Piala AFF U-16 2018: Indonesia Cukur Filipina 8-0

    Metrobatam, Sidoarjo – Timnas Indonesia U-16 mengawali Piala AFF U-16 2018 dengan mulus. Menghadapi Filipina U-16 di laga perdana Grup A, Garuda Asia menang delapan gol tanpa balas.

    Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7), Indonesia U-16 tampil menekan sejak awal. Gol bahkan bisa dicetak saat laga belum genap dua menit.

    Di sisi kanan, Amirudin Bagas mengecoh satu pemain Filipina dan melepaskan umpan mendatar ke tengah. Kiper Filipina Franc John Barrera gagal menghalaunya, sehingga Mochamad Supriadi bisa dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan.

    Unggul 1-0 membuat Indonesia bersemangat. Tercatat dalam sepuluh menit pertama, Muhammad Fajar Fathur mendapat peluang emas tiga kali, namun gagal mengonversinya menjadi gol.

    Terus menekan, gol kedua Indonesia lahir di menit ke-18. Kali ini, Komang Teguh bisa menanduk bola sepak pojok masuk ke gawang Filipina. Skor kini 2-0.

    Di menit ke-31, Indonesia kembali menambah keunggulan. Fathur sukses menanduk bola sepak pojok dan membawa tim asuhan Fachry Husaini memimpin 3-0, yang bertahan hingga jeda.

    Di babak kedua, Indonesia kembali menambah gol di menit ke-44. Sutan Zico membawa Garuda Asia menjauhkan skor menjadi 4-0 lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas.

    Pesta gol Indonesia belum berhenti. Di menit ke-55, Rendy Juliansyah sukses menceploskan bola ke gawang Filipina setelah memanfaatkan umpan tarik Supriadi yang bisa merangsek ke tiang dekat. Skor menjadi 5-0.

    Di menit ke-63, Indonesia masih terus membobol gawang Filipina. Pelanggaran terhadap Rendy Juliansyah di kotak penalti membuat David Maulana bisa menambah skor menjadi 6-0 lewat titik putih.

    Dua gol tambahan lagi kemudian bisa dilesakkan Bagus Kahfi, yang masuk di babak kedua. Pertama usai memanfaatkan sodoran Rendy di menit ke-67, lalu yang kedua usai memanfaatkan assist saudara kembarnya Bagas Kaffa di menit ke-73. Skor 8-0 bertahan hingga laga tuntas.

    Hasil ini membawa Indonesia memimpin sementara Grup A Piala AFF U-16 dengan tiga poin dengan keunggulan gol dari Myanmar dan Vietnam. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Myanmar juga di Stadion Gelora Delta, Selasa (31/7).

    Harusnya Bisa Menang Lebih Besar

    Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mensyukuri kemenangan telak atas Filipina. Tapi, Fakhri menyebut timnya sebenarnya bisa menang dengan skor lebih besar.

    Timnas Indonesia U-16 mencukur Filipina dengan skor 8-0 pada laga pertamanya di ajang Piala AFF U-16. Gol-gol Garuda Asia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018), dicetak oleh Mochammad Supriadi, Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Fajar Fathur, Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah, David Maulana, dan pemain pengganti Bagus Kahfi (dua gol).

    Kemenangan besar ini menempatkan Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan tiga poin. Indonesia unggul selisih gol atas Myanmar dan Vietnam yang punya poin sama.

    “Kami bersyukur karena kemenangan ini berkat doa masyarakat Indonesia dan selain itu kami bangga terhadap para pemain. Dan kami bangga dengan permainan mereka karena mampu menjalankan tugas dengan baik,” kata Fakhri seusai pertandingan.

    “Seharusnya timnas U-16 ini bisa menang lebih dari delapan gol. Masih banyak peluang yang seharusnya gol, namun tidak membuahkan gol. Tapi kami menyadari bahwa permainan bola seperti itu,” tambah Fakhri.

    Indonesia selanjutnya akan berhadapan dengan Myanmar pada pertandingan kedua yang akan digelar di Stadion Gelora Delta pada Selasa (31/7).

    “Kami tetap akan melakukan rotasi para pemain karena kompetisi ini recovery hanya satu hari. Untuk menjaga kondisi para pemain harus dirotasi,” kata Fakhri.

