Pasangan Incumbent Ganjar-Heru Maju Lagi, 2 Kader PPP Daftar Cawagub

998

Metrobatam, Semarang – Pasangan incumbent Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan wakilnya Heru Sudjatmoko akhirnya menunjukkan kepastian untuk maju di Pilgub 2018. Keduanya mengambil formulir penjaringan di kantor DPD PDIP Jateng.

Ganjar mengambil formulir dengan diwakilkan oleh sahabatnya, Iwan Lasono. Sama seperti Pilgub 2013 Iwan juga mengambilkan formulir untuk Ganjar sebagai bakal calon Gubernur Jateng.

“Sudah 2 kali. Tahun 2013 juga ambil. Ini amanah. Pak Ganjar itu sahabat dan saya yang diberi amanah,” kata Iwan di kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang, Kamis (10/8).

Iwan tidak memberikan keterangan lebih banyak terkait pengambilan formulir yang dilakukan dua hari sebelum penutupan. Menurutnya hal itu ranah dari yang bersangkutan yaitu Ganjar.

“Belum bisa jawab, saya seorang yang menerima kuasa, tinggal jalankan perintah saja,” tandasnya.

Setelah Iwan, giliran Heru Sudjatmoko yang mengambil formulir sebagai bakal calon Wagub Jateng. Tidak seperti lainnya yang diwakilkan saat mengambil formulir, Heru datang sendiri untuk mengambilnya.

Heru Sudjatmoko mengambil formulir pendaftaran bakal Cawagub JatengHeru Sudjatmoko mengambil formulir pendaftaran bakal Cawagub Jateng Foto: Angling Adhitya Purbaya

“Saya kan sering ke sini, saya ambil sendiri,” pungkas Heru.

Heru mengatakan dirinya sengaja mengambil formulir pendaftaran setelah Ganjar untuk menghormati. Pengembalian berkas pun akan dilakukan di hari yang sama yaitu Jumat (11/8) besok karena merupakan hari terakhir.

“Saya ukur kemampuan saya dari berbagai sisi. Saya tidak mampu kalau nyalon gubernur. Saya hormati pak gub (Ganjar) karena nyalon lagi,” kata Heru.

Meski mendaftar dan akan mengembalikan di hari yang sama, Heru menegaskan bukan berarti ia nantinya mendapat rekomendasi lagi dan dipasangkan dengan Ganjar. Menurutnya semua keputusan tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP. “Saya harus memiliki keikhlasan kalau yang dipilih yang lain,” tandasnya.

Dua Kader PPP Daftar Cawagub

Dua kader PPP mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Tengah melalui PDIP. Dua kader itu, Bupati Jepara, Marzuki dan mantan Bupati Blora, Abu Nafi.

Marzuki datang mengembalikan formulir ke kantor DPD PDIP Jateng. Dia datang bersama para pendukungnya dan diiringi musik rebana.

Dia datang membawa ratusan pendukung yang diangkut 17 bus dari Jepara. Suasana pun riuh di halaman kantor DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Semarang.

Sebelum masuk ke ruang pendaftaran, Marzuki sempat bertemu Wakil Gubernur Jawa Tengah yang juga merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Heru Sudjatmoko.

Setelah itu Marzuki diterima oleh panitia, Abang Baginda dan melakukan prosesi pengembalian formulir serta mengumpulkan berkas.

Marzuki mengatakan pihaknya mendaftarkan diri sebagai calon wakil gubernur Jateng atas saran dari partai PDIP dalam hal ini ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto. Ia kemudian berkoordinasi dengan DPW PPP Jateng dan mendapat restu. “Ini merupakan bentuk penghormatan PDIP kepada PPP,” kata Marzuki, Kamis (10/8).

Sebagai keseriusan pendaftaran, Marzuki sudah menyiapkan visi misi jika nantinya mendapatkan rekomendasi dan diberi amanat menjadi wakil gubernur Jateng.

“Punya visi untuk mewujudkan provinsi yang berdaya saing yang bisa mengangkat nilai-nilai nasionalis dan religius,” katanya.

Saat ditanya terkait keanggotaan partainya, Marzuki tidak menjawab dengan jelas dan mengatakan kalau Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri memaklumi posisinya. “Bu Mega memaklumi, tidak usah ditanyakan lah,” ujar Marzuki.

Ia menegaskan, jika tidak memperoleh rekomendasi, maka ia akan mendukung siapapun yang mendapat rekomendasi. Usai proses pengembalian formulir, Marzuki keluar dan disambut ratusan pendukung yang sudah memakai kaos “Marzuki Menuju Jawa Tengah”.

