MUI Dukung Kepala Daerah Larang Perayaan Valentine

Metrobatam, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung sikap kepala daerah yang melarang warga khususnya pelajar muslim merayakan hari Valentine pada 14 Februari mendatang.

Wakil Sekjen MUI, Najamuddin Ramli mengatakan bahwa pihaknya mendukung segala kebijakan yang dapat melindungi generasi muda beragama Islam dari pengaruh buruk.

“MUI pada posisi menjaga akhlak generasi muda,” ucap dia, melalui pesan singkat kepada CNN Indonesia.com, Selasa (13/2).

Sebelumnya, Wali Kota Depok, Jawa Barat Muhammad Idris melarang warganya merayakan valentine karena dianggap berpotensi menumbuhkan praktik penyimpangan seksual. Dinas Pendidikan Kota Depok lantas meminta kepada seluruh Kepala Sekolah agar melarang para murid merayakan valentine.

Hal serupa dilakukan Bupati Bima, Nusa Tenggara Barat, Indah Dhamayanti Putri. Dia mengimbau kepada kepala sekolah hingga dosen agar melarang murid dan mahasiswa merayakan valentine dalam bentuk apa pun. Menurut Indah, perayaan valentine bertentangan dengan norma agama dan sosial budaya.

Di samping itu, larangan serupa juga diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Besar, Kotawaringin Timur, dan Bondowoso.

“MUI mendukung segala kebijakan yang baik dan mendukung kebijakan yang memagari warga negara dari hal-hal yang buruk,” tutur Najamuddin.

Najamuddin menjelaskan bahwa Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin senantiasa mengapresiasi kepala daerah yang perhatian terhadap akhlak warga muslim. Dengan demikian, MUI mendukung segala kebijakan yang bertujuan untuk melindungi warga muslim dari pengaruh buruk demi menjaga adab sesuai dengan norma agama Islam.

“Ketum MUI mendukung jika ada kepala-kepala daerah yang senantiasa menjaga etika dan budi pekerti warganya,” tandasnya.

Bupati Aceh Besar Haramkan Valentine

Bupati Aceh Besar Marwadi Ali melarang perayaan hari valentine di wilayahnya. Larangan itu dikeluarkannya melalui surat edaran Nomor 451/882/2018 yang ditujukan untuk camat, kepala sekolah, dan pengelola hotel atau restoran.

Surat edaran tersebut telah beredar melalui media sosial. Marwadi telah mengkonfirmasi surat edaran tersebut. “Iya,” kata Marwadi saat dikonfirmasi CNN Indonesia.com, Selasa (13/2).

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan perayaan hari Valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari adalah budaya yang bertentangan dengan Syariat Islam.

Selain itu, juga dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Istimewa Aceh, serta Qanum Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam di Bidang Aqidah, Ibadah dan Syiar Islam.

“Dan haram hukumnya untuk dilaksanakan,” demikian keterangan dalam surat edaran tersebut.

Marwadi mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Besar agar tidak merayakan hari Valentine.

Ia juga mengimbau jika terjadi pelanggaran dalam bentuk apapun untuk dilaporkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (WH) atau pengawas pelaksanaan Syariat Islam.

Satpol PP, camat, serta WH Kabupaten Aceh Besar diharapkan untuk mengawasi setiap kegiatan yang melanggar syariat islam, adat istiadat, dan norma masyarakat Aceh.

Surat edaran tersebut, juga meminta seluruh guru dan orang tua untuk mengawasi siswa maupun anak-anak untuk tidak merayakan hari Valentine. Pemilik hotel dan restoran juga diminta untuk menyediakan tempat bagi perayaan hari Valentine.

Lebih lanjut, mengharapkan peran serta teungku, ustaz serta da’i untuk menyampaikan tentang bahaya perayaan hari Valentine di setiap tausiyahnya.

Sebelumnya, Marwadi Ali juga melarang waria untuk mengelola salon di wilayah Aceh Besar.

Selain itu, Mawardi pernah mengirimkan surat ke sejumlah maskapai yang beroperasi dan singgah di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh, tentang aturan baru berbusana bagi pramugari.

Mawardi mengimbau pramugari yang beragama Islam menggunakan hijab. Imbauan tersebut tertuang dalam surat yang ditandatangani Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, dan mulai diberlakukan 18 Januari silam. (mb/cnn indonesia)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Ketua DPRD Kepri Serahkan Bantuan Hewan Kurban di Batam

Metrobatam.com, BatamĀ  - Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menyerahkan bantuan hewan kurban kepada pengurus Masjid Nurul Iman, Kelurahan, Tembesi, Minggu (19/8/2018). Penyerahan hewan kurban berupa...

Danlantamal IV Tatap Muka Dengan Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab IV DJA I

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Menjelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri ke-72, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko...

Indonesia Tambah 3 Emas, Ini Perolehan Medali dan Klasemen Asian Games

Metrobatam, Jakarta - Sampai Senin (20/8) pukul 15.00 WIB perolehan medali emas Indonesia bertambah tiga. Kontingen Indonesia pun naik ke urutan tiga klasemen Asian...

Senyum Lebar Joni Pemanjat Tiang Dapat Bantuan Renovasi Rumah

Metrobatam, Jakarta - Yohanes Gama Marschal Lau alias Joni, bocah pemanjat tiang bendera dalam upacara HUT ke-73 RI di Desa Silawan, Belu, Nusa Tenggara...

Gempa 6,9 SR di Lombok Berasal dari Sesar Naik Flores

Metrobatam, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) kembali mengguncang pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu 19 Agustus 2018. Gempa besar...

Mahfud Md Tolak Jadi Ketua Timses Jokowi-Ma’ruf, Ini Alasannya

Metrobatam, Jakarta - Mahfud Md menolak menjadi ketua tim pemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Ia mengungkap alasannya. Apa itu? "Saya tak bisa jadi ketua timses atau...

PNS di Aceh Dapat Tambahan Libur Idul Adha 2 hari

Metrobatam, Banda Aceh - Menyambut lebaran Idul Adha 1439 H, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Aceh mendapat tambahan libur selama dua hari. Meski demikian,...

Lindswell Persembahkan Emas Kedua untuk Indonesia di Asian Games 2018

Metrobatam, Jakarta - Indonesia meraih emas keduanya di Asian Games 2018. Lindswell Kwok menambahnya dari cabang wushu. Di Hall B JIEXpo Kemayoran, Senin (20/8), Lindswell...

SBY Disomasi, Anggota DPR Anton Sukartono Bantah Palsukan Ijazah

Metrobatam, Jakarta - Forum Silaturahmi Alumni (FSA) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi menduga bacaleg Partai Demokrat (PD) Anton Sukartono Suratto menggunakan gelar dan...

Terima Suap, Eks Bupati Subang Imas Dituntut 8 Tahun Bui

Metrobatam, Bandung - Mantan Bupati Subang Imas Aryumningsih dituntut delapan tahun bui. Imas terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi berupa menerima suap perizinan sebesar...

Korban Tewas Sementara Gempa Lombok 548 Orang

Metrobatam, Jakarta - Korban tewas gempa bumi yang mengguncang Nusa Tenggara Barat untuk sementara 548 orang. Pendataan masih terus dilakukan sehingga kemungkinan jumlah korban...

Di Balik Kisah Ratoh Jaroe, Tarian Aceh Pembuka Asian Games 2018

Assalamualaikum kami ucapkan Para undangan yang baru teuka Karena salam Nabi khen sunat ...
BAGIKAN