Nikmatnya Selingkuh hingga Cicipi Janda Kecemplung di Pulau Seribu!

oleh

KEPULAUAN seribu tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, atau aktivitas wisata bahari lainnya seperti diving dan snorkeling. Para wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa merasakan pengalaman berwisata kuliner.

Pulau yang terletak di sebelah utara Teluk Jakarta ini ternyata memiliki beragam kuliner tradisional dengan nama yang sangat unik. Penasaran? Berikut adalah 5 makanan khas Kepulauan Seribu yang wajib Anda cicipi. Sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Kamis (23/8).

Selingkuh

Nama makanan ini memang bisa bikin siapa saja gagal fokus. Bagaimana tidak, dalam Bahasa Indonesia, selingkuh merupakan istilah terkait perbuatan tidak jujur atau menyeleweng dari pasangan. Tapi ketika Anda berkunjung ke Kepulauan Seribu, selingkuh merupakan salah satu kuliner khas mereka. Bentuknya seperti lontong yang terbuat dari beras yang diaroni santan kelapa, lalu diberi isian abon ikan, kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Sambal beranyut

Bagi wisatawan Indonesia, berwisata kuliner rasanya belum lengkap jika belum mencicipi kudapan bercita rasa pedas di daerah yang sedang mereka kunjungi. Nah, masyarakat Kepulauan Seribu ternyata memiliki olahan sambal unik yang dinamakan sambal beranyut. Sambal ini terbuat dari ulekan cabai, garam, dan perasan air jeruk limau. Biasanya disantap bersama ayam atau ikan bakar.

Bom atom

Satu lagi makanan unik dari Kepulauan Seribu yakni, bom atom. Makanan ini memiliki tekstur berwarna merah dan terbuat dari tepung terigu, telur, dan mentega. Campuran adonan itu kemudian akan digoreng lalu dicelup ke dalam karamel gula yang telah diberi perwarna. Rasanya manis-manis gurih.

Kue maco

Jika dilihat dari tampilannya, Anda mungkin sudah familiar dengan kue yang satu ini. Beberapa daerah di Indonesia sering menyebutnya dengan nama onde-onde. Sementara di Kepulauan Seribu, warga lokal menyebutnya sebagai kue maco. Proses pengolahannya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu menyediakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat onde-onde, lalu tambahkan pula abon atau suwiran daging ikan sebagai isiannya.

Puk Cue

Kalau Palembang punya pempek, Kepulauan Seribu juga punya kuliner unik yang mereka sebut puk cue. Bahan dasar dan proses pembuatan hidangan hampir mirip dengan pempek yakni, menggunakan daging ikan, tepung sagu, dan terigu. Bedanya, jika pempek disajikan dengan cuka, puk cue justru disantap bersama sambal kacang.

Kue Janda Kecemplung

Ada satu lagi kue yang serupa namun tak sama. Berbeda dengan kue janda mengandang, nama kue ini adalah kue janda kecemplung. Kue janda kecemplung terbuat dari tepung terigu dan gula yang dibuat dalam bentuk bulat, lalu dikukus. Setelah matang, adonannya dicelupkan dalam cairan air gula jawa lalu dicampur dengan ampas kelapa. (mb/okezone)