Metrobatam, Jakarta – Pemerintah berencana membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Saat ini, pemerintah masih terus menghitung jumlah formasi yang dibutuhkan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan sejatinya pemerintah berencana membuka lowongan CPNS 2018 pada akhir Juli ini. Rencana itu diharapkan bisa direalisasikan.

   

“Akhir Juli ini rencananya pengumuman, tapi ini kan masih fleksibel. Kita harapkan tahun ini selesai,” katanya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7).

Walau belum bisa memastikan kapan formasi dibuka, namun Asman menjanjikan bahwa pembukaan CPNS kali lebih variatif dibanding pembukaan sebelumnya. Sebab, pemerintah banyak membuka jalur prioritas dalam seleksi tahun ini.

Penasaran siapa saja yang diprioritaskan pemerintah untuk menjadi CPNS tahun ini? Simak berita selengkapnya.

Profesi Guru

Pemerintah bakal membuka lowongan CPNS khusus untuk profesi guru. Lowongan khusus ini di luar dari rencana pembukaan CPNS untuk Kementerian dan Lembaga yang sudah disiapkan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur menjelaskan saat ini pemerintah masih menghitung jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan. Nantinya, jumlah lowongan CPNS yang dibuka dilihat dari jumlah tenaga pensiun yang mencapai 220.000 di tahun 2017.

Namun di luar rencana tersebut, pemerintah juga menyiapkan lowongan CPNS khusus untuk profesi guru. Nantinya, pembukaan lowongan khusus guru ini akan digelar bersamaan dengan pembukaan CPNS secara umum.

“Jumlah yang pensiun itu 220.000 tapi kita pakai sistem plus minus gross, jadi yang kita terima kurang dari itu. Kecuali, tahun ini akan ada penambahan khusus untuk guru. Itu d,i luar dari formasi teknis itu tadi yang 220.000 pensiun,” kata Asman.

Asman memperkirakan, jumlah lowongan khusus guru yang akan dibuka nanti sekitar 100.000 formasi. Dia mengaku rencana ini juga sudah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Kemarin saya udah laporkan ke Pak Wapres (JK), tapi belum saya laporkan ke Pak Presiden. Kemungkinan kurang lebih antara 100.000-an seluruh guru. Itu guru saja,” katanya.

Dia menjelaskan, jumlah ini dihitung berdasarkan data kekurangan guru yang ada saat ini. Dia bilang saat ini, jumlah kekurangan dari profesi guru PNS masih sekitar 700.000.

“Itu untuk mengurangi kekurangan guru yang menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lebih kurang 700.000-an kekurangannya. Jadi kita cicil kekurangan itu. Jadi nanti tidak akan ada lagi alasan guru itu kurang,” jelasnya.

Profesi Kesehatan

Asman Abnur juga mengatakan selain profesi guru, pemerintah juga akan menambah formasi CPNS khusus untuk profesi di sektor kesehatan. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengenai rencana ini.

Namun begitu, untuk saat ini Asman masih belum bisa merinci berapa jumlah formasi khusus yang dibuka untuk tenaga kesehatan.

“Kesehatan juga dapat prioritas, tapi jumlahnya belum kita tetapkan. Kita menunggu data dari Kemenkes yang pensiun berapa, kemudian permintaan dari daerah. Kan ada rumah sakit baru, ada Puskesmas baru, itu kan membutuhkan tenaga kesehatan baru,” tuturnya.

Prioritas bagi Diaspora

Dalam seleksi CPNS tahun ini, pemerintah akan membuka jalur prioritas bagi diaspora atau anak bangsa yang berkarir di luar negeri dan para atlet berprestasi.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan rekrutmen seleksi CPNS 2018 ini dinilai lebih bervariatif. Di mana pemerintah membuka jalur prioritas yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seperti untuk diaspora.

“Pemerintah akan membuka formasi untuk anak bangsa yang berkarir di luar negeri, para diaspora. Saya sudah rapat dengan tim, dengan kementerian luar negeri,” kata Asman.

“Jadi anak-anak kita yang pintar di luar negeri, diaspora-diaspora kita prioritaskan kalau mau menjadi PNS. mudah-mudahan dengan bercampurnya tenaga-tenaga ini akan memperbaiki lagi struktur ASN kita ke depan,” katanya.

Selain itu, Asman mengatakan, pemerintah juga akan membuka formasi prioritas bagi para atlet yang berprestasi. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Para atlet yang meraih medali emas di tingkat dunia. Kalau mereka mau jadi ASN, kita prioritaskan jadi ASN. Itu bisa menjadi instruktur nasional, pelatih nasional, termasuk juga yang punya kompetensi bisa juga kita salurkan kompetensinya,” ujarnya.

Anak-anak berprestasi

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan pemerintah juga akan tetap membuka jalur prioritas bagi anak-anak berprestasi lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, serta putra-putri daerah asal Papua.

