-1, Monaco Mantap ke Semifinal

1961

Monaco – AS Monaco melenggang ke semifinal. Monaco lolos dengan agregat 6-3 setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor akhir 3-1 di laga perempatfinal leg kedua.

Bertanding di Stade Louis II, Kamis (20/4) dinihari WIB, Monaco menjamu Dortmund dengan modal kemenangan 3-2 di leg pertama. Start impresif diciptakan tim tuan rumah dengan menciptakan gol cepat di menit ketiga berkat Kylian Mbappe.

Pukulan telak didaratkan Monaco kepada Dortmund setelah Radamel Falcao menggandakan skor di menit 17 untuk menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0. Setelah turun minum, Marco Reus menghidupkan peluang Dortmund usai mencetak gol balasan di menit 48.

Pemain pengganti Valere Germain memantapkan kelolosan Monaco dengan menciptakan gol ketiga di 10 menit terakhir waktu normal.

Bagi Monaco, ini merupakan laju terjauhnya di Liga Champions sejak menjadi finalis pada musim 2003-04. Sementara Die Borussen mentok di perempatfinal dalam tiga partisipasi terakhirnya.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menyerang sejak awal. Alhasil, Monaco membuka keunggulan di menit ketiga lewat Kliyan Mbappe untuk memimpin 1-0 atas Dortmund.

Gol tersebut tercipta setelah sepakan keras Benjamin Mendy ditepis Roman Buerki. Bola jatuh di jalur Mbappe, yang diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Dortmund kini unggul agregat 4-2.

Monaco terus menekan, crossing Mendy kepada Bernardo Silva diakhiri dengan sundulan meski mengarah ke pelukan Buerki. Pelanggaran terhadap Pierre-Emerick Aubameyang membuahkan tendangan bebas untuk Dortmund, eksekusi Nuri Sahin menghantam tiang gawang.

Dominasi Monaco menghasilkan gol kedua di menit 17. Kerjasama Mendy dengan Thomas Lemar diakhiri sebuah umpan silang ke tengah kotak, yang ditanduk Radamel Falco untuk memperbesar skor tuan rumah 2-0 (agregat 5-2).

Dortmund terus mencoba mengejar ketinggalannya. Namun, sejauh ini serangan Dortmund belum membayakan gawang Monaco.

Monaco merespons di menit 44. Lemar mengirim umpan terobosan yang membelah pertahanan Dortmund, sebelum Mbappe meneruskan dengan tendangan keras.

Setelah restart, Dortmund melawan. Di menit 48, Marco Reus mencetak gol untuk memperkecil skor menjadi 1-2 (agregat 3-5).

Ousmane Dembele menyisir pertahanan Monaco di sisi kanan lapangan, sebelum mengirim umpan silang dari garis belakang. Bola diterima Reus di tengah kotak yang diselesaikan dengan sepakan keras ke sudut atas gawang.

Mbappe kembali membuat Dortmund ketar-ketir. Semenit berselang, Mbappe meliuk-liuk dalam penjagaan Sokratis yang di akhiri dengan umpan silang kepada Almamy Toure. Namun, sundulan Toure mampu diselamatkan Buerki.

Falcao melewatkan peluang untuk menciptakan gol ketiga di menit 64. Sepakan Falcao melambung dari posisi berbahaya justru melambung.

Serangan balasan Dortmund 10 menit kemudian. Operan Dembele kepada Kagawa diakhiri dengan sundulan kepada Reus di tepi kotak. Bola diteruskan Reus dengan tembakan yang diselamatkan Subasic dengan susah payah.

Valere Germain tidak butuh banyak waktu untuk menciptakan dampak. Belum genap semenit masuk ke lapangan, Germain menciptakan gol ketiga Monaco di menit 81 untuk membunuh Dortmund.

Diawali dari kesalahan Lukasz Piszczek, bola berhasil direbut Lemar. Setelah sampai di kotak penalti, Lemar mengirim umpan silang yang disontek Germain untuk menembus gawang Dortmund. Skor kini 3-1 (agregat 6-3).

