Piala AFF U-16 2018: Indonesia Cukur Filipina 8-0

    Metrobatam, Sidoarjo – Timnas Indonesia U-16 mengawali Piala AFF U-16 2018 dengan mulus. Menghadapi Filipina U-16 di laga perdana Grup A, Garuda Asia menang delapan gol tanpa balas.

    Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7), Indonesia U-16 tampil menekan sejak awal. Gol bahkan bisa dicetak saat laga belum genap dua menit.

    Di sisi kanan, Amirudin Bagas mengecoh satu pemain Filipina dan melepaskan umpan mendatar ke tengah. Kiper Filipina Franc John Barrera gagal menghalaunya, sehingga Mochamad Supriadi bisa dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan.

    Unggul 1-0 membuat Indonesia bersemangat. Tercatat dalam sepuluh menit pertama, Muhammad Fajar Fathur mendapat peluang emas tiga kali, namun gagal mengonversinya menjadi gol.

    Terus menekan, gol kedua Indonesia lahir di menit ke-18. Kali ini, Komang Teguh bisa menanduk bola sepak pojok masuk ke gawang Filipina. Skor kini 2-0.

    Di menit ke-31, Indonesia kembali menambah keunggulan. Fathur sukses menanduk bola sepak pojok dan membawa tim asuhan Fachry Husaini memimpin 3-0, yang bertahan hingga jeda.

    Di babak kedua, Indonesia kembali menambah gol di menit ke-44. Sutan Zico membawa Garuda Asia menjauhkan skor menjadi 4-0 lewat sundulan memanfaatkan tendangan bebas.

    Pesta gol Indonesia belum berhenti. Di menit ke-55, Rendy Juliansyah sukses menceploskan bola ke gawang Filipina setelah memanfaatkan umpan tarik Supriadi yang bisa merangsek ke tiang dekat. Skor menjadi 5-0.

    Di menit ke-63, Indonesia masih terus membobol gawang Filipina. Pelanggaran terhadap Rendy Juliansyah di kotak penalti membuat David Maulana bisa menambah skor menjadi 6-0 lewat titik putih.

    Dua gol tambahan lagi kemudian bisa dilesakkan Bagus Kahfi, yang masuk di babak kedua. Pertama usai memanfaatkan sodoran Rendy di menit ke-67, lalu yang kedua usai memanfaatkan assist saudara kembarnya Bagas Kaffa di menit ke-73. Skor 8-0 bertahan hingga laga tuntas.

    Hasil ini membawa Indonesia memimpin sementara Grup A Piala AFF U-16 dengan tiga poin dengan keunggulan gol dari Myanmar dan Vietnam. Selanjutnya Indonesia akan menghadapi Myanmar juga di Stadion Gelora Delta, Selasa (31/7).

    Harusnya Bisa Menang Lebih Besar

    Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mensyukuri kemenangan telak atas Filipina. Tapi, Fakhri menyebut timnya sebenarnya bisa menang dengan skor lebih besar.

    Timnas Indonesia U-16 mencukur Filipina dengan skor 8-0 pada laga pertamanya di ajang Piala AFF U-16. Gol-gol Garuda Asia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018), dicetak oleh Mochammad Supriadi, Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Fajar Fathur, Sutan Diego Zico, Rendy Juliansyah, David Maulana, dan pemain pengganti Bagus Kahfi (dua gol).

    Kemenangan besar ini menempatkan Indonesia di puncak klasemen Grup A dengan tiga poin. Indonesia unggul selisih gol atas Myanmar dan Vietnam yang punya poin sama.

    “Kami bersyukur karena kemenangan ini berkat doa masyarakat Indonesia dan selain itu kami bangga terhadap para pemain. Dan kami bangga dengan permainan mereka karena mampu menjalankan tugas dengan baik,” kata Fakhri seusai pertandingan.

    “Seharusnya timnas U-16 ini bisa menang lebih dari delapan gol. Masih banyak peluang yang seharusnya gol, namun tidak membuahkan gol. Tapi kami menyadari bahwa permainan bola seperti itu,” tambah Fakhri.

    Indonesia selanjutnya akan berhadapan dengan Myanmar pada pertandingan kedua yang akan digelar di Stadion Gelora Delta pada Selasa (31/7).

    “Kami tetap akan melakukan rotasi para pemain karena kompetisi ini recovery hanya satu hari. Untuk menjaga kondisi para pemain harus dirotasi,” kata Fakhri.

    Sementara itu, kapten Timnas Indonesia U-16 David Maulana mengatakan bahwa kemenangan ini tak lepas dari dukungan penuh para suporter yang memadati Stadion Gelora Delta.

