Pandangan DPRD Tanjungpinang Atas Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran APBD 2016

1805
Rapat Paripurna Penyampaian pandangan DPRD Kota Tanjungpinang terhadap rancangan Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta laporan pertanggungjawaban anggaran tahun 2017, Selasa (4/7) di Aula DPRD Kota Tanjungpinang. 

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Rapat Paripurna Penyampaian pandangan DPRD Kota Tanjungpinang terhadap rancangan Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta laporan pertanggungjawaban anggaran tahun 2017, Selasa (4/7) di Aula DPRD Kota Tanjungpinang.

Dalam rapat tersebut semua Fraksi membacakan pandangannya masing-masing seperti fraksi dari Partai PDIP, Syahrial mengatakan Pemko sudah melampaui target, dan ini tolak ukur menjadi penyerapan anggaran kedepan.

Menurutnya, dalam pelaksanaan APBD 2016 masih dievaluasi untuk perbaikan dimasa yang akan mendatang.

Sementara, fraksi dari Partai Golongan Karya juga mengatakan bahwa kepala daerah harus menyampaikan laporan, dan perlu dipahami bahwa kepala daerah bertanggungjawab atas keuangan daerah APBD kepada Dewan.

Menurutnya, Pemko masih belum cermat menggunakan anggaran 2016, menerapkan prinsip yang lebih diperhatikan dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karna pemerintah tidak bisa memberikan stimulasi perekonomian , kami fraksi Golkar terdapat terjadi silfa pada kas pemko. Oleh karena itu, Pemko dianggap pemborosan anggaran, dengan anggaran APBD Perubahan menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Selain itu, fraksi dari Hanura, Reni juga mengatakan silfa yang cukup besar menjadi salah satu perekonomian yang tidak sesuai, dan kedepan diharapkan tidak seperti berikut.

Peningkatan retribusi pajak daerah, pelaksanaan harus dihitung kongkrit jumlah pengendara dan parkir, agar menjadi salah satu pendapat daerah.

“Pembahasan PP APBD kami dari fraksi Hanura berharap dilanjutkan pembahasannya,” katanya.

Fraksi dari Demokrat Plus, Agung mengapresiasi terhadap pemko mendapat WTP dari BPK dalam keuangan pemko Tanjungpinang.

“Kami berharap Walikota menjabarkan secara detail apa yang menjadi hambatan-hambatan. Penyerapan anggaran APBD , diharapkan merancang kegiatan pembangunan tidak menumpuk diahkir tahun,” harapnya.

Fraksi dari PKS, Muhamamd Arif juga mengatakan bahwa realisasi kegiatan masih perlu diperhatikan untuk membelanjakan anggaran belanja daerah pemko.

Fraksi dari Gerindra, Mayanti juga meminta proses pengelolaan keuangan daerah pemko untuk pembangunan harus mengontrol dengan baik.

“Kita (fraksi Gerindra) menganggap jika ditinjau dari Pendapatan WTP dari BPK wajar saja. Dan harus melihat lebih jauh lagi bagaimana memanfaatkan keuangan demi kesejahteraan,” katanya.

Menurutnya, penyerapan anggaran yang baik, adalah bertujan untuk kesejahteraan masyarakat Kota  Tanjungpinang.

Dan yang terakhir, fraksi dari PAN, Hasan juga menyampaikan bahwa WTP yang diperoleh Pemko harus menjadi hal yang harus dipertahankan dan kedepan mendapat sesuatu yang lebih baik lagi.

“Realisasi anggaran APBD 2016 dianggap sudah terserap 59 SKPD perlu ditingkatkan lagi kedepannya.Demi kemajuan perekonomian pemko diharapkan bisa mengelola dengan baik keuangan daerah agar terciptanya kesejahteraan masyarakat Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Setelah itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menjawab tentang pandangan DPRD Tanjungpinang terhadap Ranperda laporan pertanggungjawaban anggaran 2016.

Ia mengatakan, dirinya sudah mencermati pandangan dari 7 fraksi anggota DPRD Tanjungpinang. Terimakasih kepada PDIP atas pandangan yang diberikan, dan Golakr, Pemko akan memperhatikan catatan yang diberikan kepada pemko.

“Fraksi Hanura menyampaikan lima poin penting, silva tahun 2016 , kami akan perhatikan dan keselarasan soal pendidikan,” ucapnya.

