Lowongan CPNS 2018: Prioritas untuk Guru hingga Diaspora

Metrobatam, Jakarta – Pemerintah berencana membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Saat ini, pemerintah masih terus menghitung jumlah formasi yang dibutuhkan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan sejatinya pemerintah berencana membuka lowongan CPNS 2018 pada akhir Juli ini. Rencana itu diharapkan bisa direalisasikan.

“Akhir Juli ini rencananya pengumuman, tapi ini kan masih fleksibel. Kita harapkan tahun ini selesai,” katanya di ICE BSD, Tangerang Selatan, Rabu (11/7).

Walau belum bisa memastikan kapan formasi dibuka, namun Asman menjanjikan bahwa pembukaan CPNS kali lebih variatif dibanding pembukaan sebelumnya. Sebab, pemerintah banyak membuka jalur prioritas dalam seleksi tahun ini.

Penasaran siapa saja yang diprioritaskan pemerintah untuk menjadi CPNS tahun ini? Simak berita selengkapnya.

Profesi Guru

Pemerintah bakal membuka lowongan CPNS khusus untuk profesi guru. Lowongan khusus ini di luar dari rencana pembukaan CPNS untuk Kementerian dan Lembaga yang sudah disiapkan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur menjelaskan saat ini pemerintah masih menghitung jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan. Nantinya, jumlah lowongan CPNS yang dibuka dilihat dari jumlah tenaga pensiun yang mencapai 220.000 di tahun 2017.

Namun di luar rencana tersebut, pemerintah juga menyiapkan lowongan CPNS khusus untuk profesi guru. Nantinya, pembukaan lowongan khusus guru ini akan digelar bersamaan dengan pembukaan CPNS secara umum.

“Jumlah yang pensiun itu 220.000 tapi kita pakai sistem plus minus gross, jadi yang kita terima kurang dari itu. Kecuali, tahun ini akan ada penambahan khusus untuk guru. Itu d,i luar dari formasi teknis itu tadi yang 220.000 pensiun,” kata Asman.

Asman memperkirakan, jumlah lowongan khusus guru yang akan dibuka nanti sekitar 100.000 formasi. Dia mengaku rencana ini juga sudah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

“Kemarin saya udah laporkan ke Pak Wapres (JK), tapi belum saya laporkan ke Pak Presiden. Kemungkinan kurang lebih antara 100.000-an seluruh guru. Itu guru saja,” katanya.

Dia menjelaskan, jumlah ini dihitung berdasarkan data kekurangan guru yang ada saat ini. Dia bilang saat ini, jumlah kekurangan dari profesi guru PNS masih sekitar 700.000.

“Itu untuk mengurangi kekurangan guru yang menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lebih kurang 700.000-an kekurangannya. Jadi kita cicil kekurangan itu. Jadi nanti tidak akan ada lagi alasan guru itu kurang,” jelasnya.

Profesi Kesehatan

Asman Abnur juga mengatakan selain profesi guru, pemerintah juga akan menambah formasi CPNS khusus untuk profesi di sektor kesehatan. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengenai rencana ini.

Namun begitu, untuk saat ini Asman masih belum bisa merinci berapa jumlah formasi khusus yang dibuka untuk tenaga kesehatan.

“Kesehatan juga dapat prioritas, tapi jumlahnya belum kita tetapkan. Kita menunggu data dari Kemenkes yang pensiun berapa, kemudian permintaan dari daerah. Kan ada rumah sakit baru, ada Puskesmas baru, itu kan membutuhkan tenaga kesehatan baru,” tuturnya.

Prioritas bagi Diaspora

Dalam seleksi CPNS tahun ini, pemerintah akan membuka jalur prioritas bagi diaspora atau anak bangsa yang berkarir di luar negeri dan para atlet berprestasi.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan rekrutmen seleksi CPNS 2018 ini dinilai lebih bervariatif. Di mana pemerintah membuka jalur prioritas yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seperti untuk diaspora.

“Pemerintah akan membuka formasi untuk anak bangsa yang berkarir di luar negeri, para diaspora. Saya sudah rapat dengan tim, dengan kementerian luar negeri,” kata Asman.

“Jadi anak-anak kita yang pintar di luar negeri, diaspora-diaspora kita prioritaskan kalau mau menjadi PNS. mudah-mudahan dengan bercampurnya tenaga-tenaga ini akan memperbaiki lagi struktur ASN kita ke depan,” katanya.

Selain itu, Asman mengatakan, pemerintah juga akan membuka formasi prioritas bagi para atlet yang berprestasi. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Para atlet yang meraih medali emas di tingkat dunia. Kalau mereka mau jadi ASN, kita prioritaskan jadi ASN. Itu bisa menjadi instruktur nasional, pelatih nasional, termasuk juga yang punya kompetensi bisa juga kita salurkan kompetensinya,” ujarnya.

