M. Zohri Sprinter Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20

    Tampere – Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meraih prestasi gemilang di Kejuaraan Dunia Atletik U-20. Lalu merebut medali emas di nomor bergengsi, lari 100 meter putra.

    Lalu Muhammad Zohri memenangi medali emas setelah finis terdepan dalam final lari 100 meter putra yang dilangsungkan di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7).

    Lalu mencapai garis finis dalam waktu 10,18 detik. Atlet berusia 18 tahun itu mengalahkan dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatat waktu 10,22 detik.

    Pencapaian Lalu merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia. Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia di nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 adalah finis kedelapan di babak penyisihan pada 1986.

    Dengan catatan waktu 10,18 detik, Lalu juga mempertajam catatan waktu terbaiknya (personal best).

    “Saya sangat gembira dengan catatan waktu terbaik saya dan rekor junior nasional. Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan,” kata Lalu Muhammad Zohri di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF).

    “Saya sangat bangga. Ini adalah sebuah pengalaman luar biasa dan ini sangat bagus untuk karier saya,” ujarnya.

    Sementara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tak ketinggalan turut mengucapkan selamat atas prestasi Lalu Muhammad Zohri, yang meraih emas di Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018. Menlu mengungkap rasa bangganya terhadap sprinter asal NTB itu.

    “Selamat kepada pelari U-20 asal Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang telah berhasil menyabet medali emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia Junior,” tulis Menlu melalui akun Twitternya @Menlu_RI, seperti dilihat detikcom, Kamis (12/7).

    “Proud of you Zohri!” tegasnya.

    Kebanggan juga disampaikan Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). TGB mengucapkan selamat kepada atlet berusia 18 tahun itu lewat Instagram (tuangurubajang). Zohri berhasil mengukir sejarah baru di kejuaraan dunia tersebut.

    “Selamat dan sukses saya ucapkan kepada Lalu Muhammad Zohri, pelari cepat asal Lombok NTB, yang telah mengukir sejarah baru di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Tampere, Finlandia, pada nomor sprint 100 meter putra. Rekor yang ditorehkan Zohri adalah finis 10,18 detik atau sekitar 1,2 meter per detik,” kata TGB, Kamis (12/7/2018).

    Zohri, yang merupakan putra Lombok, juga dipuji TGB telah mengharumkan nama Indonesia di kompetisi bergengsi tersebut. Prestasi yang ditorehkan Zohri juga pencapaian terbaik.

    “Inilah prestasi dan kontribusi gemilang putra Lombok, dengan medali emas pertama bagi Indonesia sepanjang keikutsertaan di kompetisi bergengsi ini. Dalam 32 tahun sejarah kejuaraan itu, prestasi terbaik adalah posisi finish ke-8 pada 1986. Sebuah kesyukuran yang membanggakan dan semoga penuh berkah mengharumkan bagi Zohri, Lombok NTB dan juga Indonesia. Terima kasih Zohri,” kata TGB.

    Namun ada hal yang dipertanyakan saat Lalu berhasil mencapai finish. Tidak seperti pelari lainnya yang diberi bendera negaranya usai berlari, Lalu tampak harus menunggu bendera itu.

    Kemudian saat sesi foto, Lalu diajak dua pelari lainnya dengan menggunakan bendera Amerika Serikat. Pihak KBRI menjelaskan bendera sudah disiapkan dari pihak official dan pelatih. Foto yang beredar itu karena memang diambil terlebih dahulu sebelum bendera datang.

    “Ada pelatihnya. Selama berada di Finlandia mereka didampingi oleh pelatih Kikin Ruhuddin dan Erwin R. Maspaitella. Itu memang kefoto duluan,” ujar Sekretaris Hubungan Sosial-Budaya dan Informasi KBRI Helsinki, Niken Hardiani kepada detikcom, Kamis (12/7).

    Kegembiraan juga dirasakan sang pelatih Eni Nuareni. “Alhamdulillah… Saya antara percaya dan enggak percaya. Ini kejutan,” kata Eni Nuraeni, pelatih pelatnas atletik di nomor jarak pendek putra, Eni, yang dihubungi detikSport.