Sementara, untuk fraksi Demokrat Plus, Pemko Tanjungpinang sudah mendata dan membuka lapangan kerja seperti menjahit dan membordir , dan membantu untuk para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yakni melaksanakan pendataan kesejahteraan sosial, dan meningkatkan ekonomi produktif.

Untuk fraksi PKS, dirinya mengucapkan terimakasih terhadap dukungan dan saran yang telah diberikan kepada Pemko Tanjungoinang.

“Dalam memperbaiki kinerja keuangan yang akan mendatang, ini bisa dilihat pencapian dari indeks hasil pertumbuhan manusia seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya,” ucapnya lagi.

Kini, lanjutnya, Pemko sedang melakukan pembinaan kepada para ekonomi produktif, dan para UKM dan pelaku usaha.

“Untuk fraksi dari PAN, kami akan perhatikan catatan  yang menjadi pandangannya,” tutupnya.

Budi Arifin

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Wali Kota Tegal Divonis 5 Tahun Penjara

Metrobatam, Jakarta - Majelis hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menjatuhkan vonis lima tahun penjara, kepada Wali Kota nonaktif Tegal, Siti Masitha. Dia...

Dikawal 4 Pesawat Tempur, Panglima TNI ke Natuna Tinjau Pangkalan Militer

Metrobatam, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berkunjung ke Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Saat terbang ke sana, Hadi mendapat pengawalan ekstra ketat. Empat...

PKS Luruskan Hoax Kader Komentar ‘Kartini Pemuas Seks Belanda’

Metrobatam, Jakarta - Komentar seseorang bernama Ahmada Al Fatih yang menghina Kartini dikait-kaitkan dengan PKS. Foto seseorang berjas PKS digabungkan dengan komentar itu. Bagaimana...

Menkumham Setuju Hukuman Cambuk Dilakukan di Area Lapas

Metrobatam, Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly setuju eksekusi hukuman cambuk bagi pelanggar syariat di Aceh dila‎ksanakan di...

Dokter RS Premier Ngaku Tak Pernah Beri Rekam Medis Setnov ke Fredrich Yunadi

Metrobatam, Jakarta - Dokter RS Premier Glen S Dunda mengaku, tidak pernah memberi rekam medis terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov) kepada pengacara...

Bos First Travel Akui Gaji Rp 1 M dan Beli Restoran di London

Metrobatam, Depok - Hakim menanyai bos First Travel, Andika Surachman soal nilai gajinya yang mencapai Rp 1 miliar tiap bulan. Menurut Andika, gaji sebesar...

Jenazah Wakapolres Labuhanbatu Dimakamkan secara Militer di Kampung Halamannya

Metrobatam, Medan – Wakapolres Labuhanbatu, Sumatera Utara, Kompol Andi Chandra, yang tewas setelah kapal yang ditumpanginya bersama 6 pejabat utama Polres Labuhanbatu tenggelam di...

Ketua DPRD Kepri Minta KPID Tangkal Penyebaran Hoax Melalui Siaran

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Ketua DPRD Provinsi provinsi Kepri Jumaga Nadeak, meminta agar Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) setempat berperan aktif menangkal penyebaran hoax melalui...

Ditpolairud Polda Kepri MoU dengan DPC INSA Batam Serta Luncurkan Aplikasi Sipopeye Kepri

Metrobatam.com, Batam - Dirpolairud Polda Kepri meluncurkan aplikasi SIPOPEYE KEPRI dan lakukan Penandatanganan (Memorandum of Understanding) MoU bersama DPC INSA Batam, Jumat (20/4/2018) pagi di...

Tiga Penari Erotis di Batam Hanya Pekerja Lepas

Metrobatam, Batam - Tiga penari erotis di Dataran Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Sabtu, 14 April 2018 lalu diketahui hanya...

‘Sentilan’ SBY dan Polemik Kasus Century

Metrobatam, Jakarta - Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, membuat pernyataan mengejutkan melalui akun media sosial Twitter pribadinya, @SBYudhoyono, pada Selasa (17/4). SBY menyampaikan...

Asyik Pesta Narkoba, 5 Pelajar Ditangkap di Rumah Kosong

Metrobatam, Pekanbaru - Bukannya mengisi waktu dengan hal positif, sekelompok remaja ini malah melakukan perbuatan tercela dan melanggar hukum. Para remaja yang semua masih...
BAGIKAN