Raih WTP dari BPK, Wako Tanjungpinang dapat Piagam dari Kemenkeu

oleh

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Walikota Tanjungpinang H.Syahrul, S.Pd, didampingi Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si, Asisten Adm. Umum Suyatno, AMP, Kepala BPK & Aset Daerah Darmanto, AK, CA.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kepri Heru Pudyo dan didampingi Kepala Bidang Pembinaan Akuntasi dan Pelaporan  Keuangan Nurul Hidayah di Kantor Walikota Tanjungpinang, Senin 8 Oktober 2018. Pemerintah Kota Tanjungpinang telah meraih Pemberian opini oleh BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sejak 2017 lalu menggunakan sistem akrual basis.

Sistem tersebut mengharuskan sistem pencatatan laporan keuangan dilakukan dengan menyandingkan pendapatan dan biaya pada periode saat terjadinya transaksi kas, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (cash basis).

Selesai penerimaan piagam penghargaan, wawancara dengan tim informasi dan publikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tanjungpinang, Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd mengatakan penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah Kota Tanjungpinang untuk terus meningkatkan kinerja dibidang pengelolaan keuangan daerah, sehingga dirinya tetap optimis dapat mempertahankan Opini WTP atas laporan keuangan daerah tahun depan.

“Prestasi ini patut kita syukuri dan kita pertahankan. Kualitas laporan keuangan harus terus kita tingkatkan. Dengan mempertahankan predikat Opini WTP ditahun depan, sehingga  pengelolaan keuangan Pemerintah Tanjungpinang, sudah sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), efektif dalam sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya mengucapkan terima kasih atas capaian prestasi ini kepada jajaran OPD Kota tanjungpinang, penghargaan ini terwujud karena tata kelola keuangan pemerintah yang sudah baik dan selalu kita pertahankan,” kata Walikota.

Sementara Seketaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si  menyampaikan bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang atas laporan keuangannya yang sudah baik, dan kami akan terus mempertahankan untuk Tanjungpinang.

“Melalui kerja keras dan peningkatkan kinerja dibidang pengelolaan keuangan daerah, semoga WTP dan piagam penghargaan kita pertahankan” tutup Riono.

(Hms)