Metrobatam, Jakarta – Manchester City tanpa ampun menghabisi Chelsea. Mencetak setengah lusin gol, City menang 6-0 dengan Sergio Aguero bikin hat-trick.

Menjamu Chelsea di Etihad Stadium, Minggu (10/2) malam WIB, City mengawali dengan amat baik ketika Raheem Sterling sudah mencetak gol di menit keempat. Itu menjadi awal dari rangkaian tiga gol dalam tempo hanya 21 menit.

Aguero mencetak dua gol, di menit ke-13 dan 19 untuk membawa City unggul 3-0, lalu ditambah gol Ilkay Guendogan di menit ke-25. Empat gol dalam waktu 25 menit itu membawa tuan rumah menutup babak pertama dengan skor sudah 4-0.

Di babak kedua, City tak melepaskan kendali pertandingan. Dua gol lain didapatkan, dari penalti Aguero pada menit ke-56 dan gol kedua Sterling pada menit ke-80.

City benar-benar tampil trengginas di laga ini. Menguasai bola hingga 56%, mereka melepaskan 15 tembakan dengan sembilan on target dan satu membentur mistar gawang. Sementara tamunya punya 12 upaya, hanya sepertiga (4) yang mengarah ke gawang.

Dengan tiga poin atas Chelsea ini, City kembali ke puncak klasemen Premier League menggeser Liverpool. Sama-sama mengoleksi 65 poin, City unggul selisih gol dari Liverpool.

Meski demikian, tim besutan Pep Guardiola ini sudah memainkan satu laga lebih banyak. Sementara itu, Chelsea turun ke posisi enam dengan torehan masih 50 poin, kalah produktivitas gol dari Arsenal.

Jalannya Pertandingan

Belum genap empat menit pertandingan berjalan, City sudah memetik keunggulan. Dari situasi tendangan bebas, Kevin de Bruyne cermat melihat Bernardo Silva dalam posisi bebas di kanan dan langsung memberikan umpan terobosan.

Bernardo lantas dengan leluasa mengirimkan umpan silang, namun bola membentur David Luiz. Bola liar mengarah menjauh dari gawang, tapi Raheem Sterling ada di posisi yang pas untuk menyambarnya. Tendangan kerasnya menghujam gawang Kepa Arrizabalaga.

Empat menit berselang, City nyaris menggandakan keunggulan. Bernardo mendapatkan umpan tarik di tengah kotak penalti, lalu berlari memutar menghindari kerumunan bek Chelsea.

Dia mengakhiri aksinya dengan umpan silang yang mengarah ke Sergio Aguero yang tak terkawal di sisi kanan gawang. Hanya saja sontekan Aguero melebar, meski gawang terbuka lebar.

Unggul cepat membuat City nyaman mengontrol pertandingan. Aguero menebus kesalahannya dengan gol spektakuler di menit ke-13. Menerima bola dari Oleksandr Zinchenko di depan kotak penalti, Aguero melepaskan tembakan keras yang berakhir di pojok kanan atas gawang Chelsea.

City tak terus menekan, bahkan mendapatkan gol ketiga di menit ke-19. Umpan silang Zinchenko disapu Luiz dengan sundulan, tapi malah dikembalikan lagi ke dalam kotak penalti oleh Ross Barkley.

Bola jatuh di kaki Aguero, yang dengan mudah mencocornya melewati adangan Kepa.

Chelsea mulai mencoba keluar dari tekanan. Barkley menerima sodoran dari Hazard di depan kotak penalti dan melepaskan tembakan. Masih melebar ke kanan gawang tuan rumah.

4-0! City mencetak gol keempatnya di menit ke-25. Ilkay Guendogan mendapatkan bola di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Chelsea menciptakan peluang dua menit berselang. Sepakan Pedro Rodriguez meneruskan umpan dari Higuain masih bisa dihalau Ederson Moraes.

Peluang lain untuk Chelsea di emnit ke-39. Higuain mengontrol bola dengan dadi dan melepaskan sepakan voli dari depan kotak penalti. Ederson sigap membaca arah bola dan menepisnya. Babak pertama berakhir dengan skor 4-0 untuk keunggulan City.

Lima menit babak kedua berjalan, Chelsea sudah mendapatkan ancaman serius. Umpan lambung De Bruyne disambar sundulan Aguero dan bola menghantam mistar gawang.

Tiga menit berselang, City mendapatkan penalti setelah Sterling dijatuhkan Cesar Azpilicueta. Aguero maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya, sekaligus mencatatkan hat-trick.

City tak berhenti menekan Chelsea. Gantian De Bruyne mengancam di menit ke-59, di mana tembakannya dihalau Kepa. Chelsea mencoba balas mengancam di menit ke-64. Tapi tembakan Hazard usai menerima umpan Kante cuma berakhir di samping gawang.