Pemerintah sendiri memang telag membuka jalur prioritas untuk tiga kategori ini pada seleksi CPNS 2017. Asman mengatakan, bahwa tiga kategori ini akan terus dibuka untuk jalur prioritas pada seleksi yang akan kembali dibuka.

“Kemudian, formasi juga kita berikan pada anak-anak lulusan cumlaude. Tahun lalu kita sudah laksanakan ini, bagi anak-anak yang lulus cumlaude kita prioritaskan jadi ASN, termasuk penyandang disabilitas, serta putra-putri dari Papua yang bisa menjadi prioritas ASN,” jelas Asman.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan seleksi yang digunakan dalam pembukaan lowongan CPNS bakal berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi ketat yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk itu dia memastikan, bahwa tidak ada kegiatan sogok-menyogok dalam seleksi CPNS 2018 yang sebentar lagi dibuka.

“Sistem CAT yang sudah kita laksanakan itu tidak bisa lagi tawar-menawar. Tidak bisa lagi sogok menyogok dalam penerimaan PNS,” kata Asman.

Dia bilang pemerintah berupaya untuk bisa terus memperbaiki sistem seleksi CPNS menjadi lebih baik. Hal itu agar, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi negara.

“Kita punya komitmen, sistem rekrutmen tidak boleh lagi ada intervensi. Artinya tidak bisa lagi seseorang bisa jadi PNS karena bekingan. Yang bisa jadi PNS adalah orang yang punya keahlian, orang yang punya kemampuan, yang punya kompetensi,” katanya. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Pemeliharaan Jaringan Listrik, Ini Wilayah yang Dilakukan Pemadaman di Tanjungpinang dan Bintan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wilayah cabang Kota Tanjungpinang berencana melakukan pemadaman di seluruh wilayah Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Pemandaman ini tertuang bertujuan...

Kominfo Humas Lingga Apresiasi Program KSP Diskominfo Kepri

Metrobatam.com, Lingga - Laju arus globalisasi dewasa ini semakin tak terbendung, hampir di semua lini kehidupan sudah terintegrasi dengan teknologi tak terkecuali di sektor...

Jangan Kaget, Daik Lingga Tak Ada Warnet

Metrobatam.com, Lingga - Tidak seperti kota lainnya, ibukota Daik Lingga memang terlihat nyaman dan tenteram. Dikategorikan sebagai daerah yang jauh dari hiruk pikuk layaknya kota-kota...

Besok, AJI Tanjungpinang Gelar Aksi Tolak Remisi Pembunuh Wartawan

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang akan menggelar aksi menolak pemberian remisi pembunuh wartawan Radar Bali, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa, I...

#WelcomeBackBTP Merangsek Jadi Topik Terpopuler di Dunia

Metrobatam, Jakarta - Hastag atau tanda pagar (tagar) #WelcomeBackBTP sempat merangsek jadi topik yang hangat dibicarakan di media sosial skala dunia. Ya, hal ini...

Salam 3 Jari Ahok saat Bebas dari Penjara

Metrobatam, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) telah resmi bebas dari penjara. Dia melakukan salam tiga jari saat proses administrasi di Rutan Mako Brimob. Dilihat...

Ini 5 Fakta Mengerikan Pemerkosaan dan Pembakaran Inah di Palembang

Metrobatam, Jakarta - Malang nian nasib Inah Antimurti (20). Perempuan janda satu anak ini diperkosa lalu dibakar mayatnya gegara utang piutang. Mayat Inah awalnya ditemukan...

Polisi Tunggu Dewan Pers soal Tabloid Indonesia Barokah

Metrobatam, Jakarta - Polisi menyerahkan kasus beredarnya tabloid Indonesia Barokah ke Dewan Pers lebih dahulu untuk sebelum melakukan penilaian. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas...

Soal Pembebasan Ba’asyir, Pemuda Muhammadiyah: Jangan Perkeruh Suasana

Metrobatam, Jakarta - PP Pemuda Muhammadiyah meminta pemerintah menjelaskan secara jelas soal rencana pembebasan Abu Bakar Ba'asyir, apalagi rencana pembebasan itu sudah diumumkan ke...

Kiai Sepuh NU Isyaratkan All Out Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Metrobatam, Surabaya - Kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) bersilaturahmi dengan cawapres Ma'ruf Amin di Surabaya. Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar mengatakan kiai Ma'ruf...

KPK OTT Bupati Mesuji, Total 8 Orang Diamankan dan 1 Dus Uang

Metrobatam, Jakarta - Dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Lampung, total ada delapan orang dan satu dus barang bukti berupa uang diamankan KPK. Salah...

Menhan Tegaskan Ba’asyir Harus Berikrar Setia NKRI

Metrobatam, Jakarta - Pembebasan bersyarat terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir belum diputuskan karena ketentuan yang belum terpenuhi, yakni ikrar setia kepada NKRI. Menteri Pertahanan...