Liga Champions, Kalahkan Dortmund 3-1, Monaco Mantap ke Semifinal

1894

Monaco – AS Monaco melenggang ke semifinal. Monaco lolos dengan agregat 6-3 setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor akhir 3-1 di laga perempatfinal leg kedua.

Bertanding di Stade Louis II, Kamis (20/4) dinihari WIB, Monaco menjamu Dortmund dengan modal kemenangan 3-2 di leg pertama. Start impresif diciptakan tim tuan rumah dengan menciptakan gol cepat di menit ketiga berkat Kylian Mbappe.

Pukulan telak didaratkan Monaco kepada Dortmund setelah Radamel Falcao menggandakan skor di menit 17 untuk menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0. Setelah turun minum, Marco Reus menghidupkan peluang Dortmund usai mencetak gol balasan di menit 48.

Pemain pengganti Valere Germain memantapkan kelolosan Monaco dengan menciptakan gol ketiga di 10 menit terakhir waktu normal.

Bagi Monaco, ini merupakan laju terjauhnya di Liga Champions sejak menjadi finalis pada musim 2003-04. Sementara Die Borussen mentok di perempatfinal dalam tiga partisipasi terakhirnya.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menyerang sejak awal. Alhasil, Monaco membuka keunggulan di menit ketiga lewat Kliyan Mbappe untuk memimpin 1-0 atas Dortmund.

Gol tersebut tercipta setelah sepakan keras Benjamin Mendy ditepis Roman Buerki. Bola jatuh di jalur Mbappe, yang diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Dortmund kini unggul agregat 4-2.

Monaco terus menekan, crossing Mendy kepada Bernardo Silva diakhiri dengan sundulan meski mengarah ke pelukan Buerki. Pelanggaran terhadap Pierre-Emerick Aubameyang membuahkan tendangan bebas untuk Dortmund, eksekusi Nuri Sahin menghantam tiang gawang.

Dominasi Monaco menghasilkan gol kedua di menit 17. Kerjasama Mendy dengan Thomas Lemar diakhiri sebuah umpan silang ke tengah kotak, yang ditanduk Radamel Falco untuk memperbesar skor tuan rumah 2-0 (agregat 5-2).

Dortmund terus mencoba mengejar ketinggalannya. Namun, sejauh ini serangan Dortmund belum membayakan gawang Monaco.

Monaco merespons di menit 44. Lemar mengirim umpan terobosan yang membelah pertahanan Dortmund, sebelum Mbappe meneruskan dengan tendangan keras.

Setelah restart, Dortmund melawan. Di menit 48, Marco Reus mencetak gol untuk memperkecil skor menjadi 1-2 (agregat 3-5).

Ousmane Dembele menyisir pertahanan Monaco di sisi kanan lapangan, sebelum mengirim umpan silang dari garis belakang. Bola diterima Reus di tengah kotak yang diselesaikan dengan sepakan keras ke sudut atas gawang.

Mbappe kembali membuat Dortmund ketar-ketir. Semenit berselang, Mbappe meliuk-liuk dalam penjagaan Sokratis yang di akhiri dengan umpan silang kepada Almamy Toure. Namun, sundulan Toure mampu diselamatkan Buerki.

Falcao melewatkan peluang untuk menciptakan gol ketiga di menit 64. Sepakan Falcao melambung dari posisi berbahaya justru melambung.

Serangan balasan Dortmund 10 menit kemudian. Operan Dembele kepada Kagawa diakhiri dengan sundulan kepada Reus di tepi kotak. Bola diteruskan Reus dengan tembakan yang diselamatkan Subasic dengan susah payah.

Valere Germain tidak butuh banyak waktu untuk menciptakan dampak. Belum genap semenit masuk ke lapangan, Germain menciptakan gol ketiga Monaco di menit 81 untuk membunuh Dortmund.

Diawali dari kesalahan Lukasz Piszczek, bola berhasil direbut Lemar. Setelah sampai di kotak penalti, Lemar mengirim umpan silang yang disontek Germain untuk menembus gawang Dortmund. Skor kini 3-1 (agregat 6-3).

