Liga Champions: Roma Menang 2-1 di Kandang CSKA

oleh

Moskow – AS Roma meraih poin penuh dari lawatannya ke markas CSKA Moskow. Roma menang 2-1 atas CSKA yang harus menuntaskan laga dengan 10 orang.

Dalam pertandingan matchday 4 Liga Champions di Stadion Luzhniki, Kamis (8/11) dini hari WIB, Roma sudah unggul saat laga baru berjalan empat menit. Sundulan Kostas Manolas membawa Roma memimpin 1-0 saat turun minum.

Di awal babak kedua, CSKA mencetak gol balasan lewat Arnor Sigurdsson. Namun mereka kemudian kehilangan Hordur Magnusson yang menerima kartu merah dari wasit. Kemenangan Roma kemudian dipastikan oleh Lorenzo Pellegrini.

Kemenangan ini membawa Roma untuk sementara memuncaki klasemen Grup G dengan sembilan poin dari empat laga. Sementara CSKA ada di urutan ketiga dengan empat poin.

Jalannya Pertandingan

Roma sudah unggul saat pertandingan baru berjalan empat menit. Kostas Manolas membawa Roma memimpin 1-0 berkat sundulannya. Ia menyundul bola hasil tendangan sudut Lorenzo Pellegrini.

Nikola Vlasic mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun sepakannya masih melebar dari gawang Roma.

Alessandro Florenzi dapat peluang bagus untuk menggandakan keunggulan Roma setelah menerima bola dari Justin Kluivert. Namun, meski punya ruang, Florenzi gagal menaklukkan Igor Akinfeev. Tembakannya terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan Akinfeev.

Roma mendapat tendangan bebas dan eksekusi Aleksandar Kolarov ditepis oleh Akinfeev. Bola muntah disambar oleh Edin Dzeko, tapi melambung di atas mistar gawang.

CSKA mendapat peluang bagus untuk menyamakan skor jelang babak pertama usai. Sepakan Ivan Oblyakov dari dalam kotak penalti diblok Manolas. Bola yang berbelok mengarah ke Georgi Schennikov yang berdiri bebas di depan gawang. Schennikov gagal memaksimalkan peluang tersebut setelah sundulannya melambung di atas gawang.

Babak kedua berjalan enam menit, CSKA menyamakan kedudukan. Ilzat Akhmetov menembus pertahanan Roma dan kemudian mengoper bola kepada Arnor Sigurdsson yang ada di dalam kotak penalti. Meski dapat kawalan ketat dari bek Roma, Sigurdsson mampu melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang.

Tak lama usai menyamakan kedudukan, CSKA justru harus kehilangan salah satu pemainnya. Hordur Magnusson diusir wasit di menit ke-56 karena mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Kluivert.

Roma kembali unggul di menit ke-59. Tendangan Bryan Cristante yang tak sempurna justru mengarahkan bola kepada Pellegrini. Pellegrini kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri untuk menjebol gawang CSKA.

Aksi Kluivert di menit ke-62 menghasilkan peluang untuk Dzeko. Kluivert menggiring bola di sisi kiri dan kemudian mengoper kepada Dzeko yang berdiri bebas di sisi kanan. Dzeko dengan mudah melewati Rodrigo Becao, tapi tembakannya masih mengarah tepat ke Akinfeev.

Peluang kembali didapat Roma. Tendangan bebas Pelelgrini dari sisi kanan disambut Federico Fazio dengan sundulan. Namun upaya Fazio itu masih menyamping dari gawang.

Meski bermain dengan 10 orang, CSKA tetap mampu menebar ancaman untuk Roma. Oblyakov melepaskan tembakan ke arah gawang, namun bola masih bisa diamankan Robin Olsen.

Dzeko kembali dapat ruang di sisi kanan kotak penalti CSKA dan kemudian melepaskan tembakan. Sepakannya memaksa Akinfeev melakukan penyelamatan di tiang dekat.

Di sisa waktu pertandingan, CSKA terus berupaya menekan. Namun tak ada gol balasan yang tercipta dari tuan rumah.

Susunan Pemain

CSKA Moscow: Akinfeev; Mario Fernandes (Schennikov 12), Becao, Magnusson, Nababkin; Oblyakov, Bijol, Akhmetov (Khosonov 76); Vlasic, Sigurdsson (Chernov 64); Chalov

Roma: Olsen; Santon, Manolas, Fazio, Kolarov; Cristante, Nzonzi; Florenzi (Juan Jesus 87), Lo Pellegrini (Zaniolo 82), Kluivert (Under 70); Dzeko. (mb/detik)