“Siapapun yang direkomendasikan Ibu Mega, tetap saya dukung. Saya terhantarkan jadi bupati juga atas rekomendasi PDIP,” katanya.

Selain Marzuiki, ada pula kader PPP lain yang juga mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wakil gubernur Jateng. Ia adalah mantan Wakil Bupati Blora, Abu Nafi.

Abu Nafi datang sebelum Marzuki dengan membawa beberapa pendukungnya. Di ruang pendaftaran, Abu menyampaikan awalnya dirinya tidak berniat mendaftar. Formulir diambilkan oleh Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samsuri.

“Agak aneh saya ikut, ini di luar dugaan. Tapi ini amanah DPW,” kata Abu.

Selain amanah dari partai, lanjut Abu, keikutsertaan dirinya dalam penjaringan cawagub Jateng yaitu untuk menghormati PDIP yang memberikan rekomendasi untuk mencalonkan diri di Pilkada Blora tahun 2015 meski gagal.

“Saya tidak ambil formulir, yang ambil ketua DPW. Saya lihat diri saya, saya bukan kelas wakil Gubernur. Tapi karena ini amanah. Dengan segala keterbatasan, saya berangkat,” ujarnya.(mb/detik)

Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

BERITA TERKINI

Pensiunan PNS Dapat THR Tahun Depan

Metrobatam.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, gaji pokok untuk pegawai negeri sipil ( PNS) tidak mengalami kenaikan pada tahun 2018. Namun demikian,...

Anak-anak Gaza Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

Metrobatam.com, Palestina - Genap 72 tahun Indonesia menikmati manisnya kemerdekaan. Genap 72 tahun yang lalu pula ucapan 'Selamat Kemerdekaan' datang dari Mufti Besar Palestina,...

Upacara Peringatan HUT RI ke 72 Polda Kepri

Metrobatam.com, Batam - Dirgahayu Republik Indonesia. Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 adalah hari  Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 tahun. Seluruh...

Panguyuban Punggowo akan Gelar Silaturahmi Bersama Warga Jawa di Dataran Engku Putri

Metrobatam.com, Batam - Paguyuban Among Wargo Jowo (Punggowo) berencana akan menggelar Halal Bihalal bersama warga Jawa yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (27/8)...

Perusahaan Asal Singapura Investasi Rp50 Miliar di Batam

Metrobatam.com, Batam - PT Fagioli Indonesia Corp, perusahaan asal Singapura berinvestasi sebesar Rp50 miliar di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dengan memanfaatkan...

25 Orang Atlet Olahraga Air Lantamal IV Dilepas Danlantamal IV

Metrobatam.com, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksma TNI R. Eko Suyatno melepas 25 orang Atlet kontingen Olahraga Air yang terdiri...

Pemkab Bintan Anugerahi Satyalancana Karya Satya Kepada ASN

Metrobatam.com, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan menganugrahi Satyalencana Karya Satya X tahun kepada 281 orang, Satyalencana Karya Satya XX tahun berjumlah 98 orang, dan...

Jokowi Tegaskan Dukung Penguatan KPK

Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyatakan, keputusan pemerintah untuk mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi tidak pernah berubah. Jokowi bahkan menegaskan, pemerintahannya akan terus mendukung...

Berhasil Ledakkan Bom Kimia di Istana Negara, Teroris Bandung akan ‘Jihad’ ke Marawi

Metrobatam, Bandung - Densus 88 Antiteror menangkap lima orang terduga teroris di Bandung, Jawa Barat, kemarin. Mereka diduga ingin berangkat ke Marawi, Filipina untuk...

Pejabat Kemendes Saweran Duit Suap ke Auditor BPK, Ini Rinciannya

Metrobatam, Jakarta - Duit suap yang diberikan Irjen Kementerian Desa PDTT Sugito ke auditor BPK Rochmadi Saptogiri disebut jaksa pada KPK berasal dari saweran...

Ayah Menangis Histeris Gendong Anaknya yang Tewas, Warga Malah Cuek Menonton

Metrobatam, Batam - Sangat mengherankan fenomena sosial yang terjadi di sebuah ruas jalan di Kota Batam ini. Belum lama ini beredar sebuah video yang...

Kocak! Takut Disuntik, Siswi SD Ini Kabur lalu Tendang Alat Vital Gurunya

Menghadapi jarum suntik memang menjadi momok menakutkan bagi setiap anak kecil. Tak terkecuali bagi siswi sekolah dasar ini. Sebuah video menunjukkan siswi SD sedang...