Anak-anak berprestasi

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan pemerintah juga akan tetap membuka jalur prioritas bagi anak-anak berprestasi lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, serta putra-putri daerah asal Papua.

Pemerintah sendiri memang telag membuka jalur prioritas untuk tiga kategori ini pada seleksi CPNS 2017. Asman mengatakan, bahwa tiga kategori ini akan terus dibuka untuk jalur prioritas pada seleksi yang akan kembali dibuka.

“Kemudian, formasi juga kita berikan pada anak-anak lulusan cumlaude. Tahun lalu kita sudah laksanakan ini, bagi anak-anak yang lulus cumlaude kita prioritaskan jadi ASN, termasuk penyandang disabilitas, serta putra-putri dari Papua yang bisa menjadi prioritas ASN,” jelas Asman.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan seleksi yang digunakan dalam pembukaan lowongan CPNS bakal berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT) dan seleksi ketat yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk itu dia memastikan, bahwa tidak ada kegiatan sogok-menyogok dalam seleksi CPNS 2018 yang sebentar lagi dibuka.

“Sistem CAT yang sudah kita laksanakan itu tidak bisa lagi tawar-menawar. Tidak bisa lagi sogok menyogok dalam penerimaan PNS,” kata Asman.

Dia bilang pemerintah berupaya untuk bisa terus memperbaiki sistem seleksi CPNS menjadi lebih baik. Hal itu agar, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi negara.

“Kita punya komitmen, sistem rekrutmen tidak boleh lagi ada intervensi. Artinya tidak bisa lagi seseorang bisa jadi PNS karena bekingan. Yang bisa jadi PNS adalah orang yang punya keahlian, orang yang punya kemampuan, yang punya kompetensi,” katanya. (mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Heboh Sapi Berkepala 2 di Riau, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Metrobatam, Jakarta - Bayi sapi di Desa Alang Kepayang, Rengat Barat, Riau membuat heboh warga setempat. Penampakan sapi tak seperti pada umumnya. Sapi ini...

Hanya Beberapa Saat sebelum Serah Terima, Anies Pecat 2 Wali Kota Melalui Telepon

Metrobatam, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memecat Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi hanya melalui...

Penyelundupan 7 Kg Sabu Jaringan Internasional Digagalkan, Salah Satu Pelaku Oknum Polisi

Metrobatam, Jambi - Jajaran Ditresnarkoba Polda Jambi beserta Resnarkoba Polres Tanjungjabung Barat, Jambi serta di-back up dari Mabes Polri berhasil mengamankan 7 kantong plastik...

Penumpang Bercanda Bawa Bom, Penerbangan Batik Air dari El Tari Kupang-Soetta Tertunda

Metrobatam, Kupang – Seorang penumpang pesawat Batik Air bercanda membawa bom, mengakibatkan penerbangan dari Bandar Udara Internasional El Tari ke Soekarno-Hatta, tertunda selama satu...

Pramono Sebut Jokowi Izinkan Johan Budi Daftar Caleg PDIP

Metrobatam, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengonfirmasi rencana Juru Bicara Presiden Johan Budi ikut mendaftar jadi calon legislatif untuk Pemilu 2019. Hal ini disampaikan...

Politisasi Identitas Agama Diprediksi Makin Keras hingga 2019

Metrobatam, Jakarta - Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ali Munhanif, menyebut munculnya politisasi keagamaan disebabkan pola koalisi yang terbentuk di antara partai politik. Ia...

Diduga Ada Pelanggaran, Komisi ASN Selidiki Perombakan Pejabat Pemprov DKI

Metrobatam, Jakarta - Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) menyelidiki potensi pelanggaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melakukan perombakan pejabat di lingkungan...

Divestasi 51% Saham Freeport Dituding Pencitraan, Jokowi Buka Suara

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara menanggapi kritikan keras beberapa pihak yang menilai perjanjian divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI)....

Nilai Proyek PLTU Riau 1 yang Tersandung Kasus Suap Capai Rp 12 T

Metrobatam, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencium adanya praktik suap dalam proyek PLTU Riau-1. Proyek itupun untuk sementara dihentikan. Direktur Utama PLN, Sofyan Basir...

Fakta Baru Kasus Abu Tours soal Tiket Makassar-Arab Saudi

Metrobatam, Makassar - Polda Sulsel telah menyita sejumlah aset milik bos Abu Tours Hamzah Mamba di sejumlah daerah di Indonesia. Namun Saudi Arabian Airlines...

Laporan Keuangan Anies ‘Janggal’, DPRD DKI Tolak Tandatangan

Metrobatam, Jakarta - DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk tidak menindaklanjuti laporan pertanggungjawaban APBD 2017 yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. Ketua...

Jelang Asian Games, Kompleks Jakabaring Disebut Rawan Maling

Metrobatam, Jakarta - Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City (JSC) di Kota Palembang, Sumatera Selatan adalah salah satu lokasi yang akan dipakai menggelar sejumlah pertandingan,...
BAGIKAN