Pasangan Incumbent Ganjar-Heru Maju Lagi, 2 Kader PPP Daftar Cawagub

1007

Metrobatam, Semarang – Pasangan incumbent Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan wakilnya Heru Sudjatmoko akhirnya menunjukkan kepastian untuk maju di Pilgub 2018. Keduanya mengambil formulir penjaringan di kantor DPD PDIP Jateng.

Ganjar mengambil formulir dengan diwakilkan oleh sahabatnya, Iwan Lasono. Sama seperti Pilgub 2013 Iwan juga mengambilkan formulir untuk Ganjar sebagai bakal calon Gubernur Jateng.

“Sudah 2 kali. Tahun 2013 juga ambil. Ini amanah. Pak Ganjar itu sahabat dan saya yang diberi amanah,” kata Iwan di kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang, Kamis (10/8).

Iwan tidak memberikan keterangan lebih banyak terkait pengambilan formulir yang dilakukan dua hari sebelum penutupan. Menurutnya hal itu ranah dari yang bersangkutan yaitu Ganjar.

“Belum bisa jawab, saya seorang yang menerima kuasa, tinggal jalankan perintah saja,” tandasnya.

Setelah Iwan, giliran Heru Sudjatmoko yang mengambil formulir sebagai bakal calon Wagub Jateng. Tidak seperti lainnya yang diwakilkan saat mengambil formulir, Heru datang sendiri untuk mengambilnya.

Heru Sudjatmoko mengambil formulir pendaftaran bakal Cawagub JatengHeru Sudjatmoko mengambil formulir pendaftaran bakal Cawagub Jateng Foto: Angling Adhitya Purbaya

“Saya kan sering ke sini, saya ambil sendiri,” pungkas Heru.

Heru mengatakan dirinya sengaja mengambil formulir pendaftaran setelah Ganjar untuk menghormati. Pengembalian berkas pun akan dilakukan di hari yang sama yaitu Jumat (11/8) besok karena merupakan hari terakhir.

“Saya ukur kemampuan saya dari berbagai sisi. Saya tidak mampu kalau nyalon gubernur. Saya hormati pak gub (Ganjar) karena nyalon lagi,” kata Heru.

Meski mendaftar dan akan mengembalikan di hari yang sama, Heru menegaskan bukan berarti ia nantinya mendapat rekomendasi lagi dan dipasangkan dengan Ganjar. Menurutnya semua keputusan tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP. “Saya harus memiliki keikhlasan kalau yang dipilih yang lain,” tandasnya.

Dua Kader PPP Daftar Cawagub

Dua kader PPP mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah melalui PDIP. Dua kader itu, Bupati Jepara, Marzuki dan mantan Bupati Blora, Abu Nafi.

Marzuki datang mengembalikan formulir ke kantor DPD PDIP Jateng. Dia datang bersama para pendukungnya dan diiringi musik rebana.

Dia datang membawa ratusan pendukung yang diangkut 17 bus dari Jepara. Suasana pun riuh di halaman kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang.

Sebelum masuk ke ruang pendaftaran, Marzuki sempat bertemu Wakil Gubernur Jawa Tengah yang juga merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Heru Sudjatmoko.

Setelah itu Marzuki diterima oleh panitia, Abang Baginda dan melakukan prosesi pengembalian formulir serta mengumpulkan berkas.

Marzuki mengatakan pihaknya mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur Jateng atas saran dari partai PDIP dalam hal ini ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. Ia kemudian berkoordinasi dengan DPW PPP Jateng dan mendapat restu. “Ini merupakan bentuk penghormatan PDIP kepada PPP,” kata Marzuki, Kamis (10/8).

Sebagai keseriusan pendaftaran, Marzuki sudah menyiapkan visi misi jika nantinya mendapatkan rekomendasi dan diberi amanat menjadi wakil gubernur Jateng.

“Punya visi untuk mewujudkan provinsi yang berdaya saing yang bisa mengangkat nilai-nilai nasionalis dan religius,” katanya.

Saat ditanya terkait keanggotaan partainya, Marzuki tidak menjawab dengan jelas dan mengatakan kalau Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri memaklumi posisinya. “Bu Mega memaklumi, tidak usah ditanyakan lah,” ujar Marzuki.

Ia menegaskan, jika tidak memperoleh rekomendasi, maka ia akan mendukung siapapun yang mendapat rekomendasi. Usai proses pengembalian formulir, Marzuki keluar dan disambut ratusan pendukung yang sudah memakai kaos “Marzuki Menuju Jawa Tengah”.