    Sementara itu, kapten Timnas Indonesia U-16 David Maulana mengatakan bahwa kemenangan ini tak lepas dari dukungan penuh para suporter yang memadati Stadion Gelora Delta.

    “Kami akan terus bermain secara maksimal dengan harapan agar memenuhi target ke final Piala AFF ini. Kemenangan ini berkat kerja sama yang kompak dan komunikasi yang baik antarpemain,” ujarnya.

    “Berkat dukungan ribuan suporter di Stadion Delta Sidoarjo ini teman-teman bermain dengan penuh semangat. Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia,” tutur David.

    Susunan Pemain

    Indonesia U-16: Ernando, Yudha, Fadilah, Teguh, Bagas, Brylian, Andre, David, Supriadi, Fajar, Zico

    Filipina U-16: Franc John, Jeremy, Raphaelle, Kerome, RJ Vincent, Antoine, James, Khent, Sandro, Florenz, Thoma. (mb/detik)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Wadanpasmar 3 Terima Kunjungan Irjenal di Mako Pasmar 3

    Metrobatam.com, Sorong - Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Marinir Soeharijadi terima kunjungan Inspektur Jenderal Dan Perbendaharaan Angkatan Laut (Irjenal) Laksda TNI Djoko Erwan P,...

    BKN Tetapkan 5 Lokasi Tes CPNS di Wilayah Provinsi Kepri

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menetapkan 5 lokasi sebagai tempat tes CPNS tahun 2018 di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. "Penetapan kelima lokasi...

    Kapolres Karimun Beri Penghargaan 19 Personel Polres

    Metrobatam.com, Karimun, Kepri - Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya memberikan penghargaan kepada 19 personel Polres karena dinilai telah berhasil mengungkap sejumlah kasus criminal, mulai...

    Naik 8%, Ini Perkiraan UMP 2019 di 34 Provinsi

    Metrobatam, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2019 naik 8,03%. Kenaikan UMP di setiap provinsi akan diumumkan serentak...

    Prabowo ‘The Winter Soldier’, PKB: Mana Laku, Indonesia Tak Bersalju

    Metrobatam, Jakarta - PKB mengatakan capres Prabowo Subianto yang didoakan seperti 'The Winter Soldier' tak akan laku di Indonesia. Alasannya, tak pernah ada salju...

    Dapat Teguran Keras dari Jokowi, Ini Tanggapan BPJS Kesehatan

    Metrobatam, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi teguran keras pada BPJS Kesehatan karena dirinya harus mengurus langsung pembayaran utang rumah sakit dalam program...

    F1QR Lantamal IV Kembali Tangkap Terduga Pelaku Pencurian di Kapal SL. Lay Vessel 108

    Metrobatam.com, Tanjungpinang - Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Unit I Kejahatan dan Kekerasan di Laut (Jatanrasla)...

    Refleksi Hari Pangan Sedunia, Abdul Basyid Has Sebut Marwah Bangsa Indonesia

    Metrobatam.com, Batam - Abdul Basyid Has, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI periode 2018-2024 daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberi catatan kritis terkait...

    Tol Trans Jawa Ditargetkan Rampung Akhir November 2018

    Metrobatam, Solo - Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan ruas tol trans Jawa ditargetkan akan selesai pembangunan fisik akhir November 2018. Diharapkan akhir...

    Tabloid Bola Tutup, Netizen Kenang Saat Bokek hingga Taruhan

    Metrobatam, Jakarta - Warganet mencuitkan kesedihan mereka terkait dengan rencana penutupan Tabloid Bola pekan depan. #TerimaKasihTabloidBola pun menjadi cuitan yang banyak diperbincangkan di media...

    Miris, Bocah 7 Tahun Pengungsi Gempa Palu Dicabuli 3 Pemuda, Ini Kronologisnya

    Metrobatam, Makassar - Pencabulan anak di bawah umur menimpa, HS (7), bocah perempuan yang masih duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar (SD). Miris,...

    Kevin/Marcus Tambah Wakil Indonesia di Babak Kedua

    Metrobatam, Jakarta - Wakil Indonesia di babak kedua Denmark Terbuka 2018 bertambah. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menambahnya dari nomor ganda putra. Kevin/Marcus mengalahkan pasangan...
    SHARE