Liga Champions: Messi Dua Gol, Barcelona Gasak Juventus 3-0

7781

Barcelona – Barcelona mengawali Liga Champions musim ini dengan menang telak 3-0 atas Juventus. Lionel Messi kembali jadi bintang lapangan lewat sumbangan dua golnya untuk Blaugrana.

Pada pertandingan Grup D di Camp Nou, Rabu (13/9) dinihari WIB, Barca tampil dengan kekuatan terbaiknya. Pemain baru Ousmane Dembele untuk pertama kalinya dimainkan sebagai starter.

Sementara itu, Juventus kehilangan sejumlah pemain kunci seperti Giorgio Chiellini, Sami Khedira, Mario Mandzukic, dan Juan Cuadrado. Pelatih Massimiliano Allegri secara mengejutkan berani memasang gelandang berusia 20 tahun, Rodrigo Bentancur, sebagai starter di lini tengah.

Barca memang mendominasi permainan sejak kick-off. Namun, mereka sempat kesulitan menciptakan peluang. Justru Juve yang beberapa kali mengancam gawang tim tuan rumah.

Barca akhirnya memecahkan kebuntuan melalui gol Messi pada menit ke-45. Gol ini praktis menjadi penutup aksi di babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Barca masih menguasai permainan. Mereka mampu mencetak dua gol tambahan, masing-masing lewat Ivan Rakitic pada menit ke-56 dan Messi pada menit ke-69. Sementara itu, usaha Juve untuk mencetak gol tak membuahkan hasil.

Dengan hasil ini, Barca memimpin klasemen Grup D dengan perolehan tiga poin, di atas Sporting Lisbon yang menang 3-2 atas Olympiakos. Juve menempati posisi terbawah dengan poin nol.

Jalannya Pertandingan

Barca langsung menguasai permainan sejak laga dimulai, sementara Juventus lebih fokus menjaga pertahanannya. Meski begitu, justru Juve yang mendapatkan beberapa peluang pada menit-menit awal.

Mattia De Sciglio mengancam gawang Barca lewat tembakan jarak jauhnya pada menit keenam. Sial buat dia, arah tembakannya masih sedikit melebar.

Berselang tiga menit, Paulo Dybala melakukan solo run dalam sebuah serangan balik kilat. Namun, karena tak ada pemain Juve lain di dekatnya, dia terpaksa menembak dari sudut yang tak ideal. Kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen, dengan mudah mengamankan bola.

Memasuki menit ke-12, tim tamu kembali mendapatkan kesempatan, kali ini lewat Miralem Pjanic. Tembakan keras Pjanic dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Barca, tapi bisa dimentahkan oleh Ter Stegen.

Peluang pertama Barca datang pada menit ke-20. Setelah tendangan bebas Messi hanya membentur pagar hidup pemain Juve, Luis Suarez menyambar bola muntah. Gawang Juve masih selamat berkat penyelamatan gemilang Gianluigi Buffon.

Kendati lebih banyak ditekan, Juve menciptakan kans lainnya pada menit ke-28. Namun, sepakan Gonzalo Higuain masih bisa diantisipasi Ter Stegen.

Juve kehilangan De Sciglio pada menit-menit akhir babak pertama karena cedera. Stefano Sturaro, yang berposisi gelandang, dimasukkan sebagai pengganti.

Barca memimpin saat pertandingan memasuki menit ke-45 lewat gol Messi. Meski dikepung beberapa pemain lawan, Messi mampu melakukan umpan satu-dua dengan Suarez dan melepaskan tembakan mendatar yang menembus gawang Juve. Skor 1-0 untuk keunggulan Barca bertahan hingga jeda.

Juventus berpeluang menyamakan kedudukan tiga menit setelah babak kedua dimulai. Dybala menyambar bola di kotak penalti Barca, tapi tembakannya tak menemui sasaran.

Pada menit ke-52, Messi nyaris mencetak gol lagi. Tembakannya dari luar kotak penalti hanya menghantam tiang gawang, memantul ke badan Buffon, dan kemudian keluar lapangan.

Barca benar-benar unggul 2-0 empat menit kemudian. Gol ini berawal dari tusukan Messi di sisi kiri pertahanan Juve. Umpan silang Messi dengan susah payah dihalau oleh Sturaro, tapi Sturaro tak bisa membuang bola dengan sempurna. Hal ini jadi santapan empuk bagi Rakitic, yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Sebuah situasi tendangan bebas pada menit ke-62 tak bisa dimaksimalkan oleh Messi. Tembakannya bisa diantisipasi oleh Buffon dengan relatif mudah.

Barca memperbesar keunggulannya menjadi 3-0 pada menit ke-69 lewat gol kedua Messi. Dalam sebuah serangan balik, Messi yang menerima umpan dari Andres Iniesta menusuk ke pertahanan Juve. Dia mampu melewati adangan Alex Sandro dan Medhi Benatia sebelum melepaskan tembakan kaki kiri yang merobek gawang Juve.