“Siapapun yang direkomendasikan Ibu Mega, tetap saya dukung. Saya terhantarkan jadi bupati juga atas rekomendasi PDIP,” katanya.

Selain Marzuiki, ada pula kader PPP lain yang juga mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wakil gubernur Jateng. Ia adalah mantan Wakil Bupati Blora, Abu Nafi.

Abu Nafi datang sebelum Marzuki dengan membawa beberapa pendukungnya. Di ruang pendaftaran, Abu menyampaikan awalnya dirinya tidak berniat mendaftar. Formulir diambilkan oleh Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsuri.

“Agak aneh saya ikut, ini di luar dugaan. Tapi ini amanah DPW,” kata Abu.

Selain amanah dari partai, lanjut Abu, keikutsertaan dirinya dalam penjaringan cawagub Jateng yaitu untuk menghormati PDIP yang memberikan rekomendasi untuk mencalonkan diri di Pilkada Blora tahun 2015 meski gagal.

“Saya tidak ambil formulir, yang ambil ketua DPW. Saya lihat diri saya, saya bukan kelas wakil Gubernur. Tapi karena ini amanah. Dengan segala keterbatasan, saya berangkat,” ujarnya.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Sidang Korupsi E-KTP, Nazaruddin Sebut Mantan Mendagri Gamawan Fauzi Kecipratan US$ 4,5 Juta

Metrobatam, Jakarta - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin meyakini keterlibatan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) periode 2009-2014, Gamawan Fauzi dalam korupsi pengadaan...

Kolega Imbau Setnov Cerita Soal Dugaan Korupsi e-KTP ke KPK

Metrobatam, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan mengimbau Ketua DPR Setya Novantomenceritakan informasi seputar kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP kepada...

9 Pasangan Mesum dan Lesbian Terjaring Razia di Kota Palembang

Metrobatam, Palembang - Razia gabungan TNI, Polri bersama Satpol PP Kota Palembang merazia sejumlah penginapan dan tempat hiburan. Sebanyak sembilan pasangan mesum dan pasangan...

Hari Ini, Kahiyang Ayu akan Diberi Marga Siregar

Metrobatam, Jakarta - Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, akan diberi marga Siregar hari ini. Marga ini diberikan lewat prosesi Mangalehan Marga. Istri Bobby...

Astaga! Seorang Aktivis Ditangkap karena Sodomi 9 Remaja

Metrobatam, Balikpapan - Seorang aktivis lingkungan berinsial PDW menjadi tersangka atas kasus pencabulan sesama jenis. Tersangka yang juga fasilitator anak berskala internasional itu ditangkap...

‘Juve Lawan Barca akan Jadi Permainan Taktik dan Fisik’

Turin - Juventus akan menjamu Barcelona di lanjutan Liga Champions. Pertandingan itu dinilai akan menjadi permainan yang penuh dengan adu taktik dan fisik. Dalam pertemuan...

Merasa Dibohongi, Belasan Penumpang Lion Air di Batam Ngamuk

Metrobatam, Batam - Sebanyak 16 penumpang Lion Air dari Pekanbaru tujuan Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) terlantar di Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau....

Liga Arab Nyatakan Hizbullah Sebagai Teroris, Hamas Menolak

Gaza City - Liga Arab melabeli organisasi Islamis Syiah di Libanon, Hizbullah, sebagai kelompok teror. Namun Hamas, kelompok gerakan Islamis Sunni di Palestina, menolak...

Setnov Dibui, Airlangga Hartato Digadang-Gadang Jadi Ketum Golkar

Metrobatam, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartato membenarkan bahwa dirinya salah satu orang yang digadang-gadang akan menggantikan Setya Novanto usai ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi...

Tikam Warga, Orang Gila Ditembak Polisi

Metrobatam, Pekanbaru - Warga Sungai Beringin Parit 15 Kelurahan Sungai Beringin, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau, diresahkan dengan adanya orang gila yang berkeliaran. Orang...

Ketua MPR: Akan Baik Kalau Novanto Mundur dari Ketua DPR

Metrobatam, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan ikut bicara soal kursi Ketua DPR yang masih diduduki tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP Setya Novanto. Zulkifli...

Edan! Oknum PNS Masukkan Terong dan Timun ke Kemaluan Istri 3 Kali Seminggu

Metrobatam, Deli Serdang - Seorang oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Deliserdang, Sumatera Utara berinisial RR harus menghadapi proses hukum lantaran dilaporkan istrinya...
BAGIKAN