Makanan yang Berguna untuk Kesehatan Mulut

160

Metrobatam.com, Batam -Menjaga kesehatan mulut dengan membersihkan gigi dan area sekitarnya, telah menjadi suatu keharusan bahwa kesehatan gigi dan mulut harus diprioritas utamakan. Bekerja di tengah orang banyak dan berinteraksi dengan orang banyak membuat kamu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang kamu konsumsi, sebab beberapa makanan tertentu memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan mulut dan gigi kamu.

Meskipun memang penting untuk menjaga penampilan dengan mengurangi bakteri di mulut, hal yang lebih penting adalah kamu harus memperkuat dan meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara menyeluruh untuk membuat tubuh kamu mampu mendukung kesehatan dan kebersihan mulutmu dalam jangka waktu panjang.

Mengunyah makanan bisa memproduksi semakin banyak air liur yang baik untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Air liur bisa menghilangkan rasa asam sehingga gigi kamu tidak akan mudah berlubang. Air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang meningkatkan pertahanan enamel. Selain air liur, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan gigi dan mulutmu.

Beberapa Makanan untuk Kesehatan Mulut

Permen karet tanpa gula

Makan permen karet yang tidak mengandung gula, bisa meningkatkan produksi saliva yang baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Saliva yang dihasilkan ketika mengunyah permen karet akan mengontrol pH dalam mulut dan menjaga agar gigi tidak mudah berlubang. Namun bila kamu mengonsumsi permen karet yang mengandung gula, itu akan membahayakan gigimu.

Teh hijau

Beberapa jenis teh hijau mengandung fluoride yang dapat melindungi gigi dari kerusakan. Teh hijau memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi gigi. Teh mengandung catechin yang berfungsi membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut. Teh juga merupakan antioksidan alami yang mencegah plak terakumulasi sehingga mengurangi resiko gigi berlubang dan bau mulut.

Cranberry

Cranberry tidak hanya ampuh mencegah infeksi kandung kemih, tetapi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Zat dalam cranberry dipercaya bisa mengatasi lubang dalam gigi dan penyakit mulut.

Susu dan yogurt yang rendah lemak dan gula

Susu dan yogurt yang rendah lemak dan gula, selain minuman sehat dapat membantu mengurangi resiko erosi pada gigi karena kaya kalsium.

Keju

Keju mengandung fosfat dan kalsium yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam mulut, menghasilkan air liur yang lebih banyak, dan membangun kembali enamel gigi, serta membunuh bakteria penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

Apel

Walaupun bersifat asam dan mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik untuk gigi, namun, apel mengandung serat yang cukup tinggi, yang mampu memperkuat dan membersihkan gigi saat kamu mengunyahnya. Kandungan asam malat dalam apel, membantu meningkatkan produksi saliva (liur), yang berfungsi membunuh bakteri dan memutihkan gigi. Asam malat biasa digunakan sebagai salah satu bahan pasta pemutih gigi. Mengonsumsi sebuah apel setelah makan malam, dapat membersihkan bagian interior gigimu.

Nanas

Nanas mengandung bromelain, yang baik bagi tubuh. Bromelain adalah anti peradangan alami dan pembersih. Bromelain memiliki fungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi, yang juga ditemukan dalam berbagai pasta gigi.

Minyak kelapa

Cara untuk menggunakan minyak kelapa bagi kesehatan mulut adalah dengan berkumur atau membilas isi mulut kamu dengan minyak kelapa. Kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan mulut dan membunuh bakteri di dalamnya. Namun, hal yang sulit adalah kamu harus berkumur-kumur selama 10 menit dengan mulut berisi minyak kelapa.

Seledri

Seledri memiliki kandungan air dalam jumlah banyak yang baik untuk merangsang produksi saliva yang dapat membersihkan mulut saat kamu dengan mengunyah seledri. Seledri adalah senjata terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengusir bakteri jahat dalam mulutmu. Seledri sarat dengan berbagai manfaat kesehatan gigi. Cobalah makan sepotong seledri sekali seminggu, jika kamu ingin menyikat gigi secara alami.

Kismis

Kismis mengandung fitokimia, seperti asam oleanolic, yang berfungsi menghambat perkembangan beberapa jenis bakteri di mulut.

 

Wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi dan memperkuat gusi.

Bawang putih

Bawang putih adalah anti bakteri yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut. Mengkonsumsi bawang putih dalam jangka panjang memiliki efek baik bagi kesegaran nafas kamu.

Bawang merah

Bawang mengandung senyawa belerang yang merupakan anti bakteri yang kuat, yang dapat membunuh bakteri yang membahayakan gigi dan gusi.

Kakao

Kakao mengandung zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi serta pembusukan. Sepotong dark chocolate, dapat mencerahkan suasana hati kamu dan mencegah kerusakan gigi

Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang membantu menjaga jaringan kolagen pada gusi, mencegah infeksi pada gusi, mempercepat proses penyembuhan, dan memperkuat gusi.