Di menit 84, Aubameyang akhirnya mengancam lewat tendangan kaki kirinya yang mengarah ke tiang dekat, namun Subasic mampu menyelamatkannya. Semenit berselang, Sokratis membuat tekel krusial yang menghentikan Silva dari situasi satu lawan satu dengan Buerki.

Susunan Pemain
AS MONACO: Subasic, Glik, Mendy, Toure, Jemerson, Joao Moutinho, Bakayoko, Lemar, Bernardo Silva (Raggi 90+2′), Falcao (Nabil Dirar 68′), Mbappe (Germain 81′)

BOURSSIA DORTMUND: Buerki, Piszczek, Sokratis, Raphael Guerreiro (Pulisic 72′), Durm (Dembele 27′), Ginter, Sahin (Schmelzer 46′), Kagawa, Weigl, Aubameyang, Reus.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Bakamla Selamatkan Rombongan Kemendes yang Terombang-Ambing 8 Jam di Perairan Tarakan, Ini Kronologinya

Metrobatam, Jakarta - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menyelamatkan sebagian rombongan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang...

Ini Istana Bos First Travel yang Terlilit Utang Rp 80 M dan Tipu Calon...

Metrobatam, Jakarta - Polisi telah menetapkan bos First Travel, Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Devitasari Hasibuan, sebagai tersangka kasus penipuan perjalanan umrah. Meski diketahui...

Seperti Ini Bahagianya Warga di Perbatasan yang Akhirnya Bisa Nikmati Listrik

Metrobatam, Atambua - Sudah dua tahun ini listrik hadir di Desa Naekake, salah satu desa di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Timur Leste di Provinsi Nusa...

Kecewa Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang, Mantan Pegawai Bakar Kampus Universitas Malikussaleh

Metrobatam, Aceh Utara – Pelaku pembakaran Gedung Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), di Gampong (Desa) Kecamatan Muara Baru, Kabupaten Aceh Utara, berinisial S mengaku kecewa...

Bekuk 5 Bandar Narkoba di Aceh Utara, BNN Sita 40 Kg Sabu

Metrobatam, Lhokseumawe - Badan Narkotika Nasional (BNN) membekuk 5 bandar narkoba di Aceh. Sebanyak 40 kilogram sabu disita dalam penangkapan tersebut. Awalnya, penangkapan dilakukan terhadap...

FPI Doakan Musuh Rizieq Shihab Dihancurkan, Anis Doakan Rizieq Panjang Umur

Metrobatam, Jakarta - Massa Front Pembela Islam (FPI) mendoakan semua musuh dan orang yang memfitnah Rizieq Shihab dalam perayaan hari ulang tahun ke-19 FPI. Berdasarkan...

Korban First Travel Minta Pemerintah Bantu Kembalikan Uang Jemaah

Metrobatam, Jakarta - Jemaah korban dugaan penipuan perjalanan umrah First Travel meminta pemerintah turun tangan membantu pengembalian dana jemaah yang sudah disetorkan. Hingga saat...

Zaskia Gotik Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Bintan

Metrobatam.com, Bintan - Malam Ramah Tamah dan Hiburan Rakyat Kabupaten Bintan 2017 sempena HUT Kemerdekaan RI ke 72 berlangsung sangat meriah. Hal itu terlihat,...

DPRD Kepri Sahkan Ranperda Keuangan dan Administrasi DPRD

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Riau akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hak-Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota...

Dibandingkan Batam, Turis Singapura Pilih Liburan ke Johor Baru Malaysia

Metrobatam.com, Batam - Masyarakat Singapura ternyata masih memilih Johor Baru, Malaysia sebagai destinasi akhir pekan mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan Singapura yang...

Curhat Jemaah First Travel di DPR: Uang Habis hingga Ibu Meninggal

Metrobatam, Jakarta - Korban jemaah umrah First Travel mengadu ke Komisi VIII DPR. Korban mengadu dengan kerugian yang bervariasi bahkan ada keluarganya yang meninggal...

Ketua MUI: Indonesia Bukan Darul Islam

Metrobatam, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'aruf Amin menyata0kan bahwa Indonesia adalah negara kesepakatan dari berbagai golongan masyarakat, hingga akhirnya merdeka...