Peluang untuk City di menit ke-75. Gabriel Jesus menerima operan dari Sterling di kiri dan melepaskan sepakan di bawah tekanan Luiz. Tendangannya dihalau Kepa dengan kaki.

Chelsea punya kesempatan bagus di menit ke-78, saat mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti. Emerson jadi eksekutor, di mana tendangannya mengarah tepat ke Ederson.

Dua menit kemudian, City mencetak gol keenam. David Silva menerima umpan Jesus di depan kotak penalti, lalu memainkan umpan terobosan ke Zinchenko di kiri. Zinchenko mengirim umpan silang mendatar dan disontek Sterling di tengah kotak penalti dengan mudah ke dalam gawang.

Sampai pertandingan berakhir, skor tak lagi berubah. City menutup laga dengan kemenangan telak 6-0 atas Chelsea.

Susunan pemain:

Man City: Ederson, Walker, Stones, Laporte, Zinchenko, Gundogan, Fernandinho (David Silva 75′), De Bruyne (Mahrez 68′), Bernardo Silva, Aguero (Gabriel Jesus 65′) , Sterling

Chelsea: Arrizabalaga, Azpilicueta, Rudiger, Luiz, Alonso (Emerson 73′), Kante, Jorginho, Barkley (Kovacic 52′), Pedro (Ruben Loftus-Cheek 65′), Higuain, Hazard. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Joko Driyono Resmi Jadi Tersangka Kasus Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia.

Metrobatam.com, Jakarta - Joko Driyono, yang sekarang berstatus sebagai Plt Ketua Umum PSSI, telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus pengaturan skor sepak bola Indonesia. Penetapan...

Lion Air : Pesawat yang Tergelincir di Bandara Supadio Pontianak Laik Terbang

Metrobatam.com, Pontianak - Pesawat Lion Air berjenis Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS tergelincir di Bandara Supadio, Pontianak. Menurut pihak Lion Air, pesawat yang membawa 7 kru, 180...

Pesawat Lion Air Tergelincir di Bandara Supadio Pontianak

Metrobatam.com,  Pontianak - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan semua penumpang dan kru pesawat selamat dalam insiden tergelincirnya Lion Air di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat....

Pemakaman Bripka Kristian Poltak Sitorus Diiringi Isak Tangis Istri dan Dua Anaknya

Metrobatam.com, Batam - Air mata Istri dan dua anak almarhum Bripka Kristian Poltak Bosta Sitorus, anggota penyidik Mapolsek Batuampar Kota Batam, belum kering. Bayangan...

Wabup Lingga Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Katang Bidare

Metrobatam.com, Lingga - Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di gedung pusat oleh - oleh Desa Benan, Jumat (15/2/2019). Berkesempatan hadir...

Polres Tanjungpinang Tangkap Pelaku Setubuhi Anak Bawah Umur

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Satuan Reserse Kriminal Polres Tanjungpinang berhasil mengamankan dua orang tersangka berinisial H (41) dan M (19) yang melakukan Tindak Pidana Persetubuhan anak dibawah...

2 Pelaku Judi Sie Jie di Kijang Kota Diciduk Polisi

Metrobatam.com, Bintan - Kepolisian Resor Bintan  melalui Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Yudha Suryawardana, S.IP, M.Si  gelar press release terkait pengungkap kasus perjudian yang terjadi di...

Dialog dengan BP Batam, Pelaku Usaha Keluhkan Izin Ekspor dan Sertifikasi SNI

Metrobatam.com, Batam - Badan Pengusahaan Batam melaksanakan dialog dengan para pelaku usaha, Jumat (15/2/2019) siang, di ruang Balairung Sari lantai 3 gedung Bida Utama...

Polda Kepri Tangkap Pengendali Kurir Sabu Antar Provinsi dan Amankan Sabu 2.021 Gram

Metrobatam.com, Batam - Polisi daerah (Polda) Kepri laksanakan Konferensi Pers pengungkapan Tindak Pidana Narkotika jenis Sabu seberat 2.021 gram oleh Kabidhumas Polda Kepri, Kombes...

Sigap, Polsek Tanjungpinang Timur Langsung Bersihkan Pasir di Simpang Batu 8

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Sebagai bentuk resposif dalam menanggapi keluhan masyarakat Polsek Tanjungpinang Timur membersihkan pasir yang ada di Persimpangan Jalan Raja Haji Fisabilillah, Jumat(15/2)...

Ditresnarkoba Polda Kepri Musnahkan 293 Gram Sabu

Metrobatam.com, Batam - Ditresnarkoba Polda Kepri melaksanakan kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Narkotika, Jumat (15/2/2019). Adapun barang bukti yang dimusnahkan yaitu 4 kapsul berisikan sabu...

Polda Kepri Teken MoU Bersama Non dan Lembaga Pemerintah

Metrobatam.com, Batam - Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dengan Lembaga Pemerintah dan Non Lembaga Pemerintah, Kamis (14 /2/2019) di Hotel Best...