Biji wijen

Biji wijen kaya akan kalsium, yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi kamu. Selain itu, biji wijen juga dapat melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi.

Buah Pir

Buah pir kaya serat alami yang dapat membantu dalam memproduksi air liur tambahan pada mulutmu. Pir juga memiliki efek netralisasi asam yang lebih besar pada permukaan gigi.

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin D. Mengonsumsi salmon dua kali seminggu dapat menjaga tulang, gigi, dan jantung kamu agar tetap sehat dan kuat.

Protein

Mengkonsumsi protein yang cukup setiap hari, seperti protein hewani dalam daging sapi, ayam, telur dan kalkun kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D, sangat baik untuk kesehatan tubuh dan gigimu.

 

Air

Selain diminum, berkumur dengan air dapat membersihkan mulit sehingga air liur dapat memelihara gusi dan gigi dengan baik.

Stroberi

Stroberi mengandung Malic Acid yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi anda.

Brokoli

Brokoli bisa menguatkan enamel gigi dengan memberikan lapisan anti asam.

Jamur shitake

Jamur shitake mengandung lentinan yang dapat mencegah bakteri yang berkembang dalam mulut dan membuat mulut terbebas dari plak.

Selain menyikat gigi dengan benar, makanan-makanan tersebut dapat juga kamu gunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutmu. Selamat mencoba.(Mb/caramakan.com)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Rossa “The Journey Of 21 Dazzling Years” di Esplanade Singapore

Metrobatam.com, Jakarta - Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat special bagi Rossa. Pasalnya, tahun ini merupakan 21 tahun Rossa berkarir dan berkarya di kancah...

Said Aqil Minta Pencatut Logo PBNU di Iklan LGBT Ditangkap

Metrobatam, Jakarta - Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menegaskan logo PBNU yang dicatut di iklan kondom untuk LGBT adalah...

Soal Gol Kontroversial Barca, Pelatih Malaga: Sudah Jelas Sekali

Barcelona - Pelatih Malaga Michel Gonzalez merasa tak perlu lagi mengomentari gol kontroversial Barcelona karena menurutnya apa yang terjadi di lapangan sudah sedemikian jelas. Gol...

KPK Lelang Resort Milik M Sanusi di Bogor Senilai Rp 4,9 Miliar

Metrobatam,Jakarta - KPK kembali melelang tanah dan bangunan yang dirampas dari terpidana kasus korupsi. Kali ini giliran aset milik mantan anggota DPRD DKI Jakarta...

MU Akhirnya Tumbang di Markas Tim Promosi Huddersfield Town

Huddersfield - Rentetan tidak terkalahkan Manchester United akhirnya putus. Bertandang ke markas tim promosi Huddersfield Town, MU dipaksa menyerah dengan skor akhir 1-2. Pada pertandingan...

2 WNI yang Tewas Tertimpa Longsor di Malaysia, Ini Identitasnya

Metrobatam, Jakarta - Dua warga negara Indonesia (WNI) tewas tertimpa tanah longsor di Penang, Malaysia. Keduanya merupakan pekerja bangunan. "KJRI Penang tangani 2 WNI korban...

Barcelona Tundukkan Malaga 2-0

Barcelona - Barcelona kembali ke jalur kemenangan. Angka penuh diraih Barca setelah mengalahkan tim tamu, Malaga, dengan skor akhir 2-0. Usai berimbang dengan Atletico Madrid...

Gilas Burnley 3-0, City Nyaman di Puncak Klasemen

Manchester - Manchester City belum terbendung di Premier League. Mengandaskan Burnley 3-0, City nyaman memimpin klasemen dan jadi satu-satunya yang belum terkalahkan. Menjamu Burnley di...

PBNU Imbau Materi Perppu Ormas Tidak Multi Tafsir

Metrobatam, Jakarta - Pembahasan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas akan diputuskan di DPR dalam waktu dekat. Namun, masih ada partai politik dan...

Bangkit dari Ketertinggalan, Chelsea Tundukkan Watford 4-2

London - Chelsea harus bersusah payah untuk meraih kemenangan saat menjamu Watford. Sempat tertinggal 1-2, Chelsea akhirnya menang 4-2 atas tamunya itu. Dalam pertandingan Premier...

Masuki Babak Baru, Pemerintah Spanyol akan Ambil Alih Catalonia

Spanyol - Ketegangan antara pemerintah Spanyol dengan pemerintah otonom Catalonia meningkat. Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy memutuskan untuk memecat para pimpinan Catalonia. "Perdana Menteri Rajoy...

Trump Izinkan Arsip Rahasia Pembunuhan John F Kennedy Dibuka

Amerika Serikat - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan mengizinkan arsip rahasia terkait pembunuhan John F Kennedy (JFK) dibuka untuk publik untuk...
BAGIKAN