Pemprov Kepri Dukung Sensus Penduduk 2020

Pemprov Kepri menggelar rapat bersama BPS Provinsi Kepri untuk mensukseskan sensus penduduk 2020. Foto Oleh : Novyana

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Pemprov Kepri mendukung sensus penduduk yang akan digelar Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020 mendatang. Sekda Kepri, Dr. H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si berharap OPD di lingkungan Pemprov Kepri dapat bersinergi dengan BPS.

“Data ini ibarat kompas kita dalam menentukan kebijakan pembangunan. Nanti lewat Dinas PMD Dukcapil dan Biro Pembangunan, akan menggiring pendataan tersebut. Kalau perlu OPD dan BPS bisa bekerjasama. Bisa buat MoU,” sebut Sekda saat memimpin rapat bersama BPS Kepri, Senin (4/11).

Muat Lebih

Sekda berharap dengan sensus penduduk 2020 mendatang, data tersebut yang akan menjadi dasar dan tidak ada lagi tumpang tindih data. “Jadi nanti data kemiskinan yang digunakan ya versi BPS. Tidak ada data yang lain lagi. Begitu juga data kesehatan dan sebagainya itu,” tambah Sekda.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Tjetjep Yudiana. “Kami dari Kementerian Kesehatan juga ada aplikasi online yang terhubung hingga ke tingkat desa. Ada 12 indikator yang digunakan pada program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga, jika dapat disinkronkan saja indikatornya,” sebut Tjetjep.

Pentingnya sensus penduduk 2020 ini juga diakui Dinas PMD Dukcapil Kepri. “Kami menyadari pentingnya data dan sensus penduduk ini. Karena itu Kepala BPS juga kami ajak saar Rakor Desa di Anambas,” sebut Drs. Sardison, M.TP, Kadis PMD Dukcapil Provinsi Kepri.

Namun Sardison mengingatkan sensus penduduk secara mandiri ini juga perlu mempertimbangkan sistem offline. Pasalnya dari 416 desa dan kelurahan di Kepri, ada sekitar 56 hingga 60 desa dan kelurahan yang belum tersentuh jaringan internet.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si juga menekankan bahwa statistis sektoral juga menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Kominfo Kepri. “Jadi agar OPD juga memperbaharui data-data yang sesuai dengan sektoral yang diemban masing-masing OPD,” sebut Zulhendri.

(Mb/Diskominfokepri)

Loading...

Pos terkait