Di menit 84, Aubameyang akhirnya mengancam lewat tendangan kaki kirinya yang mengarah ke tiang dekat, namun Subasic mampu menyelamatkannya. Semenit berselang, Sokratis membuat tekel krusial yang menghentikan Silva dari situasi satu lawan satu dengan Buerki.

Susunan Pemain
AS MONACO: Subasic, Glik, Mendy, Toure, Jemerson, Joao Moutinho, Bakayoko, Lemar, Bernardo Silva (Raggi 90+2′), Falcao (Nabil Dirar 68′), Mbappe (Germain 81′)

BOURSSIA DORTMUND: Buerki, Piszczek, Sokratis, Raphael Guerreiro (Pulisic 72′), Durm (Dembele 27′), Ginter, Sahin (Schmelzer 46′), Kagawa, Weigl, Aubameyang, Reus.(mb/detik)

BERITA TERKINI

BNNP Kepri Tangkap Dua Bersaudara Pemilik Narkoba di Baloi, Batam

Metrobatam.com, Batam - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri mengamankan dua orang yang kedapatan memiliki narkoba jenis sabu dan pil ekstasi saat berada di...

Derby Manchester Imbang 0-0

Metrobatam.com, Manchester - Laga derby antara Manchester City melawan Manchester United berkesudahan imbang 0-0 dalam pertandingan Liga Utama Inggris di Etihad Stadium, Kamis malam...

Ekspos Polresta Barelang dan BPOM Terkait Tangkapan 7008 Butir Dektrometorfan Sediaan Tunggal

Metrobatam.com, Batam - Ekspos yang dilaksanakan di halaman Satnarkoba Polresta Barelang pada hari Kamis tanggal 27 April 2017 pukul 09.00 WIB di pimpin langsung...

Kolom: Kekalahan Ahok, Islam Politik, dan Narasi Demokrasi di Indonesia

Metrobatam, Jakarta - Seperti sebuah paduan suara, semua pemberitaan media Barat khususnya di Amerika Serikat tentang kekalahan Ahok dalam Pilkada Jakarta 2017 di-frame dalam...

Ustadz Jakfar Meninggal Saat Membaca Alquran di Rumah Mensos

Metrobatam, Surabaya – Nama ustadz Jakfar Abdul Rahman menjadi buah bibir di masyarakat saat ini. Pasalnya, qari atau ahli pembaca Alquran itu wafat saat...

Syok Usai Salah Tembak, Keberadaan Aiptu BS Dicari Polisi

Metrobatam, Bengkulu – Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno mengatakan, dalam satu atau dua hari ini akan menyelesaikan persoalan polisi berinisial BS (43), anggota...

Tolak Pemeriksaan Lekuk Tubuh, Pengacara Firza: Itu Foto Editan

Metrobatam, Jakarta - Firza Husein menolak ketika lekuk tubuhnya hendak diperiksa oleh polisi. Menurut Aziz, foto-foto yang beredar merupakan hasil editan. "Itu kan pihak kepolisian...

Analisis: Mas Agus dan Ambisi Politik Cikeas

Metrobatam, Jakarta - Apalagi yang dimiliki Partai Demokrat selain Susilo Bambang Yudhoyono? Pergantian kekuasaan dari Presiden ke-6 SBY menuju Presiden Joko Widodo saat ini, tak...

Pindahkan Ibukota, Bappenas Tak Ingin Keluar Duit

Metrobatam, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan pengganti DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia akan berada di wilayah yang telah memiliki lahan...

ICW: Partai Pendukung Angket KPK Tak Mau Kasus e-KTP Diusut Tuntas

Metrobatam, Jakarta - Komisi III DPR sedang gencar mengusulkan pengguliran hak angket untuk meminta KPK membuka rekaman BAP tersangka pemberi keterangan palsu kasus korupsi...

AS Buka Kemungkinan Gelar Operasi Laut China Selatan

Metrobatam, Jakarta - Komandan militer Amerika Serikat di Asia Pasifik, Admiral Harry Harris, menyatakan pihaknya kemungkinan besar akan melaksanakan kembali operasi kebebasan navigasi di...

Mencoba Melarikan Diri, BNN Tembak Bandar Narkoba

Metrobatam, Palembang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat dibantu oleh Polda Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil membongkar jaringan besar Narkotika di Sumsel, di Daerah Talang...