    “Kami akan terus bermain secara maksimal dengan harapan agar memenuhi target ke final Piala AFF ini. Kemenangan ini berkat kerja sama yang kompak dan komunikasi yang baik antarpemain,” ujarnya.

    “Berkat dukungan ribuan suporter di Stadion Delta Sidoarjo ini teman-teman bermain dengan penuh semangat. Kemenangan ini untuk masyarakat Indonesia,” tutur David.

    Susunan Pemain

    Indonesia U-16: Ernando, Yudha, Fadilah, Teguh, Bagas, Brylian, Andre, David, Supriadi, Fajar, Zico

    Filipina U-16: Franc John, Jeremy, Raphaelle, Kerome, RJ Vincent, Antoine, James, Khent, Sandro, Florenz, Thoma. (mb/detik)

    Metrobatam.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    BERITA TERKINI

    Grand Opening Warung’e Lara dengan Menu Sajian yang Enak

    Metrobatam.com, Batam, Warung'e Lara, demikian nama rumah makan di Jalan Gatot Subroto Sidoarjo, Desa Larangan RT1, RW1, Candi Sidoarjo Jawa Timur, yang mulai beroperasi, Minggu (19/8/2018). Tempat...

    Lebih Nyaman dan Aman, Capella Dinamik Nusantara Launching Honda CB150R StreetFire dan CBR250RR

    Metrobatam.com, Batam - PT Capella Dinamik Nusantara kembali Launching Honda CB 150R StreetFire dan CBR 250 RR Minggu, ditempat di Auditorium Mega Mall Batam...

    Jokowi Kalungkan Medali Emas untuk Lifter Eko Yuli

    Metrobatam, Jakarta - Lifter Eko Uli Irawan berhasil meraih emas dalam cabang olahraga angkat besi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyaksikan pertandingan itu menyerahkan...

    Timses Jokowi Disebut Ber-IQ 80, Golkar Peringatkan Mardani

    Metrobatam, Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut timses Joko Widodo-Ma'ruf Amin ber-IQ 80 secara komunal. Partai Golkar mengingatkan Mardani untuk diam...

    Ini Isi Lengkap Fatwa MUI Soal Vaksin MR yang Kontroversial

    Metrobatam, Jakarta - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia telah menetapkan vaksin Measles Rubella (MR) mengandung babi dalam proses produksinya. Namun tetap memperbolehkan penggunaan vaksin...

    Susi Musnahkan 125 Kapal Maling Ikan, 40 Ditenggelamkan di Natuna

    Metrobatam, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menenggelamkan kapal maling ikan sebagai kado HUT ke-73 kemerdekaan Indonesia. Menurut catatan Susi kapal maling...

    LSI Denny JA: Jokowi-Ma’ruf 52,2%, Prabowo-Sandi 29,5%

    Metrobatam, Jakarta - Pascapendaftaran Pilpres 2019 periode awal Agustus 2018, Lingkaran Survei Indonesia menggelar survei elektabilitas dua pasangan calon. Siapa unggul? Survei digelar pada 12...

    KPK Sita Mobil Camry dari Apartemen Staf Ahli Anggota F-PAN Sukiman

    Metrobatam, Jakarta - Anggota DPR dari Fraksi PAN Sukiman memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus suap perimbangan dana RAPBN-P 2018. Pemanggilan ini yang kedua...

    Dituduh Curi Uang Rp1,5 Juta, Eks Majikan Aniaya dan Gunduli Magfiroh

    Metrobatam, Bogor - Polisi meyelidiki kasus penganiayaan dan penggulan terhadap Magfiroh (28) oleh eks majikannya, EA. Polisi melayangkan panggilan terhadap EA untuk diperiksa terkait...

    Anggota Majelis Syuro PKS: Enak Aja Anies Jadi Kader Gerindra!

    Metrobatam, Jakarta - Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Prabowo Soenirman mengatakan posisi Wagub DKI akan menjadi milik PKS jika Anies Baswedan bergabung ke...

    Mobil Ketua Panwaslu Dibakar OTK

    Metrobatam, Kolaka - Mobil pribadi milik Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Juhardin diduga dibakar oleh orang tidak dikenal (OTK) pada Minggu...

    Ridwan Kamil Ditabrak Pengemudi Motor yang Hindari Razia

    Metrobatam, Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ditabrak seorang pengemudi motor saat berangkat kerja. Pria yang karib disapa Emil itu ditabrak bikers yang...
    BAGIKAN