Makanan yang Berguna untuk Kesehatan Mulut

159

Metrobatam.com, Batam -Menjaga kesehatan mulut dengan membersihkan gigi dan area sekitarnya, telah menjadi suatu keharusan bahwa kesehatan gigi dan mulut harus diprioritas utamakan. Bekerja di tengah orang banyak dan berinteraksi dengan orang banyak membuat kamu lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang kamu konsumsi, sebab beberapa makanan tertentu memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan mulut dan gigi kamu.

Meskipun memang penting untuk menjaga penampilan dengan mengurangi bakteri di mulut, hal yang lebih penting adalah kamu harus memperkuat dan meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara menyeluruh untuk membuat tubuh kamu mampu mendukung kesehatan dan kebersihan mulutmu dalam jangka waktu panjang.

Mengunyah makanan bisa memproduksi semakin banyak air liur yang baik untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Air liur bisa menghilangkan rasa asam sehingga gigi kamu tidak akan mudah berlubang. Air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang meningkatkan pertahanan enamel. Selain air liur, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk melindungi kesehatan gigi dan mulutmu.

Beberapa Makanan untuk Kesehatan Mulut

Permen karet tanpa gula

Makan permen karet yang tidak mengandung gula, bisa meningkatkan produksi saliva yang baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Saliva yang dihasilkan ketika mengunyah permen karet akan mengontrol pH dalam mulut dan menjaga agar gigi tidak mudah berlubang. Namun bila kamu mengonsumsi permen karet yang mengandung gula, itu akan membahayakan gigimu.

Teh hijau

Beberapa jenis teh hijau mengandung fluoride yang dapat melindungi gigi dari kerusakan. Teh hijau memiliki senyawa yang sangat bermanfaat bagi gigi. Teh mengandung catechin yang berfungsi membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut. Teh juga merupakan antioksidan alami yang mencegah plak terakumulasi sehingga mengurangi resiko gigi berlubang dan bau mulut.

Cranberry

Cranberry tidak hanya ampuh mencegah infeksi kandung kemih, tetapi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Zat dalam cranberry dipercaya bisa mengatasi lubang dalam gigi dan penyakit mulut.

Susu dan yogurt yang rendah lemak dan gula

Susu dan yogurt yang rendah lemak dan gula, selain minuman sehat dapat membantu mengurangi resiko erosi pada gigi karena kaya kalsium.

Keju

Keju mengandung fosfat dan kalsium yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman atau pH dalam mulut, menghasilkan air liur yang lebih banyak, dan membangun kembali enamel gigi, serta membunuh bakteria penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi.

Apel

Walaupun bersifat asam dan mengandung kadar gula tinggi yang tidak baik untuk gigi, namun, apel mengandung serat yang cukup tinggi, yang mampu memperkuat dan membersihkan gigi saat kamu mengunyahnya. Kandungan asam malat dalam apel, membantu meningkatkan produksi saliva (liur), yang berfungsi membunuh bakteri dan memutihkan gigi. Asam malat biasa digunakan sebagai salah satu bahan pasta pemutih gigi. Mengonsumsi sebuah apel setelah makan malam, dapat membersihkan bagian interior gigimu.

Nanas

Nanas mengandung bromelain, yang baik bagi tubuh. Bromelain adalah anti peradangan alami dan pembersih. Bromelain memiliki fungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi, yang juga ditemukan dalam berbagai pasta gigi.

Minyak kelapa

Cara untuk menggunakan minyak kelapa bagi kesehatan mulut adalah dengan berkumur atau membilas isi mulut kamu dengan minyak kelapa. Kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan mulut dan membunuh bakteri di dalamnya. Namun, hal yang sulit adalah kamu harus berkumur-kumur selama 10 menit dengan mulut berisi minyak kelapa.

Seledri

Seledri memiliki kandungan air dalam jumlah banyak yang baik untuk merangsang produksi saliva yang dapat membersihkan mulut saat kamu dengan mengunyah seledri. Seledri adalah senjata terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengusir bakteri jahat dalam mulutmu. Seledri sarat dengan berbagai manfaat kesehatan gigi. Cobalah makan sepotong seledri sekali seminggu, jika kamu ingin menyikat gigi secara alami.

Kismis

Kismis mengandung fitokimia, seperti asam oleanolic, yang berfungsi menghambat perkembangan beberapa jenis bakteri di mulut.

 

Wortel

Wortel kaya akan kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi dan memperkuat gusi.

Bawang putih

Bawang putih adalah anti bakteri yang bisa membunuh bakteri di dalam mulut. Mengkonsumsi bawang putih dalam jangka panjang memiliki efek baik bagi kesegaran nafas kamu.

Bawang merah

Bawang mengandung senyawa belerang yang merupakan anti bakteri yang kuat, yang dapat membunuh bakteri yang membahayakan gigi dan gusi.

