Liga Champions, Kalahkan Dortmund 3-1, Monaco Mantap ke Semifinal

1961

Monaco – AS Monaco melenggang ke semifinal. Monaco lolos dengan agregat 6-3 setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor akhir 3-1 di laga perempatfinal leg kedua.

Bertanding di Stade Louis II, Kamis (20/4) dinihari WIB, Monaco menjamu Dortmund dengan modal kemenangan 3-2 di leg pertama. Start impresif diciptakan tim tuan rumah dengan menciptakan gol cepat di menit ketiga berkat Kylian Mbappe.

Pukulan telak didaratkan Monaco kepada Dortmund setelah Radamel Falcao menggandakan skor di menit 17 untuk menyudahi babak pertama dengan keunggulan 2-0. Setelah turun minum, Marco Reus menghidupkan peluang Dortmund usai mencetak gol balasan di menit 48.

Pemain pengganti Valere Germain memantapkan kelolosan Monaco dengan menciptakan gol ketiga di 10 menit terakhir waktu normal.

Bagi Monaco, ini merupakan laju terjauhnya di Liga Champions sejak menjadi finalis pada musim 2003-04. Sementara Die Borussen mentok di perempatfinal dalam tiga partisipasi terakhirnya.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menyerang sejak awal. Alhasil, Monaco membuka keunggulan di menit ketiga lewat Kliyan Mbappe untuk memimpin 1-0 atas Dortmund.

Gol tersebut tercipta setelah sepakan keras Benjamin Mendy ditepis Roman Buerki. Bola jatuh di jalur Mbappe, yang diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Dortmund kini unggul agregat 4-2.

Monaco terus menekan, crossing Mendy kepada Bernardo Silva diakhiri dengan sundulan meski mengarah ke pelukan Buerki. Pelanggaran terhadap Pierre-Emerick Aubameyang membuahkan tendangan bebas untuk Dortmund, eksekusi Nuri Sahin menghantam tiang gawang.

Dominasi Monaco menghasilkan gol kedua di menit 17. Kerjasama Mendy dengan Thomas Lemar diakhiri sebuah umpan silang ke tengah kotak, yang ditanduk Radamel Falco untuk memperbesar skor tuan rumah 2-0 (agregat 5-2).

Dortmund terus mencoba mengejar ketinggalannya. Namun, sejauh ini serangan Dortmund belum membayakan gawang Monaco.

Monaco merespons di menit 44. Lemar mengirim umpan terobosan yang membelah pertahanan Dortmund, sebelum Mbappe meneruskan dengan tendangan keras.

Setelah restart, Dortmund melawan. Di menit 48, Marco Reus mencetak gol untuk memperkecil skor menjadi 1-2 (agregat 3-5).

Ousmane Dembele menyisir pertahanan Monaco di sisi kanan lapangan, sebelum mengirim umpan silang dari garis belakang. Bola diterima Reus di tengah kotak yang diselesaikan dengan sepakan keras ke sudut atas gawang.

Mbappe kembali membuat Dortmund ketar-ketir. Semenit berselang, Mbappe meliuk-liuk dalam penjagaan Sokratis yang di akhiri dengan umpan silang kepada Almamy Toure. Namun, sundulan Toure mampu diselamatkan Buerki.

Falcao melewatkan peluang untuk menciptakan gol ketiga di menit 64. Sepakan Falcao melambung dari posisi berbahaya justru melambung.

Serangan balasan Dortmund 10 menit kemudian. Operan Dembele kepada Kagawa diakhiri dengan sundulan kepada Reus di tepi kotak. Bola diteruskan Reus dengan tembakan yang diselamatkan Subasic dengan susah payah.

Valere Germain tidak butuh banyak waktu untuk menciptakan dampak. Belum genap semenit masuk ke lapangan, Germain menciptakan gol ketiga Monaco di menit 81 untuk membunuh Dortmund.

Diawali dari kesalahan Lukasz Piszczek, bola berhasil direbut Lemar. Setelah sampai di kotak penalti, Lemar mengirim umpan silang yang disontek Germain untuk menembus gawang Dortmund. Skor kini 3-1 (agregat 6-3).

