Liga Champions, Kalahkan Dortmund 3-1, Monaco Mantap ke Semifinal

Monaco – AS Monaco melenggang ke semifinal. Monaco lolos dengan agregat 6-3 setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor akhir 3-1 di laga perempatfinal leg kedua.

Bertanding di Stade Louis II, Kamis (20/4) dinihari WIB, Monaco menjamu Dortmund dengan modal kemenangan 3-2 di leg pertama. Start impresif diciptakan tim tuan rumah dengan menciptakan gol cepat di menit ketiga berkat Kylian Mbappe.

Pukulan telak didaratkan Monaco kepada Dortmund setelah Radamel Falcao menggandakan skor di menit 17 untuk menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0. Setelah turun minum, Marco Reus menghidupkan peluang Dortmund usai mencetak gol balasan di menit 48.

Pemain pengganti Valere Germain memantapkan kelolosan Monaco dengan menciptakan gol ketiga di 10 menit terakhir waktu normal.

Bagi Monaco, ini merupakan laju terjauhnya di Liga Champions sejak menjadi finalis pada musim 2003-04. Sementara Die Borussen mentok di perempatfinal dalam tiga partisipasi terakhirnya.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menyerang sejak awal. Alhasil, Monaco membuka keunggulan di menit ketiga lewat Kliyan Mbappe untuk memimpin 1-0 atas Dortmund.

Gol tersebut tercipta setelah sepakan keras Benjamin Mendy ditepis Roman Buerki. Bola jatuh di jalur Mbappe, yang diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Dortmund kini unggul agregat 4-2.

Monaco terus menekan, crossing Mendy kepada Bernardo Silva diakhiri dengan sundulan meski mengarah ke pelukan Buerki. Pelanggaran terhadap Pierre-Emerick Aubameyang membuahkan tendangan bebas untuk Dortmund, eksekusi Nuri Sahin menghantam tiang gawang.

Dominasi Monaco menghasilkan gol kedua di menit 17. Kerjasama Mendy dengan Thomas Lemar diakhiri sebuah umpan silang ke tengah kotak, yang ditanduk Radamel Falco untuk memperbesar skor tuan rumah 2-0 (agregat 5-2).

Dortmund terus mencoba mengejar ketinggalannya. Namun, sejauh ini serangan Dortmund belum membayakan gawang Monaco.

Monaco merespons di menit 44. Lemar mengirim umpan terobosan yang membelah pertahanan Dortmund, sebelum Mbappe meneruskan dengan tendangan keras.

Setelah restart, Dortmund melawan. Di menit 48, Marco Reus mencetak gol untuk memperkecil skor menjadi 1-2 (agregat 3-5).

Ousmane Dembele menyisir pertahanan Monaco di sisi kanan lapangan, sebelum mengirim umpan silang dari garis belakang. Bola diterima Reus di tengah kotak yang diselesaikan dengan sepakan keras ke sudut atas gawang.

Mbappe kembali membuat Dortmund ketar-ketir. Semenit berselang, Mbappe meliuk-liuk dalam penjagaan Sokratis yang di akhiri dengan umpan silang kepada Almamy Toure. Namun, sundulan Toure mampu diselamatkan Buerki.

Falcao melewatkan peluang untuk menciptakan gol ketiga di menit 64. Sepakan Falcao melambung dari posisi berbahaya justru melambung.

Serangan balasan Dortmund 10 menit kemudian. Operan Dembele kepada Kagawa diakhiri dengan sundulan kepada Reus di tepi kotak. Bola diteruskan Reus dengan tembakan yang diselamatkan Subasic dengan susah payah.

Valere Germain tidak butuh banyak waktu untuk menciptakan dampak. Belum genap semenit masuk ke lapangan, Germain menciptakan gol ketiga Monaco di menit 81 untuk membunuh Dortmund.

Diawali dari kesalahan Lukasz Piszczek, bola berhasil direbut Lemar. Setelah sampai di kotak penalti, Lemar mengirim umpan silang yang disontek Germain untuk menembus gawang Dortmund. Skor kini 3-1 (agregat 6-3).