Setelah ketinggalan tiga gol, Juve berupaya menekan Barca. Tim tamu punya tiga peluang secara beruntun pada menit ke-81 dan 82. Yang pertama lewat tembakan Dybala dari luar kotak penalti yang ditepis secara gemilang oleh Ter Stegen.

Dari sepak pojok, Juve kembali mendapatkan kesempatan. Namun, sundulan Benatia yang mengarah ke gawang Barca masih bisa dihentikan oleh Gerard Pique di garis gawang. Tak berselang lama, giliran Federico Bernardeschi yang mencoba peruntungannya. Tapi, tembakan Bernardeschi bisa diamankan oleh Ter Stegen.

Hingga akhir laga, Juve tak bisa menjebol gawang Barca. Mereka pulang dengan membawa kekalahan telak 0-3.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Pique, Umtiti, Alba; Rakitic (Paulinho 77′), Busquets, Iniesta (Andre Gomes 83′); Dembele (Sergi Roberto 70′), Suarez, Messi

Juventus: Buffon; De Sciglio (Sturaro 41′), Barzagli, Benatia, Alex Sandro; Bentancur (Bernardeschi 63′), Pjanic, Matuidi; Douglas Costa, Higuain (Caligara 87′), Dybala. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Kawasan Bumi Indah Nagoya Batam akan Dibangun Atap dengan Anggaran 7 Miliar

Metrobatam.com, Batam - Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang menganggarkan Rp 7 miliar untuk membangun atap kawasan Bumi Indah Nagoya. Kepala Dinas CKTR, Suhar...

Dugaan Terima Suap Rp1,5 Miliar, KPK Tahan Wali Kota Cilegon

Metrobatam.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wali Kota Cilegon Tubagus Imam Ariyadi (TIA) usai diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan...

Manchester City Hajar Crystal Palace 5-0

Metrobatam.com, Manchester - Manchester City bertahan di puncak klasemen sementara Liga Inggris seusai mengalahkan Crystal Palace dengan skor 5-0 pada pertandingan pekan keenam di...

Layanan Kesehatan Jemput Bola ala Bupati Bintan

Metrobatam.com, Bintan - Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan agar masyarakat Kabupaten Bintan bisa memperoleh kemudahan dalam Pelayanan Kesehatan, dirinya menggagas 3 inovasi...

Polda Kepri Kejar Tersangka Lain Penyelundupan 12 Ton Bahan Pembuat PCC

Metrobatam.com, Bintan - Polda Kepri bersama Polres Bintan masih mengejar pelaku lain atas pengungkapan kasus penyelundupan 12 ton bahan pembuat PCC pada 2 September...

Bupati Bintan Segera Terapkan 3 Inovasi di Bidang Kesehatan

Metrobatam.com, Bintan - Guna memaksimalkan Pelayanan Kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bintan, maka Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mencetuskan 3 inovasi terbaru...

Riset Intelijen Media: Isu PKI Banjiri Medsos, Jokowi dan Panglima TNI Paling Banyak Disebut

Metrobatam, Jakarta - Percakapan tentang isu Partai Komunis Indonesia (PKI) ramai diperbincangkan "netizen" di media sosial, bahkan kembali meningkat tajam sepanjang September 2017 dan...

Waduh! Kekeringan di Karawang Meluas, 33.325 Warga Kesulitan Air Bersih

Metrobatam, Karawang - Kekeringan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat terus meluas hingga di 33 desa. Akibatnya sebanyak 30. 325 jiwa terkena dampak kekeringan. Warga...

Edan! Dikira Taksi Online, Mobil Merah Ini Digulingkan Massa

Metrobatam, Batam - Keberadaan taksi online ternyata masih belum bisa diterima oleh kelompok tertentu. Baru-baru ini sebuah kejadian miris terjadi Kota Batam, Kepulauan Riau...

Usut Korupsi E-KTP, KPK Periksa 7 Saksi dari Perekayasa BJIK hingga Sopir Terdakwa

Metrobatam, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tujuh orang saksi dalam kasus megakorupsi pengadaan e-KTP. Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Setya...

Isi e-Money Kena Biaya, OJK: Bank kan Cari Untung Tapi Harus Terukur

Metrobatam, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, pembatasan fee isi ulang e-money agar para perbankan tidak mengambil untung secara sembarangan melainkan harus terukur. Hal...

Ini Isi Surat Penetapan Ridwan Kamil Jadi Cagub Jabar oleh Golkar

Metrobatam, Jakarta - Partai Golkar mengesahkan dan menetapkan Ridwan Kamil berpasangan dengan Daniel Muttaqien maju ke Pilgub Jabar 2018. Keputusan tersebut sudah direstui oleh...
BAGIKAN