Kakao

Kakao mengandung zat yang membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah erosi gigi serta pembusukan. Sepotong dark chocolate, dapat mencerahkan suasana hati kamu dan mencegah kerusakan gigi

Buah Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C yang membantu menjaga jaringan kolagen pada gusi, mencegah infeksi pada gusi, mempercepat proses penyembuhan, dan memperkuat gusi.

Biji wijen

Biji wijen kaya akan kalsium, yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi kamu. Selain itu, biji wijen juga dapat melarutkan plak yang terbentuk dan membangun enamel gigi.

Buah Pir

Buah pir kaya serat alami yang dapat membantu dalam memproduksi air liur tambahan pada mulutmu. Pir juga memiliki efek netralisasi asam yang lebih besar pada permukaan gigi.

Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 dan vitamin D. Mengonsumsi salmon dua kali seminggu dapat menjaga tulang, gigi, dan jantung kamu agar tetap sehat dan kuat.

Protein

Mengkonsumsi protein yang cukup setiap hari, seperti protein hewani dalam daging sapi, ayam, telur dan kalkun kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin D, sangat baik untuk kesehatan tubuh dan gigimu.

 

Air

Selain diminum, berkumur dengan air dapat membersihkan mulit sehingga air liur dapat memelihara gusi dan gigi dengan baik.

Stroberi

Stroberi mengandung Malic Acid yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi anda.

Brokoli

Brokoli bisa menguatkan enamel gigi dengan memberikan lapisan anti asam.

Jamur shitake

Jamur shitake mengandung lentinan yang dapat mencegah bakteri yang berkembang dalam mulut dan membuat mulut terbebas dari plak.

Selain menyikat gigi dengan benar, makanan-makanan tersebut dapat juga kamu gunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutmu. Selamat mencoba.(Mb/caramakan.com)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Bakamla Selamatkan Rombongan Kemendes yang Terombang-Ambing 8 Jam di Perairan Tarakan, Ini Kronologinya

Metrobatam, Jakarta - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menyelamatkan sebagian rombongan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang...

Ini Istana Bos First Travel yang Terlilit Utang Rp 80 M dan Tipu Calon...

Metrobatam, Jakarta - Polisi telah menetapkan bos First Travel, Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Devitasari Hasibuan, sebagai tersangka kasus penipuan perjalanan umrah. Meski diketahui...

Seperti Ini Bahagianya Warga di Perbatasan yang Akhirnya Bisa Nikmati Listrik

Metrobatam, Atambua - Sudah dua tahun ini listrik hadir di Desa Naekake, salah satu desa di wilayah perbatasan Republik Indonesia-Timur Leste di Provinsi Nusa...

Kecewa Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang, Mantan Pegawai Bakar Kampus Universitas Malikussaleh

Metrobatam, Aceh Utara – Pelaku pembakaran Gedung Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal), di Gampong (Desa) Kecamatan Muara Baru, Kabupaten Aceh Utara, berinisial S mengaku kecewa...

Bekuk 5 Bandar Narkoba di Aceh Utara, BNN Sita 40 Kg Sabu

Metrobatam, Lhokseumawe - Badan Narkotika Nasional (BNN) membekuk 5 bandar narkoba di Aceh. Sebanyak 40 kilogram sabu disita dalam penangkapan tersebut. Awalnya, penangkapan dilakukan terhadap...

FPI Doakan Musuh Rizieq Shihab Dihancurkan, Anis Doakan Rizieq Panjang Umur

Metrobatam, Jakarta - Massa Front Pembela Islam (FPI) mendoakan semua musuh dan orang yang memfitnah Rizieq Shihab dalam perayaan hari ulang tahun ke-19 FPI. Berdasarkan...

Korban First Travel Minta Pemerintah Bantu Kembalikan Uang Jemaah

Metrobatam, Jakarta - Jemaah korban dugaan penipuan perjalanan umrah First Travel meminta pemerintah turun tangan membantu pengembalian dana jemaah yang sudah disetorkan. Hingga saat...

Zaskia Gotik Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Bintan

Metrobatam.com, Bintan - Malam Ramah Tamah dan Hiburan Rakyat Kabupaten Bintan 2017 sempena HUT Kemerdekaan RI ke 72 berlangsung sangat meriah. Hal itu terlihat,...

DPRD Kepri Sahkan Ranperda Keuangan dan Administrasi DPRD

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Riau akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hak-Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota...

Dibandingkan Batam, Turis Singapura Pilih Liburan ke Johor Baru Malaysia

Metrobatam.com, Batam - Masyarakat Singapura ternyata masih memilih Johor Baru, Malaysia sebagai destinasi akhir pekan mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan Singapura yang...

Curhat Jemaah First Travel di DPR: Uang Habis hingga Ibu Meninggal

Metrobatam, Jakarta - Korban jemaah umrah First Travel mengadu ke Komisi VIII DPR. Korban mengadu dengan kerugian yang bervariasi bahkan ada keluarganya yang meninggal...

Ketua MUI: Indonesia Bukan Darul Islam

Metrobatam, Jakarta - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'aruf Amin menyata0kan bahwa Indonesia adalah negara kesepakatan dari berbagai golongan masyarakat, hingga akhirnya merdeka...