Di menit 84, Aubameyang akhirnya mengancam lewat tendangan kaki kirinya yang mengarah ke tiang dekat, namun Subasic mampu menyelamatkannya. Semenit berselang, Sokratis membuat tekel krusial yang menghentikan Silva dari situasi satu lawan satu dengan Buerki.

Susunan Pemain
AS MONACO: Subasic, Glik, Mendy, Toure, Jemerson, Joao Moutinho, Bakayoko, Lemar, Bernardo Silva (Raggi 90+2′), Falcao (Nabil Dirar 68′), Mbappe (Germain 81′)

BOURSSIA DORTMUND: Buerki, Piszczek, Sokratis, Raphael Guerreiro (Pulisic 72′), Durm (Dembele 27′), Ginter, Sahin (Schmelzer 46′), Kagawa, Weigl, Aubameyang, Reus.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Warga Malaysia Diajak Menggalang Dana Menalangi Utang Negara Rp 3.570 T

Metrobatam.com, Kuala Lumpur - Warga Malaysia ramai-ramai diajak untuk menggalang dana menalangi utang negara yang sudah menembus 1 triliun RM (Ringgit Malaysia) atau sekitar...

Terkait KEK, Pengusaha Ngadu ke DPRD Kota Batam

Metrobatam.com, Batam - Nuryanto, SH,MH memimpin Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait penyampaian aspirasi dari para pengusaha dan asosiasi Kota Batam melalui Kadin yang...

Bea dan Cukai Batam : Pengawasan Barang di FTZ Lebih Sulit Dibanding KEK

Metrobatam.com, Batam - Pengawasan barang di Free Trade Zone (FTZ) lebih sulit dibandingkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dampak lainnya juga menjadikan Batam tepat untuk...

Tangkal Terorisme, Pengajar Harus Belajar Nilai Kebangsaan

Metrobatam, Jakarta - Akademisi Muslim Azyumardi Azra mengimbau tenaga pengajar di kampus mendapat pelatihan kembali soal kebangsaan. Tuntutan Azyumardi itu terkait dengan temuan sejumlah...

Jelang Final Liga Champions: Zinedine Yazid Zidane vs Juergen Norbert Klopp

Metrobatam, Jakarta - Juergen Klopp senang hanya bertemu Zinedine Zidane setelah dia jadi pelatih. Genius sebagai peraci strategi, jalan karier keduanya memang beda jauh. "Dia...

JK Sebut Daftar Mubalig Dibuat Agar Tak Sembarangan Ceramah

Metrobatam, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendukung langkah Kementerian Agama yang mengeluarkan daftar 200 nama mubalig. Menurut JK, daftar nama itu berguna mengatur...

Ketua KPK Sindir DPR yang Dukung Eks Koruptor Nyaleg

Metrobatam, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyindir pihak-pihak yang membolehkan mantan narapidana korupsi menjadi calon anggota legislatif pada Pemilu 2019....

Penyidik Sebut Fredrich Minta Kerjaan: Dia Bilang KPK Kan Banyak OTT

Metrobatam, Jakarta - Fredrich Yunadi disebut pernah meminta agar dibagi kasus pada seorang penyidik senior KPK. Ambarita Damanik. Namun, permintaan Fredrich itu disampaikan sembari...

Soal Ekonomi RI Lampu Kuning, Ini Penjelasan BI

Metrobatam, Jakarta - Beberapa kalangan menyebutkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini berada dalam lampu kuning. Menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah hingga...

UU Terorisme Beri Kompensasi Korban hingga Peristiwa Bom Bali

Metrobatam, Jakarta - Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme yang baru saja disahkan DPR mengatur tentang pemberian kompensasi bagi korban aksi...

Moeldoko Sebut Perpres Korupsi Tinggal Diteken Jokowi

Metrobatam, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan hasil revisi Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi sudah...

Kontroversi Takjil Politik #2019GantiPresiden

Metrobatam, Jakarta - Pembagian takjil gratis berstiker #2019GantiPresiden yang dibagikan Komunitas Relawan Sadar Indonesia (Korsa) menuai kontroversi. Pendukung Joko Widodo (Jokowi) mengkritik pembagian takjil...
BAGIKAN