    “Dia memang memiliki bakat alam dan fisiknya sangat mendukung. Jadi, dia punya gen otot cepat. Kami tinggal melatih seedikit dan jadi,” Eni menambahkan.

    Setelah tampil di Kejuaraan Dunia Atletik Junior itu, Lalu disiapkan untuk tampil di Asian Games 2018.

    Sementara Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian Lalu Muhammad Zohri yang meraih medali emas di Kejuaraan Asia Atletik Junior 2018 di Finlandia. Pencapaian Zohri merupakan suatu kebanggan.

    “Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara. Seluruh rakyat Indonesia senang dan bangga,” ujar Jokowi kepada wartawan di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/7).

    Zohri merupakan atlet sprinter dari NTB yang diproyeksikan untuk tampil di Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang pada nomor estafet 4×100 meter putra. Menurut Jokowi, kemenangan Zohri merupakan modal awal untuk meraih medali di Asian Games.

    “Dan itu nanti modal kemenangan seperti ini modal Asian Games, nanti lari modal lagi untuk Asian Games,” jelasnya. (mb/detik)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Jokowi: Kita Harus Akhiri Politik Kebohongan, Merasa Benar Sendiri

    Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar yang ke-54. Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan tentang berpolitik yang...

    Hasil Inter Vs AC Milan: Dramatis! Gol Injury Time Menangkan Nerazzurri

    Milan - Inter Milan berhasil memenangi laga dramatis kontra AC Milan dengan skor 1-0. Gol semata wayang dibuat Mauro Icardi di masa injury time...

    Kerugian dan Kerusakan Gempa di Sulteng Capai Rp13,82 Triliun

    Metrobatam, Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengungkap bahwa dampak kerugian dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa dan...

    KKB Sandera 16 Guru dan Tenaga Medis di Mapenduma Papua

    Metrobatam, Jayapura - 16 orang Guru dan Tenaga medis yang bertugas di Mapenduma, kabupaten Nduga, Papua disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Selama...

    Sandiaga Diminta Bicara Data dan Kurangi Politik Bohong

    Metrobatam, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, menyebut calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno...

    Kevin/Marcus Rebut Gelar Juara Denmark Terbuka!

    Odense - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil menyabet gelar juara Denmark Terbuka 2018. Di final, Kevin/Marcus menumpas ganda Jepang. Bermain di Odense Sports Park,...

    Bos Sawit Dirampok di Riau, Uang-Emas Senilai Rp 500 Juta Raib

    Metrobatam, Pekanbaru - Aksi perampokan terjadi di Desa Sumber Jaya, Kuansing, Riau. Korbannya ialah pengusaha sawit yang mengalami kerugian sekitar Rp 500 juta. "Korban selama...

    Cari Kapolres Muba, Seorang Pria Serang Petugas Jaga Mapolres

    Metrobatam, Palembang - Seorang pria menyerang petugas jaga Polres Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Minggu (21/10). Pria bernama Arison itu diduga mengalami gangguan Jiwa. Kejadian bermula...

    Bima Arya Sambut Baik Rencana Jokowi Kucurkan Dana Kelurahan

    Metrobatam, Bogor - Presiden Jokowi berencana mencairkan dana kelurahan pada 2019. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, menyambut baik rencana tersebut karena penting untuk...

    Mayoritas Pengusaha HIPMI dan KADIN Diklaim Dukung Jokowi

    Metrobatam, Jakarta - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, menyebut mayoritas pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi)...

    Disebut Sudah Nikah dengan Rossa, Afgan Banjir Ucapan Selamat

    Metrobatam, Jakarta - Afgan disebut sudah menikah dengan Rossa. Hal itu diungkapkan oleh sahabat mereka, Bubah Alfian, saat ia melakukan Instagram live. Karena hal itu,...

    Soal Gempa Sulteng, BNPB: 2.113 Orang Tewas, 1.309 Hilang

    Metrobatam, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jumlah korban jiwa akibat gempa di Sulawesi Tengah yang ditemukan mencapai 2.113 orang. 22 hari...
    SHARE