Di menit 84, Aubameyang akhirnya mengancam lewat tendangan kaki kirinya yang mengarah ke tiang dekat, namun Subasic mampu menyelamatkannya. Semenit berselang, Sokratis membuat tekel krusial yang menghentikan Silva dari situasi satu lawan satu dengan Buerki.

Susunan Pemain
AS MONACO: Subasic, Glik, Mendy, Toure, Jemerson, Joao Moutinho, Bakayoko, Lemar, Bernardo Silva (Raggi 90+2′), Falcao (Nabil Dirar 68′), Mbappe (Germain 81′)

BOURSSIA DORTMUND: Buerki, Piszczek, Sokratis, Raphael Guerreiro (Pulisic 72′), Durm (Dembele 27′), Ginter, Sahin (Schmelzer 46′), Kagawa, Weigl, Aubameyang, Reus.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Novanto Belum Pasti Menghadiri Persidangan Andi Narogong

Jakarta: Setya Novanto belum memastikan bakal hadir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, hari ini. Novanto sedianya dijadwalkan bersaksi di persidangan Andi Agustinus alias Andi...

Jokowi: Saya Lihat Fenomena Gampang Sekali Mengkafirkan Orang

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam menyikapi kemudahan yang diperoleh melalui perubahan global dengan adanya media sosial, e-commerce,...

VIRAL! 2 Cewek Berhijab Selfie Pakai Celana Pendek, Netizen: Harus Disanksi Tegas

Metrobatam.com - DUA wanita berhijab videonya mendadak viral di dunia maya dan menjadi bahan cibiran netizen. Pasalnya, gadis berhijab itu melakukan selfie (swafoto) dengan...

Habitatnya Terusik, Orangutan Turun ke Permukiman Warga Bikin Heboh

Metrobatam, Tenggarong – Warga Desa Sebulu Modern, Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur dihebohkan dengan kemunculan seekor orangutan (Pongo pygmaeus) yang masuk ke...

Tipu Belasan CPNS Kemenkumham, Perempuan Ini Raup Rp200 Juta lalu Diciduk Polisi

Metrobatam, Jakarta – Seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintahan Aceh diduga melakukan penipuan terhadap 11 orang calon PNS dalam tes masuk Kemenkumham RI...

Buwas: Anak SD Dibidik Jadi Sasaran Pengedar Narkoba

Metrobatam, Medan - Jaringan narkoba internasional terus berupaya mengembangkan jaring mereka di Indonesia. Termasuk meregenerasi para konsumen mereka dari usia yang sangat dini. Bahkan...

Keganasan Bermedsos Penghina Kapolri Berubah Rengekan di Ruang Sidang

Metrobatam, Bandar Lampung – Kegarangan M Ali Amin Said (35), terdakwa kasus penghinaan terhadap Kapolri Tito Karnavian seperti amblas ditelan bumi. Pemilik akun Facebook,...

Kakak Angkat Ahok: Bismillah, Dengan Ini Saya Nyatakan Maju Pilgub Sulsel Lewat Independen!

Metrobatam, Makassar - Kakak angkat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Andi Analta Baso Amier menyatakan diri akan maju menjadi bakal...

Mengejutkan! Ketua DPRD Kolaka Utara Ternyata Dibunuh Istrinya Sendiri

Metrobatam, Kolaka Utara - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Musakkir Sarira tewas dibunuh istrinya sendiri, Andi Erni Astuti. Politikus...

KPU Keluarkan SK Penetapan Peserta Pemilu 2019 Tahun Depan

Metrobatam, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan partai politik peserta pemilu 2019 pada 17 Februari 2018. SK...

Duterte ke Indonesia dan Malaysia: Ledakkan Perompak di Laut

Manila - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menyatakan dirinya akan meminta pemimpin Indonesia dan Malaysia untuk 'meledakkan' perompak di perairan regional. Duterte juga menegaskan akan...

BNN Musnahkan 520 Kg Ganja, 191 Kg Sabu dan 43 Ribu Butir Ekstasi

Metrobatam, Medan - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 191 kilogram sabu-sabu, 344 butir sabu-sabu tablet, 43.450 butir ekstasi, dan 520 kilogram ganja di Lapangan...
BAGIKAN