Raja Salman Kirim 370 Ton Sembako untuk Korban Gempa Palu

oleh

Metrobatam, Jakarta – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah dan Lombok. Bantuan itu berupa relawan, sembako, dan alat medis.

“Dalam rangka meringankan beban musibah yang menimpa penduduk Kota Palu dan sekitarnya, Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman membagikan 370 ton paket sembako, 5.000 peralatan kesehatan dan 3.500 paket tenda,” ujar Duta Besar kerajaan Arab saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, di kantornya, di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (9/11).

“Tentu kalau jumlahnya (relawan) hampir 30-an, 10 dari arab saudi, sisanya dari Indonesia,” imbuhnya.

Shuaibi mengungkapkan, bantuan kemanusiaan yang diberikan pemerintah Saudi ini sangat memiliki kelebihan. Selain mengirimkan barang-barang yang sangat dibutuhkan korban, barang-barang itu juga dibeli langsung dari Indonesia.

“Itulah salah satu kelebihan yang kita lakukan. Oleh karena itu, apapun bantuan yang kita berikan ini, kita beli langsung di pasar-pasar Indonesia, sehingga dapat menguntungkan para pelaku pasar pada khususnya, karena dengan jumlah yang sangat banyak sekali yang kita berikan pada korban gempa di Palu ini,” kata Shuaibi.

Bantuan kemanusiaan itu, kata Shuaibi, merupakan bentuk perhatian Raja Salman kepada korban-korban bencana alam.

“Bantuan itu merupakan bentuk kepedulian dan concern Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Yang Mulia Putra Mahkota, untuk meringankan penderitaan orang-orang yang terkena dampak musibah dimana pun berada,” ujar Shuaibi.

Shuaibi juga mengungkapkan, bantuan kemanusiaan dari Raja Salman ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya, Saudi, juga mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk menangani gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dan itu merupakan suatu kebanggaan dari kami,” pungkasnya. (mb/detik)